Peran Motivasi Ekstrinsik dan Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM di Belitung Timur

Authors

  • Iwan Henri Kusnadi Universitas Subang
  • Aep Saefullah STIE Ganesha
  • Diah Afrianti Rahayu Institut Pendidikan dan Bahasa Inavada Cirebon
  • Wheny Khristianto Universitas Jember
  • Hendy Tannady Universitas Multimedia Nusantara
  • Primadi Candra Susanto ITL Trisakti
  • Magdalena Magdalena Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Yohanes Totok Suyoto Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4061

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan digital marketing dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan unit analisis Paguyuban UMKM Jasijuka Sejahtera, dengan populasi sebanyak 32 orang. Metode sampling yang digunakan adalah Non-Probability sampling dengan jenis sampel jenuh, sampling dengan jumlah sebanyak 32 responden, dengan teknik pengumoulan data adalah kuesioner. Metode pengolahand ata menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh tidak signifikan pelatihan digital marketing terhadap kinerja, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap kinerja dan secara simultan pelatihan digital marketing dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja.

Kata Kunci: Pelatihan Digital Marketing, Motivasi Ekstrinsik, Kinerja, Usaha Mikro Kecil &Menengah

References

DAFTAR PUSTAKA

Ayu, I. (2021). Peningkatan kinerja karyawan melalui employee engagement, dan organizational citizenship behavior. Bandung: CV. Media Sains Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Belitung Timur (2021). Kabupaten Belitung Timur Dalam Angka (Belitung Timur Regency in Figures). Diakses tanggal 2 Maret 2021, (dari https://belitungtimurkab.bps.go.id/)

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Chaerani, D. (2020). “Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatanâ€. 9(4), 275-282.

Chakti, G. (2019). The Book of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa

Dessler, G. (2015). Manajamen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Edy, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Fauzi, A. (2020). Manajemen Kinerja. Jawa Timur: Airlangga University Press

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, S. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Timur: In Media

Juliandi, A., Irfan & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press

Jurdi, F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Pengelolaan SDM berkualitas dan berdaya saing. Malang: Intrans Publishing

Kotler, P. (2017). MARKETING 4.0 Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons,inc

Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi: dasar dan penerapannya dengan R edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lindawati, S. (2020). Pemasaran Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis

Downloads

Published

2022-09-14