Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3858Abstract
Abstrak
Kekurang tepatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan berdampak pada kurang berkembangnya peserta didik. Salah satu faktor penyebab tidak berkembangnya peserta didik adalah metode pembelajaran yang kurang tepat.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah merupakan mata pelajaran wajib yang harus ditempuh oleh peserta didik di mana mata pelajaran tersebut banyak memuat nilai normatif daripada konsep, sehingga pendidik banyak menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan karena dalam penelitian ini akan mengujicobakan suatu strategi pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran inkuiri apakah dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian akan di awali dengan observasi tentang gambaran aktivitas dan prestasi belajar siswa, setelah itu dilaksanakan uji coba pemakaian strategi pembelajaran dengan pendekatan inquiri, dengan harapan akan ada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari setiap siklus maka terdapat peningkatan Aktivitas belajar, yang dapat diartikan sebagai bentuk interaksi dalam proses pembelajaran, baik interaksi antara siswa maupun interaksi antara siswa dan guru. Pada prinsipnya belajar adalah berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas. Pada hasil penelitian dengan judul peningkatan aktivitas dan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan melalui strategi pembelajaran inkuiri ini diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa kelas 8.b yang berlangsung dari siklus I, siklus II, dan siklus III.
Kata Kunci: Aktifitas, Inkuiri, Hasil Belajar
References
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2002. Pendidikan Konstektual. Dirjen Pendidikan Dasar danMenengah. Direktorat pendidikan lanjutan pertama.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004. Standar kompetensi Mata Pelajaran Bahasadan Sastra Indonesia SMP. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Keterampilan Membaca Pemahaman.Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Dirjen Pendidikan Lanjutan Pertama.
Jamrah Saiful Bahri, Drs. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sagala Saiful H., Drs. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. 2004. Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. (UU RI No. 20 Tahun 2003). 2006. Jakarta : Sinar Graha
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Heri Usmanto, Irwan Irwan, Dona Sariani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.