Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Anak Usia Dini di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak

Authors

  • Zulfiya Ningsih Universitas Riau
  • Wilson Universitas Riau
  • Daeng Ayub Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3794

Abstract

Abstrak

Pola asuh merupakan suatu bentuk atau cara mengasuh, membimbing serta mendidik anak menggunakan cara interaksi, pendisiplinan, memberikan teladan, kasih sayang, hukuman, serta kepemimpinan sesuai dengan norma ataupun aturan yang disetujui dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini berguna untuk mencari tahu tentang seberapa berpengaruhnya pola asuh orang tua terhadap disiplin anak usia dini di kampung maredan barat kecamatan tualang kabupaten siak. Studi ini termasuk ke dalam golongan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknikyang digunakan dalam mengumpulkan data ialah observasi, wawancara dan angket yang dilakukan terhadap 88 orang tua sebagai sampel penelitian. Hasil dan temuan penelitian menunjukkan bahwa diperoleh pengaruh yang signifikan antara variabel pola asuh orang tua (X) terhadap disiplin anak usia dini (Y) di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, yang besar pengaruhnya 27,1% dengan taksiran tinggi, karena masih terdapat sebesar 72,9% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penulisan ini.

Kata kunci: Anak Usia Dini, Disiplin, Pola Asuh

 

Abstract

Parenting is a form or way of nurturing, guiding, and educating children using interaction, discipline, setting an example, affection, punishment, and leadership by agreed norms or rules in the community. This study is useful for finding out how influential parenting styles are on early childhood discipline in Maredan Barat Village, Tualang District, Siak Regency. This study belongs to the quantitative category with a descriptive approach. The technique used in collecting data is observation, interviews, and questionnaires conducted on 88 parents as research samples. The results and research findings indicate that there is a significant effect between parenting style variables (X) on early childhood discipline (Y) in Maredan Barat Village, Tualang District, Siak Regency, which has a large effect of 27.1% with a high estimate, because there are still of 72.9% is determined by other factors that are not part of this writing.

Keywords: Discipline, Early Childhood, Parenting

Author Biography

Zulfiya Ningsih, Universitas Riau

PGSD

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustiawati, I. (2014). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung . Doctoral dissertation, 10.

Ningsih, B. M., & Widiharto, C. A. (2014). Peningkatan Disiplin Siswa dengan Layanan Informasi Media Film. Empati-Jurnal Bimbingan dan , 79.

Nurlaila, N., Hente, A., & Salam, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepribadian Anak Usia Dini Di Kelompok B Paud Citra Lestari. Jurnal Kolaboratif Sains, 21.

Prasetiyanti, H. (2015). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Disiplin Anak Di Perumahan Muria Indah Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Doctoral dissertation, 50-62.

Shochib, M. (2012). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. ( 2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan keenam belas. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Bandung.

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 23-29.

Zairina, N. (2018). Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepribadian Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Tunas Bangsa Kelurahan Kampung Satu Kecamatan Tarakan Tengah. Doctoral dissertation, 42.

Downloads

Published

2022-10-13