Dampak WFH Terhadap Interaksi Sosial Karyawan pada Perusahaan Y di Kota Yogyakarta

Authors

  • Niken Puspita Sari Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3953

Abstract

Abstrak

Pandemi COVID -19 yang  melanda di seluruh dunia telah mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia, bebagai kebijakan diberlakukan untuk mengurangi  penyebaran pandemic ini. Salah satunya adalah dengan memberlakukan WFH ( Work From Home). Yang mengakibatkan perubahan pola kerja dan interaksi yang terjadi pada pekerja baik  formal maupun non formal. apalagi bagi karyawan yang bekerja di perusahaan , dimana banyak sekali terjadi interaksi sosial baik antar karyawan, antar divisi, maupun saat bertemu dengan client. hal ini akhirnya menimbulkan berbagai macam dampak  psikologis  baik positif maupun negatif. positifnya karyawan dapat menjadi fleksibel dalam engatur kebiasan dan suasan kerja , sedangkan negatifnya  jika itdak dikendalikan dengan baik dapt menimbulkan hilangnya motivasi, stress hingga burn out Penelitian ini betujuan untuk mengetahui  efek psikologis yang terjadi  pada karyawan selama WFH dilakukan , dan harapannya dalam artikel ini dapat  menjadi  bahan pertimbangan dalam menjalankan / membuat protocol baru  dalam mempersiapkan new normal.

Kata Kunci: Dampak, Interaksi Sosial, WFH

 

Abstract

The COVID-19 pandemic that has swept across the world, has affected various aspects of human life. Various policies have been put in place to reduce the spread of this pandemic. One way is to enforce WFH (Work From Home). Which results in changes in work patterns and interactions that occur in workers both formal and informal. especially for employees who work in companies, where a lot of social interaction occurs between employees, between divisions, and when meeting with clients. this eventually causes a variety of psychological effects both positive and negative. the positive is that employees can be flexible in regulating work habits and conditions, while the negative if it is not controlled properly can lead to loss of motivation, stress and burn out. material consideration in running / making a new protocol in preparing for new normal

Keyword : Impact, Social interaction , Work From Home

References

Daftar Pustaka

Ahmadi, D. (2008). Interaksi Simbolik. Jurnal Mediator, 9(2), 301–316.

Guetterman, T. (2015). Descriptions of sampling practices within five approaches to qualitative. Descriptions of Sampling Practices Within Five Approaches to Qualitative Research in Education and the Health Sciences, 16(2), 1–24. https://digitalcommons.unl.edu/edpsychpapers

Gustafsson, J. (2017). Single case studies vs. multiple case studies: A comparative study. Academy of Business, Engineering and Science Halmstad University, Sweden, 1–15. http://www.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2:1064378%0Ahttp://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1064378/FULLTEXT01.pdf

Harahap, S. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i1.1837

Ismunandar, A. (2019). Dinamika Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Transformasi Sosial Masyarakat. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 03(2), 205–219.

Maksum, A. (2016). Sosiologi Pendidikan. Penteorian Sosiologi Dan Pendidikan.

Mungkasa, O. (2020a). Bekerja Jarak Jauh (Telecommuting): Konsep, Penerapan dan Pembelajaran. Bappenas Working Papers, 3(1), 1–32. https://doi.org/10.47266/bwp.v3i1.52

Mungkasa, O. (2020b). Working from Home (WFH): Towards a New Order in the Era of the COVID-19 Pandemic. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126–150.

Mustafa, H. (2016). Perilaku Manusia Dalam Perspektif Psikologi Sosial Hasan. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.1159/000074314

Tongco, M. D. C. (2007). Purposive sampling as a tool for informant selection. Ethnobotany Research and Applications, 5, 147–158. https://doi.org/10.17348/era.5.0.147-158

Umanailo, C. B. (2016). Ilmu Sosial Budaya Dasar.

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2), 94–99.

Downloads

Published

2022-09-05