Pelayanan Retribusi Wisata Wonder Hill Jojogan Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4112Abstract
Abstrak
Pelayanan Retribusi Wisata Wonder Hill Jojogan Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu program yang mana ditujukan untuk meningkatkan pelayanan pariwisata yang kurang memuaskan karena kurangnya pelayanan yang baik. Selain itu, tujuan peningkatan sumber daya pelayanan berfokus pada melengkapi, meningkatkan, dan mengembangkan keterampilan kerja untuk meningkatkan keterampilan, produktivitas, dan kesejahteraan agar terciptanya pariwisata yang maju. Pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan Parigi dalam mendukung sektor pariwisata sudah terbilang cukup baik, namun tidak dipungkiri juga masih terdapat beberapa permasalahan yakni pada aspek pemberdayaan pelaksana pelayanan, dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Retribusi Wisata Wonder Hill Jojogan Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran berdasarkan pada indikator pengembangan prinsip pelayanan, penyesuaian standar pelayanan, menganggap keluhan merupakan peluang, perencanaan masa depan dan memanfaatkan teknologi, perbaikan secara terus menerus, menyusun sistem pelayanan yang memuaskan pelanggan, dan pemberdayaan karyawan. Metode yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan, Pelayanan Retribusi Wisata Wonder Hill Jojogan Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran sudah terbilang cukup baik, namun masih ditemukan kendala yang dihadapi seperti kurangnya pemberdayaan bagi pelaksana pelayanan, dan pemanfaatan teknologi tidak berjalan baik sehingga adanya permasalahan yang harus diatasi.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Retribusi, Wisata
References
DAFTAR PUSTAKA
Achmad, W. (2022). Corporate Social Responsibility and Zakat: A Model of Philanthropy in the Society Era 5.0. Jurnal Scientia, 11(01), 565-574.
Achmad, W. (2022). Dimensi Sosial dalam Pengembangan Masyarakat di Wilayah Pesisir. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4985-4994.
Achmad, W. (2022). Implementation of the Joint Business Group (KUBE) Program in Poverty Alleviation in Sumedang District. Jurnal Ekonomi, 11(02), 1036-1042.
Achmad, W., Nurwati, N., Fedryansyah, M., & Sumadinata, R. W. S. (2022). Women's Social Capital for Empowering Poor Households. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).
Ali, Muhammad. 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Cetakan Pertama. Pustaka Amani: Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Rineka Cipta: Jakarta
Hasibuan, Malayu S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara: Jakarta
Ilhami, R. (2019). Peran Pemerintah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Kawasan Bandara Internasional Jawa Barat. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(1), 57-67.
Ilhami, R. (2020). Implementasi Pelayanan Konsultasi Perpajakan Pada Mall Pelayanan Publik. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 2(2).
Ilhami, R., Affandi, N. R., & Hartawan, Y. (2021). Strategi Komunikasi Kontrol Jejaring Kebijakan Dalam Gerakan Bersama Rakyat Atasi Kawasan Padat Kumuh Dan Miskin (Gebrak Pakumis) Di Kabupaten Tangerang. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 214-222.
Mariane, I., Suryadi, S., Firdausijah, T., & Ilhami, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Public Private Partnership Bagi Peningkatan Pariwisata Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 71-76.
Moenir, H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum Diindonesia. Edisi Kesatu. Bumi Aksara: Jakarta
PrawiraW, R., Maulida, H., & Achmad, W. (2021). Narrating the Implementation of Social Welfare Community Program. Review of International Geographical Education Online, 11(5), 228-235.
Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ketiga. Rineka Cipta: Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ardi Ferdiansyah, Rizky Ilhami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.