Studi Perbandingan Pembentukan Civic Disposition Antara Siswa Laki-Laki dan Perempuan pada Pembelajaran PKn di SMP Negeri 2 Lirik
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4226Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan sistem belajar di setiap elemen pendidikan yang disebabkan oleh Covid-19, dari pembelajaran online kemudian tatap muka terbatas sampai dengan tatap muka menggunakan sip kelas. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi efektivitas belajar yaitu disebabkan oleh sikap atau watak pelajar saat mengikuti proses belajar mengajar atau yang sering disebut dengan Civic Dispotition. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbandingan Pembentukan Civic Disposition antara Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan pada Pembelajaran PKn di SMP Negeri 2 Lirik. Manfaat dari hasil penelitian ini, yakni sebagai sumber pembelajaran bagi semua pihak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX sebanyak dengan 50 siswa. Peneliti menggunakan teknik quota sampling dimana sampel yang diambil adalah sebanyak 25 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer wawancara dan teknik angket atau kuesioner, serta data sekunder yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi, yang terdiri dari 13 indikator dengan 31 pernyataan. Temuan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil uji hipotesis adalah F= 0,069 dan nilai sig pada Levene's Test for Equality of Variances sebesar 0,794 dan data dikatakan homogen karena nilai sig 0,794> 0,05. Nilai yang didapatkan pada kolom sig. (2-tailed) adalah 0,013, yang artinya nilai 0, 013 lebih kecil dari 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: Civic Disposition, Siswa Laki-laki dan Perempuan, Pembelajaran PKn
Abstract
This research is motivated by changes in the learning system in every element of education caused by Covid-19, from online learning then limited face-to-face to face-to- face using class sips. One of the things that can affect the effectiveness of learning is caused by the attitude or character of students when following the teaching and learning process or often with Civic Dispotition. The purpose of this study was to determine the Comparison of the Formation of Civic Disposition between Male and Female Students in Civics Learning at SMP Negeri 2 Lirik. The benefits of the results of this study, namely as a source of learning for all parties. The population used in this study were all students of class IX as many as 50 students. The researcher used quota sampling technique where the samples taken were 25 male students and 25 female students. The data collection instruments used were interview primary data and questionnaire or questionnaire techniques, as well as secondary data obtained from observation and documentation, which consisted of 13 indicators with 31 statements. The findings of this study indicate that the results of the hypothesis test are F = 0.069 and the sig value in Levene's Test for Equality of Variances is 0.794 and the data is said to be homogeneous because the sig value is 0.794> 0.05. The value obtained in the column sig. (2-tailed) is 0.013, which means the value of 0.013 is smaller than 0.05, then Ha is accepted and Ho is rejected.
Keywords: Civic Disposition, Male and Female Students, Civics Learning
References
DAFTAR PUSTAKA
Akbal Muhammad, (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia, Makassar.
Anggarani N. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter di SMP Se-Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Anwar Samsul, dkk. 2019. Laki-laki atau Perempuan, Siapa yang Lebih Cerdas dalam Proses Pembelajaran? Sebuah Bukti dari Pendekatan Analis Survival. 18:281-296.
Arofah, N. R. 2019. Pengaruh Civic Knowledge Dan Civic Disposition Terhadap Penyiapan Mahasiswa Menjadi Warga Negara Global Di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Astrini Ayu T. 2015. Kejujuran Akademik pada Siwa Laki Laki dan Perempuan. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Camellia, Puspa Dianti. 2016. “Bahan Ajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Berbasis Nilai-Nilai Karakter Dalam Membentuk Sikap / Watak Kewarganegaraan Siswa (Civic Dispositions). 13–21.
Dalmeri. 2014. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). 14:1
Fauzi, 2013. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jember: SUPERIOR “Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial”
Fauzi, 2013. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jember: SUPERIOR “Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial”
Indriani Rani, 2021. Studi Perbandingan Karakter Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran PKn antara Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMA Al Huda Pekanbaru.
Ismail Wahyuni, 2009 Analisis Komparatif Perbedaan Tingkat Religiusitas Siswa di Lembaga Pendidikan Pesantren, MAN, dan SMUN. 12:87-102.
Kusuma Ningrum Putri I. H. P. A. 2020. Penyesuaian Sosial pada Remaja Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Komparatif pada Siswa Kelas Vlll SMP Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020). Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Lincah, Mazwin. 2019. Implementasi Nilai-Nilai Civic Disposition Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Pab 9 Kelambir Lima Kebun Tahun 2019-2020. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Mentari Restu R. 2020. Studi Komparatif Tentang Karakter Toleransi antara Siswa Laki-Laki Dengan Siswa Perempuan Kelas X di SMA Negeri 1 Tualang. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.
Mulyono, B. (2017). “Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. 14: 218–225.
Najmi Hayatin. 2019. Perbedaan Sikap Toleransi antara Siswa Laki-laki dengan Siswa Perempuan Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Jurusan Pendidikan Agama Islam fakultas Tarbiyah dan Perguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Nurhayati Eti. 2016. Memahami Psikologi Perempuan (Integrasi dan Intercomplementer Perspektif Psikologi dan Islam).
Oherella G. A., dkk. 1992. Peran Wanita Indonesia dalam Masa Pergerakan Nasional. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional. Jakarta.
Oksara W, dkk. 2019. Perbedaan Motivasi Belajar antara Siswa Laki-laki dan Perempuan. 1:2.
Sarastuti Ditya R. 2021. Studi Komparatif Karakter Kreatif Pembelajaran Online Mata Pelajaran PKn antara Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMA Negeri 1 Singkep.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Tagela Umbu. 2021. Perbedaan Kemandirian Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Urutan Kelahiran Siswa SMP. 7:1-8
Utaminingsih, A. (2017). Gender dan Wanita Karir. Malang: UB Press.
Wijayanti Yeni, dkk. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Desa Gunungcupu Kecamatan Sindangkasih Melalui Penyuluhan Tentang Arti Penting Pendidikan Untuk Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia”. Abdimas Galuh. 2, no. 1: 34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Robi Yanti, Hambali, Hariyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.