Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa-Siswi Kelas XI SMA Tri Sakti Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Yohanna Tampubolon Universitas HKBP Nommensen
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen
  • Beslina Afriani Siagian Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4121

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kreatif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa-siswi kelas XI SMA Tri Sakti Lubuk Pakam tahun 2022/ 2023 . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa-Siswi Tri Sakti Lubuk Pakam di Kelas XI tahun ajaran 2022 dengan jumlah Siswa-Siswi Kelas XI SMA Tri Sakti Lubuk Pakam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Uji Normalitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Parsial (Uji t). Dari analisis data yang diperoleh ditemukan hasil penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Kreatif berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dapat dilihat dimana T hitung sebesar4.989> T tabel sebesar 2.44479 dengan tingkat signifikansi 0.00<0.05.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kreatif, Berpikir Kritis, Pengaruh

References

DAFTAR PUSTAKA

Beyer, B. (1995). Critical Thinking. Phi Delta Kappa Educational Foundation.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. Longmans, Green and Co.

Cahyati, S. S., Tukiyo, T., Saputra, N., Julyanthry, J., and Herman, H. (2022). How to Improve the Quality of Learning for Early Childhood? An Implementation of Education Management in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437-5446. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2979

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif.Ar-Ruzz Media.

Fatmawati, E., Saputra, N., Ngongo, M., Purba, R., and Herman, H. (2022). An Application of Multimodal Text-Based Literacy Activities in Enhancing Early Children’s Literacy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5127-5134. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2782

Fogarty, R. (1991). How to Integrated the Curricula. Ilinois; IRI/Skylight Publishing, Inc.

Ganovia, P., Sherly, S., & Herman, H. (2022). Efektivitas Hybrid Learning dalam Proses Pembelajaran untuk Siswa Kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478–1481

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herman, dkk. (2022). Inovasi Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. ISBN : 978-623-99632-9-3

Herman, H., Shara, A. M., Silalahi, T. F., Sherly, S., and Julyanthry, J. (2022). Teachers’ Attitude towards Minimum Competency Assessment at Sultan Agung Senior High School in Pematangsiantar, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, Vol. 11, No. 2, PP. 01-14. DOI: https://doi.org/10.5430/jct.v11n2p1

Herman, H., Sherly, S., Sinaga, Y. K., Sinurat, B., Sihombing, P. S. R., Panjaitan, M. B., Purba, L., Sinaga, J. A. B., Marpaung, T. I., and Tannuary, A. (2022). Socialization of the implementation of digital literacy for educators and students in the digital era in Pematangsiantar city. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5(6), 1683-1689. DOI: 10.33024/jkpm.v5i6.5864

Kartono, K. (2007). Psikologi Anak. Mandar Maju.

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). Learning Styles and Learning Spaces: Enhancing Experiential Learning in Higher Education. Academy of Management Learning & Education, 4, 193–212.

Mulyadi. (2011). Paedogogik Khusus Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar/MI. Badan Penerbit FKIP-UMS.

Mursidik, M. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, Vol 4 (No 1), 23–33.

Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, Sulistyani, and Herman. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early Children’s Critical Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992-5002. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2951

Ngainun, N. (2009). Menjadi Guru Inspiratif: Membudayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Pustaka Pelajar.

Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung.Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 91–104.

Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, J., and Grace, E., (2022). Improving teachers’ competence through the implementation of the 21st century competencies in a post-covid-19 pandemic. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), PP. 1486-1497. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7340

Samsudin, S. 2009.Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustaka Setia.

Silalahi, D. E., Herman, H., Sihombing, P. S. R., Damanik, A. S., and Purba, L. (2022). An Analysis of students’ achievement in reading comprehension through higher order thinking skills (HOTS). Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), DOI: 10.35445/alishlah.v14i2.1249

Silalahi, D. E., Sihombing, P. S. R., Herman, and Purba, L. (2021). High Order Thinking Skill (HOTS) Questions on Learners’ Writing Ability of Report Text at EFL of FKIP Universitas HKBP Nommensen. Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 14, No. 2, PP. 17-32. DOI: https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.33

Silitonga, N. M. S., Herman, H., Sherly, S., Julyanthry, J., Tannuary, A., Sinurat, B., Simangunsong, R., and Sitanggang, A. (2022). Improving the Numeration and Literature Capabilities of Class III Students in Simarhompa 177041 Elementary Schools through The Campus Teaching Program. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 777-782. DOI: 10.32832/abdidos.v6i3.1334

Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wade, C. (1995). Using writing to develop and assess critical thinking. Teaching of Psychology, 22(1), 24–28.

Wright, L.M. and Leahey, M. (2009). Nurses and Families: A Guide to Family Assessment and Intervention. Philadelphia.

Downloads

Published

2022-10-13