Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Service Quality dan Brand Image (Studi Kasus Pelanggan Produk Zara Indonesia)

Authors

  • Firstianty Wahyuhening Fibriany Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hendy Tannady Universitas Multimedia Nusantara
  • Muhammad Iqbal Fajri Universitas Syiah Kuala
  • Budi Hariono Politeknik Negeri Jember
  • Antonius Ary Setyawan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Carolina Ety Widjayanti Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Primadi Candra Susanto ITL Trisakti
  • Magdalena Magdalena Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3950

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada ZARA di Jakarta. Terdapat dua variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Brand Image dan Kualitas Pelayanan, serta satu variabel terikat yaitu Kepuasan Konsumen. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 responden yang telah mengetahui ZARA. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang merupakan bagian dari non- probability sampling. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS 25, dengan hasilnya menunjukkan bahwa variabel Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, dan Kualitas Pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, serta Brand Image dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Brand image, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adisaputra, Najid Bangun dan Susanty dan Aries. (2014). Pengaruh Brand Image Speedy Telkom Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kecamatan Banyumanik Semarang.: Universitas Diponegoro. [JURNAL].

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Andreas Christina Johnny. (2017). Pengaruh Brand Image dan perceived E-Service Quality

Terhadap Niat Konsumen untuk Membeli Produk Pada Situs Jual Beli Alfacart.com. [JURNAL].

Deravi, S. A., & Herat, A. T. (2015). Examining Degree of Impact of Marketing Mix on Gender In Purchase Decision Making. International Journal of Review in Life Sciences, Volume 5, 283-287. [JURNAL].

Dibyantoro dan Cesimariani, N. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV Haspari Palembang. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius). Vol 2 No.2 Mei 2012 [ JURNAL].

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9.

Semarang: Undip.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Keller. (2013), Strategic Brand Management, Global Edition, Forthy Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Keller. (2012). Marketing Management: 14 Edition. New Jersey: Prentice Hall, Pearson Hall. Pearson Education, Inc.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2015). Marketing an Introducing. Twelfth Edition, England: Pearson Education Prestice Hall.

Kotler, Philip, dan Keller (2016). Marketing Management, Fifhteen Edition.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Manullang, M. (2011). Manajemen Pemasaran Internasional. Salemba Empat. Jakarta Muliana, dkk. (2020). Pengantar Manajemen

Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahnnya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami Untuk Tingkat Pemula dan Menengah. Yogyakarta: Gaya Media.

Sanusi, Anwar. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. CetakanKetiga. Penerbit Salemba Empat.

Jakarta.

Sopiah & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT.Bumi Aksara. Sunyoto.D. (2013). Hak Dan Kewajiban Bagi Pekerja Dan Pengusaha. Jakarta : Pustaka

Yustisia.

Suchayowati, H. (2017). Manajemen Sebuah Pengantar. Malang : Willis.

Sugiyono, (2017), “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Bandung, Penerbit CV.

Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta. Suwardi. (2011). Menujur Kepuasan Pelanggan melalui Penciptakaan Kualitas Pelayanan. Jurnal Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora Vol. 11 No 1. [JURNAL].

Tjiptono, Fandy. (2012). Services Management Mewujudukan Layanan Prima. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2011). Management Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta. Andi Offset. Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. 6(4).

Downloads

Published

2022-09-05