Analisis Peran Nilai Hedonik, Pencarian Produk dan Nilai Utilitarian Terhadap Perilaku Pembelian Pelanggan Online Shop

Authors

  • Bekti Setiadi Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi
  • Fahmi Abdullah Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
  • Sarwo Eddy Wibowo Politeknik Negeri Samarinda
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • C Susmono Widagdo STIEPARI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4438

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah utilitarian value, hedonic value dan product browsing berpengaruh terhadap behaviour impulsebuying. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer melalui kuesioner. Populasi penelitian ini ialah pengguna online shop di kota semarang yang pernah melakukan pembelian online. Metode sampel yang digunakan adalah kuota sampling. Jumlah responden yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 100 sampel. Hasill analisis datal denganl menggunakan uji parsiall (uji t), padal variabell Utilitarianl Value dil perolehl nilail tl hitungl sebesar 4.633 dan nilai Sig. Sebesar 0,000 < 0,05, diartikanl bahwal Hol ditolakl danl Hal diterimal yang berarti bahwal secaral parsiall Utilitarianl Value berpengaruh positif terhadap Behaviour Impulse Buying, makal dalaml penelitian inil dikatakanl bahwal secaral parsial Utilitarianl Value berpengaruhl signifikan terhadap Impulse Buying. Kemudian padal variabel Hedonic Value dil perolehl nilai tl hitung sebesar 4.708 danl Nilai Sig. Sebesar 0,000 < 0,05, diartikanl bahwal H0l ditolakl dan Hal diterima yangl berartil bahwal secaral parsiall Hedonic Value berpengaruhl positifl terhadap Behaviour Impulse Buying, makal dalaml penelitianl inil dapatl dikatakanl bahwal secaral parsiall Hedonic Value berpengaruhl signifikanl terhadap Impulse Buying dan padal variabel Product Browsing dil peroleh nilai tlhitung sebesar 6.183 dan nilai Sig. Sebesar 0,000 < 0,05, diartikan bahwal Hol ditolakl danl Ha diterima yangl berartil bahwal secaral parsiall Product Browsing berpengaruhl positifl terhadap Behaviour Impulse Buying,l makal dalaml penelitian inil dapatl dikatakanl bahwal secara parsial Product Browsing berpengaruhl signifikan terhadap Impulse Buying, apabila Product Browsing meningkat,l makal impulsebuying akanl mengalamipengingkatan.

Katal Kunci: Utilitarian Value, Hedonic Value, Product Browsing dan Behaviour Impulse Buying

References

DAFTARl PUSTAKA

AC Nielsen.(2011). Hasil Riset Konsumsil Medial di Indonesia. Nielsen

Chusniasari danl Prijati. 2015. Pengaruhl Online shopping lifestyle, fashionl Involvementl danl Hedonic Shoppingl Terhadap Impulsel Buying Pelanggan. Jurnall Ilmudanl Risetl Manajemen. Vol.4 (12).

Hamzaee KH,l Khonsari Y. 2011. Al review of the role of hedonic andl utilitarianl valuesl oncustomer’ssatisfactionandl BEHAVIOURal intentions. Interdisciplinary Journall of Researchl inl Business 1(5):34–45.

Hanzaeel KH, Rezaeyeh SP. 2013. Investigationl of the effects of hedonicl valuel andl utilitarianl value on Customer satisfactionl andl behavioural intentions. Africanl Journalof Businessl Managementl 7(11):818–825.

Haribowo, R., Fitriyatul Bilgies, A., Verawaty, V., Tannady, H., & Ratnawati, R. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endoser Terhadap Purchase Decision Produk Bakery Bittersweet By Najla. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 3220–3230.

Haribowo, R., Tannady, H., Yusuf, M., Wardhana, G. W., & Syamsurizal, S. (2022). Analisis Peran Social Media Marketing, Kualitas Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Rumah Makan Di Jawa Barat. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4024–4032.

Indrawati Devi. 2015. “Pengaruhl Citral Merek Dan Gayal Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelianl Jilbab Zoya”. JOURNALl of RESEARCHl inl ECONOMICSandl MANAGEMENT, Vol. 15,l No. 2, hal: 301-319.

Japarianto, E danl S. Sugiharto. 2011. Online shopping lifestyle memediasil hubunganl antaral Hedonic Utilitarianl Value terhadap Impulsel Buying. Jurnal Ekonomil danl Keuangan Juni 2016.Vol.20, No.2,l pp. 151 – 207.

Jones MA,l Reynolds KE, Arnold MJ. 2006. Hedonicl andl utilitarianl shopping value: Investigating differentiall effects onl retaill outcomes. Journal Business Researchl 59(9):974–981.

Kotler, Philip andl Kevinl Lane Keller. 2016. Marketing managementl global edition). Edisi15e. England: Pearson.

Levy,l M. and Bartonl a. Weitz. 2004. 5 thl edition. Retailingl management. New Yorkl: McGraw-Hill

Maftukhan, Muhamad. 2017. Online shopping lifestyle dan Store Environmentl Pengaruhnyal Terhadap Keputusan Pembelianl Baju Cosmic di Surabaya. Universitasl PGRIl Adi Buana.

Mohan, Getha., Bharadwaj Sivakumaran and Piyushl Sharma. (2013). Impact of Storel Environmentl onl Impulsel Buyingl BEHAVIOUR. Europeanl Journall of Marketing,l 47(10),l pp: 1711-1732.

Muruganantham, G. &l Bhakat, R.S.l 2013. Al Review ofl Impulsel Buyingl BEHAVIOUR. Internationall Journal ofl Marketing Studies. Vol.5, No.3 (149-160).

Siregar, A. P., Tannady, H., Jusman, I. A., Cakranegara, P. A., & Arifin, M. S. (2022). Peran Harga Produk Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Produk Cold Pressed Juice Re. Juve. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2657-2665.

Subagio H. 2011. Pengaruhl atributl supermarketl terhadap motif belanjal hedonikl motif belanjal utilitarianl danl loyalitas konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaranl 6(1):8–21.

Sucil Dwil Pangestu, Sril Suryoko. 2016. Pengaruhl Gaya Hidup (Lifestyle) dan Hargal Terhadap Keputusan Pembelianl (Studi Kasus padal Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Volume 5 Nomor1 Maret 2016.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CVAlfabeta

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumenl Teoril dan Penerapannyal dalaml Pemasaran,l Ghalial Indonesia. Bogor.

Suryani, S., Cakranegara, P. A., Budiasih, Y., Tannady, H., & Yohanes, T.S. (2022). Analisis Pengaruh Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Layanan Netflix. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 3238–3247.

Sutrisno, S., Tannady, H., Ekowati, D., Laura M.B.P.R., & Mardani, P. B. (2022). Analisis Peran Kualitas Produk Dan Visual Identity Terhadap Purchase Intention Produk Teh Dalam Kemasan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4129–4138.

Sutrisno, S., Tannady, H., Wahyuningsih, E. S., Supriatna, D., & Hadayanti, D. (2022). Analisis Peran Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Automotif City Car. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4139–4145.

Tirmizi, M. A., danl K. .U. Rehman., M.Il Saif. 2009. An empiricall study ofl consumer Impulse Buying BEHAVIOURl inl locall markets. Europeanl Journal of Scientific Research, Vol.28, No.4 , pp.522-532.

Downloads

Published

2023-01-02