Sejarah Perkembangan Hukum Islam

Authors

  • Abdul Wahid Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Jalaludin Jalaludin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4011

Abstract

Abstrak

TÄrÄ«kh al-tashrÄ«' adalah literatur yang sangat populer di kalangan pesantren dan universitas. TÄrÄ«kh al-tashrÄ«' belum banyak menarik minat para peneliti sejarah. Artikel ini bertujuan untuk menggali literatur tÄrÄ«kh al-tashrÄ«' dengan pendekatan sejarah. Artikel ini berargumen bahwa tÄrÄ«kh al-tashrÄ«', meskipun terlihat 'modern' dari segi kelahirannya, tidak jauh berbeda dengan literatur sejarah klasik. Secara sederhana tÄrÄ«kh al-tashrÄ«' dapat diartikan sebagai sejarah terbentuknya peraturan perundang-undangan dalam Islam, baik pada masa risalah Nabi Muhammad SAW. maupun masa sesudahnya, ditinjau dari zaman terbentuknya undang-undang tersebut, dengan proses penghapusan dan kekosongan, serta yang terkait dengan fuqaha dan mujtahid, yang berperan dalam proses pembentukannya. Bagi umat Islam, keberadaan pengadilan agama dengan syariat Islam adalah sesuatu yang mutlak. Karena hukum Islam memang telah diberikan melalui Al-Qur'an, ia telah ada dan tertuang dalam Lauh al-Mahfudz sejak zaman dahulu. Dari sudut pandang ini, hukum Islam adalah kehendak Tuhan yang diwahyukan. Bahwa hukum lahir dan berkembang dengan kehidupan masyarakat.

Kata Kunci: Sejarah, Hukum Islam, TÄrÄ«kh al-TashrÄ«'

 

Abstract

TÄrÄ«kh al-tashrÄ«' was a very popular literature among Islamic boarding schools and universities. TÄrÄ«kh al-tashrÄ«' has not attracted much interest from historical researchers. This article attempts to explore the literature of tÄrÄ«kh al-tashrÄ«' with a historical approach. This was article argues that tÄrÄ«kh al-tashrÄ«', although it looks 'modern' from the point of view of its birth, does not differ much from classical historical literature. In simple terms tÄrÄ«kh al-tashrÄ«' can be defined as the history of the formation of legislation in Islam, either during the time of the Prophet Muhammad SAW treatise or the period after it, from the perspective of the era in which these laws were formed, along with the process of abolition and emptiness, as well as those related to the fuqaha. and mujtahids who played a role in the process of its formation. For Muslims, the existence of a religious court of Islamic law is something that is absolute. Because Islamic law has indeed been given through the Qur'an, it has existed and is contained in Lauh al-Mahfudz since ancient times. From this point of view, Islamic law is the revealed will of God. That the law was born and developed with people's lives.

Keywords: History, Islamic Law, TÄrÄ«kh al-TashrÄ«'

References

DAFTAR PUSTAKA

Abbas, Z. A. (1954). Peri Hidup Muhammad. Medan: Islamiyah.

Adegoke, K. A. (2008). Shura Institution within the Framework of Shari’ah and its Relevance to Islamic Polity. Al-Fikr, 21, 30–40.

Al-Asyqar, U. S. (2001). Fiqih Islam: Sejarah Pembentukan dan Perkembangannya. Jakarta: Akademika Pressindo.

Al-Faá¸lÄ«, ‘Abd al-HÄdÄ«. (1992). TÄrikhu’t-Tasyrī“iâ€l-IslÄmÄ«. London: Al-JÄmi’atu’l-’Ālimiyyah lil-’UlÅ«mi’l-IslÄmiyyah.

Al-Qaththan, S. M. (2018). Tarikh Tasyri’: Sejarah Legislasi Hukum Islam. Jakarta: Ummul Qura.

Al-Sayyis, M. A. (2003). Tarikh Al-Fiqh Al-Islami. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Tha‘ÄlabÄ«, M. al-ḤajwÄ«. (1995). Al-Fikru’s-SÄmÄ« FÄ« TÄrÄ«kh Al-Fiqh Al-IslÄmÄ« (1st ed.). BeirÅ«t: DÄrul-Kutub al-’Ilmiyyah.

Ali, M. A. M., Ibrahim, M. N., Usman, A. H., Nazri, M. A., & Abdul Kadir, M. N. (2015). Al-Jarh Wa Al-Ta’dil (Criticism and Praise): It’s Significant in the Science of Hadith. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(2), 284. doi: 10.5901/mjss.2015.v6n2s1p284

Anin, H., & Kahlmeyer, A. (2015). Islamic law: The Sharia from Muhammad’s time to the present. London: McFarland.

Ash-Shiddieqy, M. H. (2001). Sejarah Dan Pengantar Ilmu Hadis. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Bik, M. al-K. (1980). TÄrÄ«kh Al-Tashrī‘ Al-IslÄmÄ« (7th ed.). Kairo: Matba’ah al-Istiqamah.

El-Hibri, T. (2021). The Abbasid Caliphate: A History. Cambridge: Cambridge University Press.

Fawzi, R., Hamdani, F. F. R. S., & Mujahid, I. (2019). Elucidation and Criticism on the Hadith of Jihad. Proceedings of the Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2018), 279–283. Paris, France: Atlantis Press. doi: 10.2991/sores-18.2019.66

Hitti, P. K. (2006). History of the Arabs. Jakarta: Serambi.

Husain, M. H. (1982). Sejarah Hidup Muhammad. Jakarta: Tintamas.

Ikhsan, M., & Iskandar, A. (2022). Histori Fikih Islam: Faktor-Faktor Pertumbuhan, Kebekuan dan Reformasi. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 99–113. doi: 10.30595/islamadina.v23i1.9700

Ismail, M. S. (1995). Kaidah Keaslian Hadis: Telaah Kritis Dan Tinjauan Dengan Pendekatan Ilmu Sejarah. Jakarta: Bulan Bintang.

Khalil, R. H. (2019). Tarikh Tasyri’: Sejarah Legislasi Hukum Islam. Jakarta: Amzah.

Madjid, N. (1998). Islam dan Politik Suatu Tinjauan atas Prinsip-prinsip Hukum dan Keadilan. Jurnal Pemikiran Islam Paramadina, 1(1).

Maftuhin, A. (2016). The Historiography of Islamic Law: The Case of TÄrÄ«kh al-Tashrī‘ Literature. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 54(2), 369–391. doi: 10.14421/ajis.2016.542.369-391

Mubarok, J. (2005). Ijtihad Kemanusiaan. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Nata, A. (2003). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahmat, J. (1995). Tinjauan Kritis Atas Sejarah Fiqh: Dari Fiqh Al-Khulafa’ Al-Rasyidin Hingga Mazdhab Libealisme. In B. M. Rahman (Ed.), Kontekstualisasi Doktrin Islam Dalam Sejarah (p. 292). Jakarta: Paramadina.

Royani, Y. M. (2021). Hate Speech During the Caliphate of ‘AlÄ« ibn AbÄ« ṬÄlib and Its Relevance to Regulations in Indonesia: The Study of the Islamic Law History. Al-Ahkam, 31(2), 223–240. doi: 10.21580/ahkam.2021.31.2.8956

Shuriye, A. O. (2016). Explorations on the Abbasids Political Culture in Pursuit of Sustainable System of Governance in the Muslim World. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(4), 228. doi: 10.5901/mjss.2016.v7n4p228

Sopyan, Y. (2018). Tarikh Tasyri’: Sejarah Pembentukan Hukum Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sou’yb, J. (1979). Sejarah Daulat Khulafa’ Al-Rhasyidin. Jakarta: Bulan Bintang.

Syahrur, M. (2003). Tirani Islam: Genealogi Masyarakat Dan Negara. Yogyakarta: LKiS.

Syalabi, A. (1983). Sejarah & Kebudayaan Islam. Jakarta: Pustaka Alhusna.

Taufiqurrahman. (2003). Sejarah Sosial Politik Masyarakat. Surabaya: Pustaka Islamika Press.

Thaha, M. M. (2003). Arus Balik Syariah. Yogyakarta: LKiS.

Widodo, H., & Irfanudin, F. (2020). Al Jarh wa At-Ta’dil in Researching Sanad Hadits. Journal of Hadith Studies, 3(1), 23–33. doi: 10.32506/johs.v3i1.547

Willya, E., Mokodenseho, S., Idris, M., & Yusuf, N. (2020). Etika Lingkungan Perspektif Hukum Islam. Indonesia: OSF Preprints. doi: 10.31219/osf.io/rdtq5.

Downloads

Published

2022-09-09