Analisis Peran Service Quality dan Brand Awareness dalam Meningkatkan Consumer Satisfaction pada Industri Ritel Food & Beverage (Studi Kasus Foodpedia)

Authors

  • Hendy Tannady Universitas Multimedia Nusantara
  • Aditya Wardhana Universitas Telkom
  • Arief Nuryana Universitas Mercubuana Yogyakarta
  • Revi Sesario Politeknik Negeri Pontianak
  • Ilham Arief STIKes Widya Dharma Husada
  • Ryan Firdiansyah Suryawan Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi
  • Nurjannah Bando Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Moch Arif Hernawan ITL Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3929

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode teknik purposive sampling dan sampel penelitian konsumen foodpedia sebanyak 155 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan konsumen dan tidak terdapat pengaruh Brand Awareness terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Brand Awareness, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

 

Abstract

The purpose of this study is to determine whether there is an effect of Brand Awareness and Service Quality on Consumer Satisfaction. This research uses a quantitative approach with purposive sampling technique method and sample of this study is 155 respondents of consumer Foodpedia. The result of this approach that the service quality partially can influenced customer satisfaction and Brand Awareness partially can not influenced customer satisfaction.

Keywords: Brand Awareness, Service Quality, Consumer Satisfaction

References

DAFTAR PUSTAKA

Arawati, Baker & Kandampully. (2007). An exploratory study of service quality in the Malaysian Public Service Sector. 177-190.

A Shimp, Terence. 2017. Brand Awarenes: An introduction. Jakarta: Salemba Empat.

Cahyani, Khoiriyah Indra dan Endang Sutrasmawati. (2016). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, ISSN : 2252-6552.

Chou, P.-F., Lu, C.-S., & Chang, Y.-H. (2017). Effects of Service Quality and customer Satisfaction On Customer Loyalty in Highspeed Rail Services in Taiwan. Transportmetrica A: transport science Vol.10 No. 10, 917-945.

Collier. (1987). The Customer Service and Quality Challenge. The Service Industries Volume 7, Issue 1.

Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing. Felix, R. (2017). Service Quality and Customer Satisfaction in Selected Banks in Rwanda. Business & Financial Affairs,

Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdani, L. &. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Indartono. (2016). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismail. (2013). Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenadamedia.

Keller. (2008). Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Third Edition. Radder dan Huang. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). In Marketing Managemen, 15th Edition (p. 156). Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen 15 th edition, Pearson Education, Inc. In B. Sobran. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C dan John Wirtz. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Nurlaili, Fauzah F., N. Rachma, & M. Hufron. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Fast Food Lazizaa Dinoyo Malang. Malang: Universitas Islam Malang. E-Jurnal Riset Manajemen hal. 15- 27.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elekmedia.

Setyobudi, D. &. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tannady, H., Suyoto, Y. T., Purwanto, E., & Anugrah, A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):3910-3921.

Tannady, H., Hamdany, M. A., Anggreni, M. A., Assery, S., Sofyanty, D., Anantadjaya, S. P. D., Nawangwulan, I. M., & Jayanto, I. (2022). Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Inspektorat Badan Pusat Statistik). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):3984-4002.

Tannady, H., Renwarin, J. M. J., Nuryana, A., Mudasetia, Nawiyah, Mustafa, F., Ilham, Palilingan, R. A. (2022). Peran Disiplin dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Perdagangan Oli dan Pipa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):4320-4335.

Tjiptono. (2017). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.

Triastuti, Freida. (2012). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Konsumen Buket Koffee dan Jazz)â€. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Downloads

Published

2022-09-02