Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik (Studi Kasus Siswa/Siswi Perhotelan SMK Negeri 1 Ciamis)

Authors

  • Aam Mariam Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Ar-Risalah
  • Nila Nopianti Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Ar-Risalah

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3943

Abstract

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh label halal dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk kosmetik dengan studi kasus siswa/siswi perhotelan Smk Negeri 1 Ciamis secara parsial dan simultan. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa pengumpulan data berupa kuesioner kepada 137 responden siswa/siswi perhotelan Smk Negeri 1 Ciamis dengan metode penentuan sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas dan pengujian asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji lineiritas. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menunjukan bahwa variabel label halal termasuk klasifikasi baik, variabel harga termasuk klasifikasi baik, dan variabel minat minat beli konsumen termasuk klasifikasi baik. Variabel label halal berpengaruh secara parsial terhadap minat menjadi nasabah, variabel harga berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen, label halal dan harga berpengaruh secara simultan terhadap minat beli.

Kata Kunci: Label Halal, Harga, Minat Beli Konsumen

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustian, E., Sujana. (2013). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan

pembelian konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol. 1 No. 2

Agustin, S. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(1).

Andra, Tersiana. 2018. Metode Penelitian . Penerbit Yogyakarta . Yogyakarta

Andriani, Yuni. 2020. Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia (Hpai) (Studi Kasus: Hpai Dc. Bunda Evy, Kota Bengkulu)

Anggraini, Dwi Sinta. 2020. Pengaruh Labelisasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan (Studi Kasus Mahasiswa Febi Uin Sts Jambi)

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Aryani, R., 2020. Pengaruh kepercayaan merek, iklan dan kualitas produk terdahadap loyalitas konsumen kosmetik “safiâ€(Studi kasus konsumen di toko Megaria Pekalongan) (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).

Bulan, Tengku Putri Lindung. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.1.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Darmawan, Dedi. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja.

Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Fatmasari Sukesti, Muslim Marpaung “Analisis Pengaruh Label Halal, Brand Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dikota Marpaung,†Jurnal At-Tawassuth, Vol. 2, No. 1, 2017: h. 126

Ferdinand, A. 2014. Metodologi Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ilmiah Bunga.2020. Pengaruh Kesadaran Halal Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Pada Konsumen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Jaya, Muhammad. 2010. Makanan & Minuman Anda mengandung Babi & Khamar!, edisi. Yogyakarta: Riz’ma.

Juliandi, A., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.

KBBI, 2019, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti Kata Halal. Diambil dari http://kbbi.web.id/halal.html. Diakses pada tanggal 25 Mei 2022.

Kotler dan., Keller (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, & Amstrong. 2014. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian.

Kumalasari Reni.2019. Pengaruh Harga Dan Label Halal Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Herbal Penawar Alwahida Indonesia (Hpai) (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo).

Maulana, A. R. (2019). Implementasi labelisasi halal MUI pada produk pangan industri rumah tangga di Kota Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Nazir, Moh.2013. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ningsih Aprilia Ratna.2022. Pengaruh Label Halal, Citra Produk Dan Harga Dalam Keragaman Kosmetik Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Pada Ririnis Shop Bandar Lampung).

Nugraha, Ranu. “Pengarauh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen.†dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Oktober 2017. Malang: t.p., 2017.

Oktaviani Dea.2018. Pengaruh Kulitas Produk, Harga Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Surabaya.

Pemerintah Indonesia “Peraturan Pemerintah Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan,†Diambil dari http://jdih.pom.go.id, Diakses pada tanggal 26 Mei 2022.

Pemerintah Indonesia Peraturan Pemerintah Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan. Diambil dari http://jdih.pom.go.id, Diakses pada tanggal 26 Mei 2022.

Penerbitbukudeepublish. 2021. Tujuan Manfaat dan cara membuat. Diambil pada https://penerbitbukudeepublish.com/definisi-operasional/. Diakses pada tanggal 10 april 2022.

Ranu Nugraha, “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen,†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 1, No. 1.

Reviana Liza. 2019. Pengaruh Harga Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda aceh.

Rimalasari, EES160572, Subhan Subhan, and Muhammad Ismail. Analisis Persepsi Kehalalan Terhadap Keputusan Membeli Produk Kosmetika (Study Pada Mahasiswi Febi Uin Sts Jambi). Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.

Rizal, Muhammad. 2017. Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy Pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal: Manajemen dan Keuangan. Vol. 6. No. 2

Sihotang, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Pt. Hni Hpai). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 399-413.

Sofyan Hasan, Kepastian Hukum Sertifikasi Labelisasi Halal Produk Pangan. Diambil dari http://dinamikahukum.fh.unsoed.ac.id/index.php/JDH/article/download/292/286. Diakses pada tanggal 26 Mei 2022.

Sudaryono, Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi, (Yogyakarta: Andi Offset, 2016), 216.

Sunyanto, Danang (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta: CAPS).

Suprayitno, Eko. Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Malang: UIN-Malang Press, 2010.

Surat Keputusan Direktur LPPOM MUI. Katagori Produk Prusahaan Pendaftaran Sertifikat Halal Dan Proses Sertifikasi Halal Mui Berdasarkan Tingkat Kritis Bahan Dan Tingkat Kesulitan Penelusuran Kehalalannya. Jakarta: Majelis Ulama. 2011.

Uin-alauddin. 2019. Prinsip Kehalalan. Diambil dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15687/. Diakses pada tanggal 13 April 2022.

Utami, W. B. 2013. Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Membeli (Survei pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah di Outlet Wardah Griya Muslim An-nisa Yogyakarta). Skripsi.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Widodo Tri.2015. Pengaruh Labelisasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Indomie (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yasnita. 2015. Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Kosmetik Perawatan Dan Riasan Pada Mahasiswi Prodi Pendidikan Tata Rias Dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles