Analisis Pengaruh Harga Tiket, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Desa Wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes

Authors

  • Eki Rizdiyanti Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hendri Sucipto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Nur Aisyah Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4035

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga tiket, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara melakukan observasi dan membagikan kuesioner secara langsung maupun online kepada pengunjung Desa Wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes. Data tersebut selanjutnya akan diolah dengan menggunakan aplikasi analisis data statistic atau diolah dengan SPSS 22.Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel harga tiket, fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan hal ini dilihat dari hasil uji F yaitu sebesar 15.548.dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Dalam uji t pada variabel harga tiket berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar thitung 2.690 > ttabel 1.660. Variabel Fasilitas juga berpengaruh secara sifnifikan terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar thitung 3.546 > ttabel 1.660. Dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar thitung 3.363 > ttabel 1.660.

Kata Kunci : Harga Tiket, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of ticket prices, facilities and service quality on customer satisfaction. The method used in data collection is by observing and distributing questionnaires directly or online to visitors to the Pandansari Mangrove Forest Tourism Village, Brebes. The data will then be processed using statistical data analysis applications or processed with SPSS 22.The results of this study state that the ticket price, facilities and service quality variables have a significant effect on the customer satisfaction variable, this can be seen from the results of the F test, which is 15,548 with a probability value of 0.000 <0.05. In the t-test, the ticket price variable has a significant effect on customer satisfaction, which is equal to tcount 2,690 > ttable 1.660. Facility variable also has a significant effect on customer satisfaction, namely tcount 3,546 > ttable 1,660. And the service quality variable has a significant effect on customer satisfaction at tcount 3.363 > ttable 1.660.Keywords : Ticket Prices, Facilities, Service Quality, Customer Satisfaction.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alvianna, S. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang. Vol. 2 No. 01 Juni 2017, 1-12.

Bety Noftaruli, E. W. (2021). Pengaruh Harga Tiket Masuk Dan Publisitas Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Di Tjong A Fie Mansion . Jurnal Studi Manajemen Vol. 3, No. 2, pp. 22-30, Mei 2021, 1-9.

Darojat, I. (2021). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Citra Raya Water World). Dynamic Management Journal Vol. 5 No. 1 , 23-37.

Estu Handayani, M. D. (2017). Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pelabuhan Muncar Banyuwangi . Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Volume 7, Nomor 2, Oktober 2017, 151-160.

Fairuz Zabady Zainal Abidin Putera, F. S. (2016). Perbandingan Prediksi Financial Distress Dengan Menggunakan Model Altman, Springate Dan Ohlson. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 4, Nomor 3, Oktober 2016, 217-229.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan . Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.4, No.1 Februari 2019: 37 - 44, 37-44.

Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan . Jurnal Penelitian Manajemen Volume 1,Nomor 2,Oktober 2019 Hal 144-156,144-156.

Meyta Salsa Hardina, E. S. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitasterhadap Keputusan Berkunjung Wisata Taman Sari di Yogyakarta. CAKRAWANGSA BISNIS Vol. 2, No.1 (2021): April |85-100,85-100.

Pebryani Lestari, A. Y. (2020). Analisis Faktor Penentu Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Taman Limo Jatiwangi Bekasi . Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT) Volume 11 Nomor 2, November 2020, 180-193.

Putri Ratnasari, I. M. (2019). Pengaruh Harga Tiket, Fasilitas Wisata, Dan Kualitas Jasa Wisata Terhadap Kepuasan Konsumen Grand Maerokoco Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi No. 47 / Th. XXVI / Oktober 2019,1-10.

Rifki Wahyudi, I. Y. (2021). Pengaruh Promosi, Harga Dan Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Pantai Air Manis Padang . Jurnal Ilmiah Manajemen Volume 16, No.2, Oktober 2021: 193-210, 193-210.

Rosa Lesmana, W. H. (2019). Model Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Wisatawan Lokal Studi Kasus Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta . JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), Vol.2, No.2 , Juli 2019, 36-47.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Andi. Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Bandung.

Sukawati, (2018). “ Pengaruh Kepercayaan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Internet di Kota Makassarâ€. Jurna Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Makassar, Vol. 1, No. 2.

Totok Adi Hermanto, T. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan Pada Objek Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung Muara Enim . Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 7 Nomor 1 2022, 2-7.

Wardhana, G. W. (2021). Faktor Anteseden Kepuasan Pengunjung Wisata Puro Mangkunegaran, Surakarta . JSHP VOL. 5, NO. 2, April 2021 , 1-10.

Winata, S. R. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pantai Bali Lestari. Jurnal Studi Manajemen Vo. 3, No. 1, Jan 2020, 1-8.

Yofina Mulyati, M. A. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik) . Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 6 No. 2, December 2018, 191-200, 191-200.

Downloads

Published

2022-09-12