Hakikat Manusia Dalam Al-Qur’an: Kajian Tafsir Tematik

Authors

  • Abdul Wahid Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hilman Ismail Firdaus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4010

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara konseptual hakikat manusia dalam Al-Qur’an. Penelitian ini perlu dilakukan karena di satu sisi, kehadiran manusia di muka bumi tidak terlepas dari visi dan misi Allah. Selain itu, sumber daya manusia memegang peranan besar terhadap kesejahteraan dan kemakmuran dunia. Sementara di sisi lain, keunikan manusia membuat penelitian ini menjadi penting dilakukan. Dengan menelusuri ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan menelaahnya secara tematik, penelitian ini menemukan bahwa manusia merupakan makhluk yang paling menakjubkan, makhluk multidimensi yang unik, dan makhluk yang memiliki potensi yang besar, serta manusia dapat dikatakan sebagai makhluk yang paling sempurna. Manusia di dalam Al-Qur’an memiliki makna umum seperti al-insÄn, al-basyar, al-ins, dan al-nas. Kata al-insÄn dapat dihubungkan ke dalam tiga aspek. Pertama, insan dihubungkan dengan keistimewaannya sebagai khalifah. Kedua, insan dihubungkan dengan kecenderungan negatif diri manusia. Ketiga, insan dihubungkan dengan proses penciptaan manusia. Insan menunjuk pada sifat-sifat psikologis atau spiritual; al-nas mengacu pada manusia sebagai makhluk sosial; al-basyar menunjuk pada manusia dari aspek makhluk fisik; dan Bani Adam menyeru kepada keturunan umat manusia yang berasal dari Nabi Adam.

Kata Kunci: Hakikat Manusia, Al-Qur’an, Tafsir Tematik

 

Abstract

This study aims to conceptually analyze human nature in the Qur'an. This research needs to be done because on the one hand, human presence on earth cannot be separated from God's vision and mission. In addition, human resources play a major role in the welfare and prosperity of the world. While on the other hand, the uniqueness of humans makes this research important. By tracing the verses of the Qur'an about humans and examining them thematically, this study finds that humans are the most amazing creatures, unique multidimensional beings, and creatures that have great potential, and humans can be said to be the most perfect creatures. Humans in the Qur'an have general meanings such as al-insÄn, al-basyar, al-ins, al-nas. The word al-insÄn can be related to three aspects. First, humans are associated with their privileges as caliphs. Second, humans are associated with the negative tendencies of human beings. Third, humans are connected with the process of human creation. Insan refers to psychological or spiritual qualities; al-nas refers to humans as social beings; al-basyar refers to humans from the aspect of physical beings; and Bani Adam called to the descendants of mankind who came from the Prophet Adam.

Keywords: Human Nature, Al-Qur'an, Thematic Interpretation

References

DAFTAR PUSTAKA

Anis, I. (1972). Al-Mu’jam Al-Wasith. Mesir: Dar Al-Ma’arif.

Az-Zuhaili, W. (2018). Tafsir al-Munir. Jakarta: Gema Insani Press.

Baqi, M. F. A. (2001). al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz al-Qur’an al-Karim. Kairo: Dar al-Kutub al-Misriyah.

Ebrahimi, M., & Yusoff, K. (2017). Islamic Identity, Ethical Principles and Human Values. European Journal of Multidisciplinary Studies, 6(1), 325–336. doi: 10.26417/ejms.v6i1.p325-336

Gaffar, A. (2016). Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an. Tafsere, 4(2), 228–260.

Hamka, B. (2015). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Gema Insani Press.

Idris, M., & Mokodenseho, S. (2021). Model Pendidikan Islam Progresif. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 72–86. doi: 10.18860/JPAI.V7I2.11682

Idris, M., Willya, E., Wekke, I. S., & Mokodenseho, S. (2020). Peace Resolution in Education and Application on Information and Communication Technologhy. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6), 3349–3358. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/14076

Ihde, D., & Malafouris, L. (2019). Homo faber Revisited: Postphenomenology and Material Engagement Theory. Philosophy & Technology 2018 32:2, 32(2), 195–214. doi: 10.1007/S13347-018-0321-7

Ikhwan, A. (2016). Leadership In Islamic Education: Study of Thematic Al-Qur’an and Al-Hadist. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 17(1), 31–46. doi: 10.18860/UA.V17I1.3253

Kamarudin, K., & Mokodenseho, S. (2022). A Debate on the Islamic Practice of Pilgrimage to the Grave: Study of the Hadīth on Grave Pilgrimage for Women. AL QUDS: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(2), 495–510. doi: 10.29240/alquds.v6i2.4390

Khalil, D. A. I. A. E.-F. (2016). The Islamic Perspective of Interpersonal Communication. Journal of Islamic Studies and Culture, 4(2), 22–37. doi: 10.15640/jisc.v4n2a3

Lancy, D. F. (2017). Homo Faber Juvenalis: A Multidisciplinary Survey of Children as Tool Makers/Users. Childhood in the Past, 10(1), 72–90. doi: 10.1080/17585716.2017.1316010

Leonid Tchertov. (2019). “Animal Symbolicum†in the Natural and Cultural Semiospheres. Philosophy Study, 9(1), 55–63. doi: 10.17265/2159-5313/2019.01.004

Martins, A. R. (2019). The Zoon Politikon: Medieval Aristotelian Interpretations. Revista Portuguesa de Filosofia, 75(3), 1539–1574. doi: 10.17990/RPF/2019_75_3_1539

Mokodenseho, S. (2020). Pendidikan dan Politik: Gerakan Sarekat Islam di Sulawesi Utara Periode 1920-1950 (Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57524

Mokodenseho, S., & Wekke, I. S. (2017). Toleransi Beragama dan Pembelajaran Agama Islam. Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti, 67–75. IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi.

Muhammad, A. Y. (2017). Al-Qur’an as a Remedy for Human Physical and Spiritual Illnesses, and Social Vices: Past, Present and Future. Journal of Islamic Studies and Culture, 5(2), 28–32. doi: 10.15640/jisc.v5n2a3

Nawawi, R. S. (2005). Konsep Manusia Menurut Al-Qur’an dalam Metodologi Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Quthb, S. (2000). Fi Zhilalil Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.

Read, J. (2022). A Genealogy of Homo-Economicus: Neoliberalism and the Production of Subjectivity. In The Production of Subjectivity: Marx and Philosophy (pp. 311–322). Brill. doi: 10.1163/9789004515277_017

Shihab, M. Q. (1994). Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2005a). Logika Agama: Kedudukan Wahyu dan Btas-Batas Akal Dalam Islam. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2005b). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudu’i atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka.

Shihab, M. Q. (2007). Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosakata. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2008). Al-Lubaab. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, U. (2017). Kontekstualitas Al-Qur’an: kajian tematik atas ayat-ayat hukum dalam Al-Qur’an. Jakarta: Penamadani.

Wentzer, T. S. (2011). Animal Symbolicum and Homo Interrogans. Cassirer’s Philosophy of Culture Between Neokantianism and Discursive Anthropology. Danish Yearbook of Philosophy, 46, 61–80.

Yamagishi, T., Li, Y., Takagishi, H., Matsumoto, Y., & Kiyonari, T. (2014). In Search of Homo economicus. Psychological Science, 25(9), 1699–1711. doi: 10.1177/0956797614538065

Downloads

Published

2022-09-09