Pengaruh Pelibatan Orang Tua dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Sekolah Dasar Kecamatan Moyudan Sleman

Authors

  • Uswatun Khasanah Universitas Terbuka
  • Siti Yulaeha Universitas Terbuka
  • Siti Aisyiah Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4026

Abstract

Abstrak:

Kerjasama pendidik, peserta didik dan orang tua sangat penting dalam mensukseskan tujuan pendidikan. Pada era pandemi COVID-19 terjadilah pergeseran proses pembelajaran dari pembelajaran tatap muka (PTM) ke pembelajaran daring (online) yang berdampak pentingnya peran orang tua di rumah. Namun demikian, dari hasil pengamatan pendahuluan di SDN Moyudan diketahui bahwa peran orang tua maupun paguyuban wali murid belum dimaksimalkan fungsi dan tugasnya untuk pendampingan belajar yang berimplikasi pada hasil prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelibatan orang tua dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi akademik siswa sekolah dasar di Gugus III Kecamatan Moyudan. Penelitian dilakukan secara kuantitatif menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI pada Gugus III Kecamatan Moyudan yang terdiri dari 6 sekolah dasar. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin pada taraf signifikan 5% sehingga diperoleh 102 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelibatan orang tua (X1) berhubungan dengan prestasi akademik (Y), dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Kompetensi sosial guru (X2) berhubungan dengan prestasi akademik (Y), dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara pelibatan orang tua dan kompetensi sosial guru secara bersama-sama dengan prestasi akademik, dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0,003 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) pada penelitian ini adalah sebesar sebesar 11,4%, sedangkan sisanya yaitu 88,6% dipengaruh faktor-faktor lain di luar penelitian ini misalnya partisipasi komite sekolah, parenting, kedisiplinan anak dan guru, dan lain-lain.

 

Kata Kunci: Pelibatan Orang Tua, Kompetensi Sosial Guru, Prestasi Akademik

References

DAFTAR PUSTAKA

Bulan, D. S., Utaya, S., & Towaf, S. M. (2016). Dampak Dukungan Orang Tua, Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Malang, Vol. 1, hlm. 1–12.

Elmirawati, Daharnis, & Syahniar. (2013). Hubungan antara Aspirasi Siswa dan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar serta Implikasinya terhadap Bimbingan Konseling. E-Journal Konselor, Vol. 2, No. 1.

Maryani, S., Lian, B., & Rohana. (2021). The Effect of Teacher’s Professional and Social Competency on Student’s Learning Outcomes. Journal of Social Work and Science Education, Vol. 2, No. 1, pp. 69-82.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pahrudin, Martono, T., & Murtini, W. (2016). The Effect of Pedagogic Competency, Personality, Professional, and Social Competency Teacher to Study Achievement of Economic Lesson in State Senior High School of East Lombok District Academic Year 2015/2016. Proceeding The 2nd International Conference on Teacher Training and Education Sebelas Maret University, Vol. 2, No. 1, pp. 332-345.

Putri, S. D., & Suwatno, S. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Subang. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 2, No. 2, hlm. 8.

Rahmi, A. (2012). Konsep diri, Motivasi Belajar Siswa Membolos, dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP.

Retnawati, H. & Mulyatiningsih, E. (2019). Evaluasi Program Pendidikan (1st ed.). Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Saragi, M. P. D., Iswari, M., & Mudjiran. (2016). Kontribusi Konsep Diri dan Dukungan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Konselor, Vol. 5, No. 1, hlm. 1–14.

Slavin, R. (2006). Educational Psychology Theory and Practice (8th ed.). Boston: Pearson.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Tynjala, P., et al. (2016). Developing Social Competence and Other Generic Skills in Teacher Education: Applying the Model of Integrative Pedagogy. European Journal of Teacher Education, Vol. 39, No. 3, pp. 368–387.

Wibawa, B. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wiyani, N. A. (2019). Pengembangan Profesi Keguruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Gava Media.

Yanuartri, D., Jufri, A. W., & Syuaib, M. Z. (2016). Kontribusi Partisipasi Orang Tua dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 1, No. 1.

Zalifah, N. (2011). Hubungan antara Keterlibatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Downloads

Published

2022-09-11