Analisis Optimasi Ground Time Pesawat Citilink A320 Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas On Time Performance di PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Husein Internasional Sastranegara Bandung

Authors

  • Yopi Muhamad Sofyan Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Adipura Danang Maulana Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4103

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  berapa rata-rata Ground Time pesawat Citilink A320 pada Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung dan Upaya apa saja yang dilakukan pihak PT.Gapura Angkasa dalam meningkatkan kualitas On Time Performance (OTP) pada Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil rata – rata perhitungan Ground Time , Batas Kontrol Bawah (BKB), Bats Kontrol Atas (BKA), dan Garis Sentral (CL). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan permasalahan yang ada, sumber data diambil langsung dari PT.Gapura Angkasa, Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung, yang berupa dokumen dan arsip yang sesuai dengan rumusan masalah pada penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah Hasil Rata-rata waktu Ground time dalam waktu 3 bulan (Juni-Agustus 2022) adalah 86 menit. Rata-rata waktu Ground time tercepat terjadi pada bulan Agustus dan dengan rata-rata waktu 28 menit. Rata-rata waktu Ground time paling lama terjadi pada bulan Juni-Juli dengan rata-rata waktu Ground time 29 menit. Upaya yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Citilink dalam meningkatkan kinerja On Time Performance (OTP) antara lain melakukan quick handling atau penanganan dengan cepat ketika adanya potensi keterlambatan pesawat, dikeluarkannya Technical Delay Aircraft Maintenance (TDAM) sebagai upaya preventif keterlambatan yang terjadi dikarenakan faktor teknik, melakukan strategi penentuan jam terbang pesawat, dan dukungan dari man power untuk melakukan fungsi pekerjaanya dengan tepat waktu. Kasus delay yang terjadi diakibatkan oleh tiga masalah yaitu: Late Arrival, Teknis, dan Air Traffic Controller (ATC). Kemudian hasil didalam penelitian ini dapat menunjukan bahwa maskapai penerbangan Citilink memiliki Key Performance Indicator berupa target pencapaian on time performance (OTP) yang diukur dalam bentuk persentase selama periode satu bulan, yaitu sebesar 92%.

Kata Kunci: On Time Performance, Ground Time, Key Performance Indikator, Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung

 

Abstract

This study aims to determine the average Ground Time of Citilink A320 aircraft at Bandung Husein Sastranegara International Airport and what efforts are made by PT. Gapura Angkasa in improving the quality of On Time Performance (OTP) at Husein Sastranegara International Airport Bandung. The results of this study were obtained from the average calculation results of Ground Time, Lower Control Limit (BKB), Upper Control Bats (BKA), and Central Line (CL). This study uses qualitative research based on existing problems, the data source is taken directly from PT. Gapura Angkasa, Husein Sastranegara International Airport Bandung, in the form of documents and archives that are in accordance with the formulation of the problem in this study. Based on the research that has been done, the conclusion obtained from this research is that the average ground time within 3 months (June-August 2022) is 86 minutes. The fastest average Ground time occurred in August and with an average time of 28 minutes. The longest average Ground time occurs in June-July with an average Ground time of 29 minutes. Efforts made by Citilink airlines to improve On Time Performance (OTP) performance include quick handling or handling quickly when there is a potential for aircraft delays, issuing Technical Delay Aircraft Maintenance (TDAM) as an effort to prevent delays that occur due to technical factors, conducting strategy for determining aircraft flight hours, and support from man power to carry out their work functions on time. The case of delay that occurs is caused by three problems, namely: Late Arrival, Technical, and Air Traffic Controller (ATC). Then the results in this study can show that Citilink airlines have Key Performance Indicators in the form of on time performance (OTP) achievement targets which are measured in percentage terms over a one month period, which is 92%.

Keywords: On Time Performance, Ground Time, Key Performance Indicator, Husein Sastranegara International Airport Bandung

References

DAFTAR PUSTAKA

Adisasmita, Sakti Adji. 2012. Penerbangan dan Bandar Udara. Yogyakarta Graha Ilmu

Anggraini, L. F. (2016). Analisis Waktu Kinerja Ground Support Equipment Gapura Angkasa Dalam Aktivitas Operasional Di Darat Pada Penerbangan Garuda Indonesia Di Bandar Udara Lombok Praya. JURNAL, 3(2), 22-30.

Angkasa Pura 2. 2018. Relasi Bisnis Bandara Kami. Bandar Internasional Husein Sastranegara. Diakses dari https://angkasapura2.co.id

Gapura. 2016. Gapura Airport Service. Tentang Kami. Diakses dari: http://www.gapura.id.

Heizer Jay dan Render, Barry. (2017). Manajemen Operasi. Jakarta : Salemba Empat

Heizer, Jay dan Barry Render. 2009. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

International air transportation association (IATA). 2014. Airline Cost Conference Geneva .

Kusuma, N. M. P. (2016). Kegiatan Ramp Handling Pada Maskapai Citilink Pt Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. JURNAL, 3(1), 5-13.

Prayoga, Dandy. 2020. Analisis Rata Rata Ground Time Pesawat Garuda Untuk Mencapai On Time Performance Di Unit Operation Di Bandara International Supadio Pontianak. Tugas Akhir : STTKD

Putra, Danil Mestina. 2020. Analisis Ground Time Tipe Pesawat Boeing 737-800 Dan Airbus A320 Guna Mendukung On Time Performance Pesawat Pada Pt. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Minangkabau. Skripsi : STTA

Rofifah, N. A., & Edriana, P. (2019). Upaya Maskapai Penerbangan Dalam Meningkatkan Kinerja On Time Performance (OTP). JURNAL, 72(1), 3-5.

Silaen, Sofar., 2018., Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, In Media, Bandung

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif< dan R&D. Bandung: Alfabeta.

T, A., & Mutia, K. (2016). Evaluasi On-Time Performance Pada Maskapai Tiger Airways Rute Surabaya-Singapura Dengan Menggunakan Diagram Kontrol, Diagram Pareto, Dan Diagram Sebab-Akibat. JURNAL, 3(3), 334-346.

Wijaya, Tony. (2018). Manajemen kualitas jasa. Jakarta : indeks

Yedi, D., Shinta, D. L., & Anisa, N. (2019). Weather Analysis of Flight Delays at Husein Sastranegara Airport. JURNAL, 4(90).

Downloads

Published

2022-10-13