Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Service Quality dan Brand Image (Studi Kasus Pelanggan Produk Zara Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3950Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada ZARA di Jakarta. Terdapat dua variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Brand Image dan Kualitas Pelayanan, serta satu variabel terikat yaitu Kepuasan Konsumen. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 responden yang telah mengetahui ZARA. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang merupakan bagian dari non- probability sampling. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS 25, dengan hasilnya menunjukkan bahwa variabel Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, dan Kualitas Pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, serta Brand Image dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan konsumen.
Kata Kunci: Brand image, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.
References
DAFTAR PUSTAKA
Adisaputra, Najid Bangun dan Susanty dan Aries. (2014). Pengaruh Brand Image Speedy Telkom Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kecamatan Banyumanik Semarang.: Universitas Diponegoro. [JURNAL].
Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Andreas Christina Johnny. (2017). Pengaruh Brand Image dan perceived E-Service Quality
Terhadap Niat Konsumen untuk Membeli Produk Pada Situs Jual Beli Alfacart.com. [JURNAL].
Deravi, S. A., & Herat, A. T. (2015). Examining Degree of Impact of Marketing Mix on Gender In Purchase Decision Making. International Journal of Review in Life Sciences, Volume 5, 283-287. [JURNAL].
Dibyantoro dan Cesimariani, N. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV Haspari Palembang. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius). Vol 2 No.2 Mei 2012 [ JURNAL].
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9.
Semarang: Undip.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Keller. (2013), Strategic Brand Management, Global Edition, Forthy Edition. Pearson Prentice Hall.
Kotler, Keller. (2012). Marketing Management: 14 Edition. New Jersey: Prentice Hall, Pearson Hall. Pearson Education, Inc.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2015). Marketing an Introducing. Twelfth Edition, England: Pearson Education Prestice Hall.
Kotler, Philip, dan Keller (2016). Marketing Management, Fifhteen Edition.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Manullang, M. (2011). Manajemen Pemasaran Internasional. Salemba Empat. Jakarta Muliana, dkk. (2020). Pengantar Manajemen
Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahnnya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami Untuk Tingkat Pemula dan Menengah. Yogyakarta: Gaya Media.
Sanusi, Anwar. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. CetakanKetiga. Penerbit Salemba Empat.
Jakarta.
Sopiah & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT.Bumi Aksara. Sunyoto.D. (2013). Hak Dan Kewajiban Bagi Pekerja Dan Pengusaha. Jakarta : Pustaka
Yustisia.
Suchayowati, H. (2017). Manajemen Sebuah Pengantar. Malang : Willis.
Sugiyono, (2017), “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Bandung, Penerbit CV.
Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta. Suwardi. (2011). Menujur Kepuasan Pelanggan melalui Penciptakaan Kualitas Pelayanan. Jurnal Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora Vol. 11 No 1. [JURNAL].
Tjiptono, Fandy. (2012). Services Management Mewujudukan Layanan Prima. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2011). Management Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta. Andi Offset. Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. 6(4).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Firstianty Wahyuhening Fibriany, Hendy Tannady, Muhammad Iqbal Fajri, Budi Hariono, Antonius Ary Setyawan, Carolina Ety Widjayanti, Primadi Candra Susanto, Magdalena Magdalena

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.