Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Cabang Olahraga Bulutangkis bagi Anak Tunagrahita Ringan

Authors

  • Lilis Suwandari Universitas Islam Nusantara
  • Indiah Wisjnu Sulistyorini Universitas Islam Nusantara
  • Dwi Endah Pertiwi Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4075

Abstract

Abstrak

Anak tunagrahita mengalami hambatan merespon rangsangan sehingga memerlukan penanganan khusus melalui pendidikan jasmani adaptif. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif sudah berjalan akan tetapi kurang maksimal karena kondisi anak yang berbeda, sumber belajar yang minim, motivasi serta pengertian orang tua yang kurang. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif cabang olahraga bulutangkis bagi anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tiga orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan semua tahapan pembelajaran, namun masih menemui kesulitan sehingga guru berupaya mencari buku sumber, metode yang bervareatif, memotivasi anak untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran. Rekomendasi ditunjukkan bagi guru agar dapat menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dengan kondisi dan kemampuan anak.

Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Jasmani Adaptif, Tunagrahita Ringan

References

DAFTAR PUSTAKA

Achmad, W. (2022). Social Reality Stunting Prevention in Cianjur District. Jurnal EduHealth, 13(02), 467-477.

Amin. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Depdikbud. Dirjen Dikti Proyek Pendidikan Tenaga Guru.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astati & Mulyati, Lis. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: CV Catur Karya Mandiri.

Astati. (2001). Persiapan Pekerjaan Penyandang Tunagrahita. Bandung: CV Pendawa.

Bagus, Aditya. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Afifa Media.

BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Darmawan, D. D., & Wibowo, Y. A. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Pada Anak Tunadaksa Di Slb Negeri Tamanwinangun Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 8(8).

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dinas Pendidikan Nasional. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Dharma Bhakti.

Direktorat Pelayanan Dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat. (2010). Pedoman Bimbingan Jasmani Dan Olahraga Adaptif Bagi Penyandang Tunagrahita (Disabilitas Intelektual). Jakarta: Kementerian Sosial R.I.

Direktorat Pembinaan PK Dan LK Dikdas. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Program Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Fahmi, N., & Efendi, J. (2019). Pelaksanaan Olahraga Bulu Tangkis Siswa Tunagrahita. PAKAR Pendidikan, 17(2), 19-31.

Nurwati, N., & Mulyana, N. (2021). Resiliensi Keluarga Single Parent dengan anak Skizofrenia. MEDIA BINA ILMIAH, 14(8), 3061-3064.

Nurwati, N., Fedryansyah, M., & Achmad, W. (2022). Social Policy in the Protection of Street Children in Indonesia. Journal of Governance, 7(3).

Somantri, Sujihati. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19–24. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.496

Yulianah, S. E. (2022). Metodelogi Penelitian Sosial. CV Rey Media Grafika.

Downloads

Published

2022-11-21