Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pembuatan Bahan Ajar Elektronik di SMPN 7 Sungai Raya

Authors

  • Iwan Ramadhan Universitas Tanjungpura
  • Imran Imran Universitas Tanjungpura
  • Riama Al Hidayah Universitas Tanjungpura
  • Stella Prancisca Universitas Tanjungpura
  • Nining Ismiyani Universitas Tanjungpura
  • Okianna Okianna Universitas Tanjungpura
  • Maria Oktavia Niken Universitas Tanjungpura
  • Sinta Sinta Universitas Tanjungpura
  • Juliantara Juliantara Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4060

Keywords:

Profesionalisme Guru, Bahan Ajar

Abstract

Abstrak

Semakin ketatnya persaingan di era global dan tuntunan persaingan di dunia kerja, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki ketrampilan dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama–sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Kemajuan suatu bangsa dimasa akan datang sangatlah tergantung pada mutu pendidikan generasi muda saat ini, karena pemuda adalah ujung tombak dari kesuksesan suatu negara. Termasuk dalam profresionalisme guru tentu perlu adanya kemampuan berfikir lebih agar dapat bersaing untuk pendidikan global seperti saat sekarang ini. Terdapat banyak Pengertian Profesionalisme Guru menurut para ahli. Guru merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Seorang guru ikut berperan serta dalam usaha membentuk sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan.

Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Bahan Ajar

Author Biography

Iwan Ramadhan, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Sosiologi

References

DAFTAR PUSTAKA

Ambarita, J., Helwaun, H., & Houten, L. Van. (2021). Workshop Pembuatan E-book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online. 2, 44–57.

Andriani, D., & Fatmasari, R. (n.d.). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sd Yayasan Al Khasyi ’ Un.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Budi Sartika, S., & Yuni Mayangsari, N. (2021). Profil Guru SD Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14876

Fikriyatus, S., Akhwani, & Nafiah, D. W. R. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Gunawan, Lilik Kastiani, L. S. H. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 76–77.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Latifah, N., & Permatasari, R. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Tematik Siswa Sd Kelas Iv Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1). https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2565

Mastuang, M., Mahtari, S., Salam, A., Susilowati, E., Rizki, M., & Ramadhan, R. (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-guru Fisika di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1787

Nesi Anti Andini, Sri Enggar Kencana Dewi, S. (2021). Impelementasi Menejemen Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5).

Ramadhan, Iwan., Jaya T N., Firmansyah, E, Alkahfy, R., R. (2021). Perubahan Proses Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5746197

Downloads

Published

2022-09-14