Model Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana

Authors

  • Angga Setiawan Universitas Mercu Buana
  • Bernadetta Maria Universitas Mercu Buana
  • Farida Etik Endriyati Universitas Mercu Buana
  • Muhammad Fuad Wijanarko Universitas Mercu Buana
  • Siti Marliya Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4305

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi masing-masing variabel kualitas pelayanan, keamanan dan kemudahan transaksi serta kepuasan penggunaan e-wallet DANA, serta menganalisis dan menguji pengaruh kualitas pelayanan, keamanan, dan kemudahan transaksi terhadap kepuasan pengguna. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kausalitas, dimana dilakukan dengan metode explanatory survey dengan menyebarkan kuisioner kepada 120 pengguna e-wallet DANA di Jabodetabek dan luar Jabodetabek yang telah menggunakan aplikasi DANA setidaknya dua kali. Alat analisis yang digunakan dalam pengolahan data dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis varian (Smart-PLS). Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan transaksi dan kualitas mempunyai pengaruh  signifikan terhadap kepuasan penggunanaan e-wallet, sedangkan persepsi kemananan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.

Kata Kunci: Kualitas layanan, keamanan, kemudahan bertransaksi, kepuasan pelanggan

References

DAFTAR PUSTAKA

Abid, M. M. F., & Purbawati, D. (2020). Pengaruh E-Security dan E-Service Quality Terhadap E-Repurchase Intention Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen E-Commerce Lazada di Fisip Undip. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 93-100.

Akbar, A., Pradana, M., Wardhana, A., & Adhiim, D. M. (2021). The Effect of E-Service Quality on E-Customer Loyalty of a Financial Technology Applications through E-Customer Satisfaction as Intervening Variable. ITALIENISCH, 11(2), 496-501.

Barusman, A. R. P. (2019). The Effect of Security, Service Quality, Operations and Information Management, Reliability & Trustworthiness on E-Loyalty Moderated by Customer Satisfaction on the Online Shopping Website. International Journal Of Supply Chain Management, 8(6), 586-594.

Dirnaeni, D., Handrijaningsih, L., TR, S. M., & Anisah, A. (2021). PERSEPSI KEMUDAHAN, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN E-WALLET MELALUI. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 287-303.

Faddila, S. P., Khalida, L. R., & Fauji, R. (2022). e-Service Quality and e-Trust Models in Increasing Generation Z e-Customer Satisfaction in e-Wallet Transactions with ShopeePay Application. Jurnal Mantik, 6(1), 210-214.

Herath, H., & Herath, H. (2019). Impact of Green banking initiatives on customer satisfaction: A conceptual model of customer satisfaction on green banking. Journal of Business and Management, 1(21), 24-35.

Ipsos. (2021). Estimated E-Wallet Market Share in Indonesia.

Kominfo. (2022). Frekuensi Penggunaan Dompet Digital Di Indonesia.

Lando, A. T., Arifin, A. N., Selintung, S., Sari, K., Djamaluddin, I., & Caronge, M. A. (2019). Sosialisasi dan pendampingan sistem pengelolaan sampah menjadi kompos skala sekolah di SD Inpres Kantisang, Tamalanrea. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 113-124.

Li, F., Lu, H., Hou, M., Cui, K., & Darbandi, M. (2021). Customer satisfaction with bank services: The role of cloud services, security, e-learning and service quality. Technology in Society, 64, 101487.

MT, M. A. P., & Sukresna, I. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Nilai, dan Persepsi Kegunaan, Terhadap Minat Berkelanjutan dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Dompet Digital (e-Wallet) OVO di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1).

Ping, T. A., Tunjungsari, H. K., & Sari, W. P. Proceedings of the 2nd Tarumanagara International Conference on the.

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-jurnal Akuntansi, 27(2), 927-953.

Pujianto, S. (2018). Pengaruh Responsiveness, Ease Of Use, Reliability, Convenience, Fulfillment, dan Security and Privacy terhadap Customer Satisfaction Mandiri Mobile. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 20(2), 149-154.

Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. Y. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. Journal Of Economics And Banking. Http://182.253, 197.

Saviour, F. (2019). A study on customer satisfaction of mobile wallet services provided by Paytm. International Journal of Engineering and Management Research, 9(1), 19-26.

Visakha, M. D., & Keni, K. (2022). The Impact of Security and Perceived Ease of Use on Reuse Intention of E-Wallet Users in Jakarta: The Mediating Role of E-Satisfaction. 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2021),

Downloads

Published

2022-12-17