Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang KB-KKK DP3KB di Kabupaten Brebes

Authors

  • M. Viter Alamsyah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Roby Setiadi Universitas Muhadi Setiabudi
  • Syariefful Ikhwan Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3982

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meneliti Kualitas Pelayanan Publik Bidang KB-KKK DP3KB Di Brebes, metode yang digunakan dalam menganalisis data hasil penelitian setelah sitabulasikan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan mengunkan analisis indeks kepuasan masyarakat, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh bidang KB-KKK DP3KB di Kabupaten Brebes berjalan dengan baik, dengan indeks 3.181 dengan mutu pelayanan 79.525 berada dikategori B yakni kinerja unit pelayanan baik.

Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan

 

Abstract

The purpose of this study was to examine the quality of public services in the KB-KKK DP3KB sector in Brebes, the method used in analyzing the research data after it was tabulated was a quantitative descriptive method using the analysis of the community satisfaction index, the results of this study showed that the services provided by the family planning sector The DP3KB KKK in Brebes Regency went well, with an index of 3,181 with a service quality of 79,525 in category B, namely the performance of the service unit was good.

Keywords: Community Satisfaction Index, Service Quality

References

DAFTAR PUSTAKA

Ardiputra, S., & Prawira, M. R. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Pos Cabang Pasangkayu 91571. Jurnal PubBis, 4(2), 136–146. https://doi.org/10.35722/pubbis.v4i2.278

Endartiwi, S. S. (2020). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Di Puskesmas Email : tiwinafla2@gmail.com memberikan manfaat misalnya hubungan antara puskesmas dengan para pelanggan menjadi harmonis ; memberikan dasar yang baik ba. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, November 2018, 105–112. https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2021/07/Jurnal[1][1][1] (07-09-21-02-45-38).pdf

Harsono, B. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 3(1), 20–38. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/paj/article/download/777/441

Mahyudin, A., Susena, K. C., & Wijaya, E. (2021). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Dehasen Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen …, 1(1), 47–54. https://www.penerbitadm.com/index.php/JER/article/view/78%0Ahttps://www.penerbitadm.com/index.php/JER/article/download/78/107

Mardiyanto, R., & Ismowati, M. (2018). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 9(2), 184–197. https://doi.org/10.31334/trans.v9i2.23

Perwitasari, T. (2020). Edukasi tentang Keuntungan Menggunakan KB IUD di Kelurahan Bagan Pete Kota Jambi. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(2), 104. https://doi.org/10.36565/jak.v2i2.104

Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8

Sulistyo, I. N., & Sotya Partiwi Ediwijoyo. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2), 276–286. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.386

Sumartono, A. M., Sampe, S., & Kumayas, N. (2020). Optimalisasi Informasi Aplikasi (Sitasya) Sistem Pemantauan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik Di Kota Manado. Jurnal Eksekutif, 2(5), 1–12.

Suwuh, M. K., Maramis, F. R. R., Wowor, R. E., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Pasien, K. (2018). Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Kesmas, 7(3), 1–8.

Wahid, D., & Romadani, D. (2021). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dari Pelayanan Puskesmas Lubuk Landai Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Sains, 1(1). https://doi.org/10.36355/jms.v1i1.479

Wibowo, W., Indriyani, A., & Riono, S. B. (2020). Analis Kompetensi Individu, Dukungan Organisasi dan Dukungan Manajemen Terhadap Kinerja Pegawai Di Grand Dian Hotel Brebes. Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(12), 1754–1766. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i12.1902

Downloads

Published

2022-09-07