Etika Profesi Pengawas Pendidikan dalam Perspektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4379Abstract
Abstrak
Walaupun pelaku profesi telah memiliki kode etik profesi sebagai standar moral, wacana pemikiran tentang kode etik profesi pengawas pendidikan berangkat dari kenyataan bahwa pengawas pendidikan masih mengabaikan nilai-nilai moral dan kurangnya kesadaran yang kuat untuk mengindahkan etika profesi ketika memberikan layanan keahlian profesional kepada guru. Salah satu jawaban agar pendidik tetap mahir dalam mendidik adalah dengan menjaga akhlak, keterampilan dan kedisiplinan yang mengesankan. Pada prinsipnya, nilai-nilai moral tanggung jawab, keadilan, kemandirian, dan integritas moral yang mendasari kepribadian profesional termuat dalam kode etik profesi pengawas. Kode etik profesi pengawas pendidikan pada dasarnya sejalan dengan nilai-nilai Islam karena etika profesi tidak dapat dipisahkan dari nilai-nilai etika Islam yang dilandasi pemahaman dari al-Qur'an dan hadits.
Kata Kunci: Etika, Profesi, Pengawas, Pendidikan.
References
DAFTAR PUSTAKA
A.Mustofa. (1997). Akhlak Tasawuf (1st ed.). Pustaka Setia.
Amin, A. (1995). Etika Ilmu Akhlak (Bulan Bintang (ed.); ke 8).
Barnawi. (2014). meningkatkan kinerja pengawasa sekolah (A.-R. Media (ed.); 3rd ed.).
Chudzaifah, I. (2020). Supervisi Pendidikan Islam: Telaah Model Pengawasan Madrasah di Kota Sorong. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 18–30. https://doi.org/10.32489/alfikr.v5i2.23
Hazrullah. (2021). Konsep Pengawasan Dalam Pendidkan Islam. Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry, 10(1), 39–52.
Musfiqon, M., & Arifin, M. B. U. B. (2015). Menjadi Pengawas Sekolah Profesional. In Nizamia Learning Center. http://eprints.umsida.ac.id/1743/
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Manjemen Profesi Pengawas Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(15), 1211–1220. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/112
Rahmah, S. (2018). Pengawas Sekolah Penentu Kualitas Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.378
Slameto, S. (2016). Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p192-206
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Putri Alfiani Agustini, Astuti Darmiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.