Persepsi Mahasiswa Terhadap Peran Organisasi Intra Kampus dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4225Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa persoalan yang dihadapi dalam pelaksanaan aktivitas organisasi, misalnya dari kurangnya partisipasi mahasiswa terhadap kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Serta kehadiran pandemi covid-19 telah melahirkan tekanan dan perubahan lingkungan eksternal dan internal kehidupan organisasi secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi mahasiswa terhadap peran organisasi intra kampus dalam membentuk karakter kepemimpinan kalangan mahasiswa pada masa pandemi covid-19 di Universitas Riau. Manfaat dari hasil penelitian ini yaitu menjadi sumber pembelajaran bagi semua pihak, Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi yang terdiri dari 8 indikator dengan 16 pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Riau. Pengambilan sampel dari keseluruhan populasi diambil dengan menggunakan teknik Quota Sampling dan untuk menentukan responden yang terdiri dari 10 orang perfakultas peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel secara Accidental Sampling. Secara keseluruhan, temuan dari penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata pada persentase alternative jawaban responden dominan yaitu 69,25% dimana rentang ini berada pada kategori “Baik” dengan keberadaan pada rentang 50,01%- 75%. Maka disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap peran Organisasi Intra Kampus dalam membentuk karakter kepemimpinan mahasiswa pada masa Pandemi covid-19 di Universitas Riau berada pada kategori “Baik”
Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa, Peran Organisasi
Abstract
This research is dependent on several problems in the implementation of organization activities, for example the lack of student participation in student activities. The presence of the covid-19 pandemic has given pressure and changes in the external and internal environment of whole life organization. This study aimed to find out and analyze how students perceive the role of intra-campus organizations in shaping leadership character among students during the covid-19 pandemic at Riau University. The benefit of the results of this study is that it becomes a source of learning for all parties. This research method is descriptive quantitative, the data collection instruments used in this study are questionnaires, interviews, and documentation consisting of 8 indicators with 16 questions. The population in this study were students of the Universitas Riau. Sampling from the entire population was taken using the Quota Sampling technique and to determine the respondents consisting of 10 people from the faculty, the researcher used the Accidental Sampling technique. The findings of this study show that the average percentage of alternative answers for dominant respondents is 69.25% where this range is in the "Good" category with an existence in the range of 50.01% - 75%. It was concluded that students' perceptions of the role of Intra-Campus Organizations in shaping student leadership characters during the Covid-19 Pandemic at Riau University were in the "Good" category
Keywords: Perception, Students, The Role Of The Organization
References
DAFTAR PUSTAKA
Cahyandi, Onny. Dkk. 2020. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke 2 Pelajaran Ppkn SMK PGRI 3 Tulungagung”. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 1 No 6. Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung.
Dewi, Sari Ratna (2018). “Gaya Kepemimpinan Mahasiswa Banten (Studi Perbandingan antara DEMA UIN SMH Banten dan BEM UNTIRTA Periode 2017). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
Humayra, Ismyah. 2019. “Pengaruh Personal Initiative Terhadap Performa Kerja di Moderasi oleh Mindfulness”. Universitas Muhammadiyah Malang.
Leonard. 2015. “Kajian Peran Konsistensi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Formati. 3 (2): 97-104
Mulyantika, Lola. 2015 “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Bangsa”. Dakwatuna.
Sahadi, dkk (2020). “karakter kepemimpinan ideal dalam organisasi”. Jurnal Moderat, No. 3 Vol. 6.
Siallagan, D. 2011. Fungsi dan Peranan Mahasiswa. Bengkulu: UNIB.
Sri, Ayuni. 2016. “Upaya Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realitas Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sungai Raya” Skripsi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pontianak.
Sudjono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. . Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ariza Febrian, Hambali, Hariyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.