Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi

Authors

  • Heri Usmanto Universitas Jambi
  • Irwan Irwan Universitas Jambi
  • Dona Sariani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3858

Abstract

Abstrak

Kekurang tepatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan berdampak pada kurang berkembangnya peserta didik. Salah satu faktor penyebab tidak berkembangnya peserta didik adalah metode pembelajaran yang kurang tepat.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah merupakan mata pelajaran wajib yang harus ditempuh oleh peserta didik di mana mata pelajaran tersebut banyak memuat nilai normatif daripada konsep, sehingga pendidik banyak menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan karena dalam penelitian ini akan mengujicobakan suatu strategi pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran inkuiri apakah dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian akan di awali dengan observasi tentang gambaran aktivitas dan prestasi belajar siswa, setelah itu dilaksanakan uji coba pemakaian strategi pembelajaran dengan pendekatan inquiri, dengan harapan akan ada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari setiap siklus maka terdapat peningkatan Aktivitas belajar, yang dapat diartikan sebagai bentuk interaksi dalam proses pembelajaran, baik interaksi antara siswa maupun interaksi antara siswa dan guru. Pada prinsipnya belajar adalah berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas. Pada hasil penelitian dengan judul peningkatan aktivitas dan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan melalui strategi pembelajaran inkuiri ini diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa kelas 8.b yang berlangsung dari siklus I, siklus II, dan siklus III.

Kata Kunci: Aktifitas, Inkuiri, Hasil Belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. 2002. Pendidikan Konstektual. Dirjen Pendidikan Dasar danMenengah. Direktorat pendidikan lanjutan pertama.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004. Standar kompetensi Mata Pelajaran Bahasadan Sastra Indonesia SMP. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Keterampilan Membaca Pemahaman.Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Dirjen Pendidikan Lanjutan Pertama.

Jamrah Saiful Bahri, Drs. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sagala Saiful H., Drs. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. 2004. Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. (UU RI No. 20 Tahun 2003). 2006. Jakarta : Sinar Graha

Downloads

Published

2022-08-25