Peran Motivasi Ekstrinsik dan Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM di Belitung Timur
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4061Abstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan digital marketing dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan unit analisis Paguyuban UMKM Jasijuka Sejahtera, dengan populasi sebanyak 32 orang. Metode sampling yang digunakan adalah Non-Probability sampling dengan jenis sampel jenuh, sampling dengan jumlah sebanyak 32 responden, dengan teknik pengumoulan data adalah kuesioner. Metode pengolahand ata menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh tidak signifikan pelatihan digital marketing terhadap kinerja, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap kinerja dan secara simultan pelatihan digital marketing dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja.
Kata Kunci: Pelatihan Digital Marketing, Motivasi Ekstrinsik, Kinerja, Usaha Mikro Kecil &Menengah
References
DAFTAR PUSTAKA
Ayu, I. (2021). Peningkatan kinerja karyawan melalui employee engagement, dan organizational citizenship behavior. Bandung: CV. Media Sains Indonesia
Badan Pusat Statistik Kabupaten Belitung Timur (2021). Kabupaten Belitung Timur Dalam Angka (Belitung Timur Regency in Figures). Diakses tanggal 2 Maret 2021, (dari https://belitungtimurkab.bps.go.id/)
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Chaerani, D. (2020). “Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatanâ€. 9(4), 275-282.
Chakti, G. (2019). The Book of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa
Dessler, G. (2015). Manajamen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Edy, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Fauzi, A. (2020). Manajemen Kinerja. Jawa Timur: Airlangga University Press
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gultom, S. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Timur: In Media
Juliandi, A., Irfan & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press
Jurdi, F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Pengelolaan SDM berkualitas dan berdaya saing. Malang: Intrans Publishing
Kotler, P. (2017). MARKETING 4.0 Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons,inc
Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi: dasar dan penerapannya dengan R edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lindawati, S. (2020). Pemasaran Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Iwan Henri Kusnadi, Aep Saefullah, Diah Afrianti Rahayu, Wheny Khristianto, Hendy Tannady, Primadi Candra Susanto, Magdalena Magdalena, Yohanes Totok Suyoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.