Pengaruh Service Quality dan Store Atmosphere Terhadap Customer Satisfaction (Studi Kasus Gerai Ritel Burger Cepat Saji)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3984Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar apa yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada suatu restoran atau rumah makan maka dibutuhkan adanya suasana toko yang menarik dan berkualitas, serta pelayanan yg baik, sehingga mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan program SPSS Statik 25 dengan jumlah sempel sebanyak 185 responden yang pernah membeli dan mengunjungi lawless Burgerbar. dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan purposive. Hasil penelitian ini Uji t menunjukan bahwa store atmosphere berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,5 dan nilai t hitung sebesar 4,801 > 1,447 dan kualitas pelayanan menunjukan nilai t hitung sebesar 3,812 > t tabel 1,447 berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dan juga diketahui bahwa nilai F hitung dari variabel independen dalam penelitian ini adalah sebesar 45,050 > F tabel 3,05 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel store atmosphere dan kualitas pelayanan secara bersama- sama mempengaruhi kepuasan konsumen secara signifikan. Manfaat penelitian ini bagi lawless Burgerbar adalah sebagai bahan masukan atau evaluasi agar tetap dapat mempertahankan dan meningkatkan suasana toko dan kualitas pelayanan agar dapat bersaing dengan competitor lainnya.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
References
DAFTAR PUSTAKA
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39.
Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia
Ghozali, I (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamidiyah, & Ningsih. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Ournal of Business and Innovation Management, 2, 296–310.
Handayani, S. N. (2016, January 28). Survei MasterCard: Restoran Cepat Saji Masih Favorit Masyarakat Indonesia | SWA.co.id.
Hardiansyah, R. (2019). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Di Toko Roti Morning Bakery. 6, 215.
Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kotler, & Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, & Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Kristiana, M. & Edward. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 01(2337- 6708), 114.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat. Majalah Ilmiah Inspiratif 3(5), 1-11.
Putri, L. H., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 15, 1–9.
Putri, V. A., & Fatmasari, D. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Alfamart di Kelurahan Srondol Wetan Semarang.
Saladin, & Buchori. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Sarinah., Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen.Yogyakarta: CV Budi Utama. Siregar, (2015). Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Prenadamedia Group
Sugiarto, & Subagio. (2014). Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli di Dream of Khayangan Art Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2, 5.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sunyoto, S (2011). Analisis regresi untuk uji hipotesis, Yogyakarta : Caps
Suparyanto & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta
Tannady, H., Suyoto, Y. T., Purwanto, E., & Anugrah, A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):3910-3921.
Tannady, H., Hamdany, M. A., Anggreni, M. A., Assery, S., Sofyanty, D., Anantadjaya, S. P. D., Nawangwulan, I. M., & Jayanto, I. (2022). Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Inspektorat Badan Pusat Statistik). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):3984-4002.
Tannady, H., Renwarin, J. M. J., Nuryana, A., Mudasetia, Nawiyah, Mustafa, F., Ilham, Palilingan, R. A. (2022). Peran Disiplin dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Perdagangan Oli dan Pipa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):4320-4335.
Yuliana, Tannady, H. (2019). Faktor Determinan Performa Pekerja Konstruksi Melalui Media Motivasi. Journal of Business and Applied Management, 12(2):169-185.
Terry, & Rue. (2016). Dasar-dasar Manajemen (G. A. Ticoalu, Trans.). Jakarta: Bumi Angkasa.
Tjiptono (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian Yogyakarya: Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suryati Suryati, Untung Eko Setyasari, Erni Pratiwi Perwitasari, Susatyo Adhi Pramono, Khamaludin Khamaludin, Sigit Somadiyono, Ichsan Ichsan, Hendy Tannady
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.