Chatbot pada Aplikasi Kesehatan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Penggunaan Aplikasi Halodoc Selama Pandemic Covid-19)

Authors

  • Moh. Jawahir Universitas Insan Cita Indonesia
  • Hilda Yuliastuti Universitas Insan Cita Indonesia
  • M. Alimardi Hubeis Universitas Insan Cita Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3959

Abstract

Abstrak

Semasa pandemic-19 seluruh lapisan masyarakat dibatasi dengan kegiatan jarak jauh, penelitian ini berasal dari promosi aplikasi Halodoc sebagai target trend tertinggi untuk konsultasi Kesehatan online berbayar, konsumen untuk menggunakan aplikasi Halodoc melalui proses pendaftaran akun, kepemilikan akun dan lokasi pengguna dalam aplikasi yang sesuai dengan keinginan pengguna aplikasi Halodoc, penulis bertujuan untuk mengkaji bagaimana hubungan content dan accuracy terhadap kepuasan konsumen pada aplikasi Kesehatan Halodoc. Metode penelitian ini berjenis kualitatif, pendekatan library research untuk mendukung data update digunakan pendekatan analisis content. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat Kepuasan konsumen pada penggunaan aplikasi Kesehatan Halodoc berasal dari content dan accuracy layanan positif pada aplikasi Kesehatan Halodoc sangat baik. 2) Pelaksaaan Chatbot pengguna pada aplikasi Kesehatan terlaksana dengan pertanyaan dan jawaban layanan yang dapat memberikan kepuasan konsumen dari atribut keinginan secara baik.

Kata Kunci: Chatbot, Kepuasan Konsumen dan Aplikasi Kesehatan Halodoc

 

Abstract

During the pandemic-19, all levels of society were limited by remote activities, this research came from the promotion of the Halodoc application as the highest trend target for paid online Health consultations, consumers to use the Halodoc application through the process of account registration, account ownership and user location in the application in accordance with the wishes of Halodoc application users, the author aims to examine how the relationship of content and accuracy to consumer satisfaction in Halodoc Health app. This research method is of qualitative type, the library research approach to support updated data is used content analysis approach. The results showed that 1) The level of consumer satisfaction in the use of the Halodoc Health application comes from the content and accuracy of positive services on the Halodoc Health application is very good. 2) The implementation of the user Chatbot on the Health application is carried out with service questions and answers that can provide consumer satisfaction from the attributes of desire properly.

Keywords: Chatbot, Customer satisfaction and Halodoc Health Application

References

DAFTAR PUSTAKA

Akter, S., Ray, P. & D’ambra, J. (2012). Continuance Of Mhealth Services At The Bottom Of The Pyramid: The Roles Of Service Quality And Trust. Electronic Markets, 23(1), 29-47. Doi: 10.1007/S12525-012-0091-5

Alfiansyah, G., Fajeri, A. S., Santi, M. W., & Swari, S. J. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (Ehr) Menggunakan Metode Eucs (End User Computing Satisfaction) Di Unit Rekam Medis Pusat Rsupn Dr. Cipto Mangunkusumo. Journal Of Health Research Forikes Voice, 11(3), 258–263. Http://ForikesEjournal.Com/Index.Php

Cynthia Fransiska & Innocentius Bernarto,2021 Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Keberlanjutan Penggunaan Pada Pengguna Aplikasi Kesehatan Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) Vol. 11. No. 2, 2021 (P-Issn 2338-9605; E-2655-206x)

Dea Imarotunnisa Oktavia, Fortuna Zain Hamid & Ni Made Widhi S,2020 Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Penggunaan Aplikasi Kesehatan Halodoc Series: Social And Humanities Vol. 6 No. 2 (2020) E-Issn: 2621-9794, P-Issn: 2477-2097

Dhebys Suryani Hormansyah & Yoga Putera Utama,2018 Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada Sistem Informasi Layanan Publik Kesehatan Di Malang Dengan Menggunakan Metode Tf-Idf Volume 4, Edisi 3, Mei 2018

Endarto, B., Taufiqurrahman, Kurniawan, W., Indriastuty, D. E., Prasetyo, I., Aliyyah, N., … Kalbuana, N. (2021). Global Perspective On Capital Market Law Development In Indonesia. Journal of Management Information and Decision Sciences, 24(1), 1–8. https://www.abacademies.org/abstract/global-perspective-on-capital-market-law-development-in-indonesia-12027.html

Farah Ayu Febiola & Didi Samanhud, 2022 Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Aplikasi Halodoc Dengan Menggunakan Metode Servqual Jimea | Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) Vol. 6 No. 2, 2022

Indrawati, M., Utari, W., Prasetyo, I., Rusdiyanto, & Kalbuana, N. (2021). Household business strategy during the covid 19 pandemic. Journal of Management Information and Decision Sciences, 24(Spesial Issue 1), 1–12. https://www.abacademies.org/articles/household-business-strategy-during-the-covid-19-pandemic.pdf

Izzati, Vaya Annisa & Frimanto, Yuki,2021 Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Kesehatan Halodoc Melalui Model End User Computing Satisfaction Selama Masa Pandemi Covid-19

Kalbuana, N., Kurnianto, B., Abdusshomad, A., & Indra Cahyadi, C. (2022). Peningkatan Kemampuan Personil Penerbangan Pada Pelayanan Jasa Kebandarudaraan Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Manajemen Bandar Udara. Pengmasku, 2(1), 57–65. https://doi.org/10.54957/PENGMASKU.V2I1.190

Kalbuana, N., Suryati, A., & Pertiwi, C. P. A. (2022). Effect of Company Age, Audit Quality, Leverage and Profitability on Earnings Management. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1), 389–399. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/4796/2057

Khadka, K., & Maharjan, S. (2017). Customer Satisfaction And Customer Loyalty Case Trivsel Städtjänster (Trivsel Siivouspalvelut) (Degree Program In Business Management). Centria University Of Applied Sciences.

Kondasani, R., & Panda, R. (2015). Customer Perceived Service Quality, Satisfaction And Loyalty In Indian Private Healthcare. International Journal Of Health Care Quality Assurance, 28(5), Pp.452-467. Doi: 10.1108/Ijhcqa-01-2015-0008

Kusiyah, Kalbuana, N., & Rusdiyanto. (2022). Pengaruh narsisme ceo dan arus kas bebas terhadap kinerja perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 5(1), 36–45.

Luwihono, A., Suherman, B., Sembiring, D., Rasyid, S., Kalbuana, N., Saputro, R., … Rusdiyanto. (2021). Macroeconomic effect on stock price: Evidence from Indonesia. Accounting, 7(5), 1189–1202. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.2.019

Nasution, M. N. 2005. “Manajemen Mutu Terpaduâ€. Bogor, Ghalia Indonesia.

Nurwati, Prastio, & Kalbuana, N. (2021). Influence of Firms Size, Exchange Rate, Profitability and Tax Burden On Transfer Pricing. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3). https://doi.org/10.29040/IJEBAR.V5I3.2882

Panji Jaya Fadhel Pratama 2021 Perancangan Media Promosi Aplikasi Halodoc Designing Halodoc Application Promotion Media E-Proceeding Of Art & Design : Vol.8, No.2 April 2021 | Page 255

Philip Kotler & Grey Amstrong dan Philip, Kotler, 2001, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan, Prenhalindo, Jakarta.

Serliyana Cindi Rosita & Ginanjar Rahmawan,2022 Analisis Minat Masyarakat Menggunakan Aplikasi Halo Doc Dimasa Pandemi Covid-19 Juremi Vol.2 No.1 Juli 2022

Setiorini, K. R., Fidayanti, F., Kalbuana, N., & Cakranegara, P. A. (2022). Pengaruh Leverage sebagai Pemoderasi Hubungan GCG , CSR dan Agresivitas Pajak terhadap Financial Disstress pada Perusahaan Perbankan Syariah di Indonesia. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 194–202. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1750

Silalahi, R., Hartono, N., & Tumpak, M. (2018). Profile And Preferences Users Of Doctors Consultation Application In Indonesia. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science, 195(1), 6. Doi: 10.1088/1755- 1315/195/1/012069

Simbolon, S. L., Kalbuana, N., Asih, P., Solihin, & Kurniawati, Z. (2021). Impact of Covid-19 Vaccination on Airline Business in Indonesia. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 25(3), 1–10. https://www.abacademies.org/journals/academy-of-accounting-and-financial-studies-journal-inpress.html

Sri Kusumadewi. 2003. “Artifical Intelegence (Teknik Dan Apliksinya) “. Yogyakarta : Graha Ilmu

Wahyudin, A., Sari, M. P., Ardiansari, A., Raharja, S., & Kalbuana, N. (2021). Instrument Design Of Small Industry Performance Measurement In Semarang City With Balanced Scorecard Concept. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 25(3), 1–9. https://www.abacademies.org/articles/instrument-design-of-small-industry-performance-measurement-in-semarang-city-with-balanced-scorecard-concept.pdf

Yohana, Wangsih, I. C., Pertiwi, C. P. A., Robayany, A. T., Agustina, Tarigan, P., … Kalbuana, N. (2022). Edukasi Pengelolaan Keuangan Bagi Pengurus E-Warong Kube Jasa di Wilayah DKI Jakarta Barat. Pengmasku, 2(2), 98–108.

Downloads

Published

2022-09-05