Analisis Hubungan Resiliensi dan Kecerdasan Emosional pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4440Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan kecedasan emosional dengan resiliensi pada siswa kelas SMK di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Hipotesis yang diajukan peneliti adalah adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada siswa SMK. Sampel pada penelitian ini ialah 42 siswa kelas tiga dari dua jurusan yaitu Upaya Perjalanan Wisata dengan jumlah 20 siswa dan jurusan Perawatan Sosial dengan jumlah 22 siswa. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan dua skala yaitu, skala kecerdasan emosional dan skala resiliensi. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi product moment pearson dengan bantuan SPSS versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungna positif antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada sekolah tersebut dengan hasil r = 0,386, p = 0,012 <0,05 yang dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula resiliensinya dan begitu sebaliknya.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Resiliensi, Sekolah Menengah KejuruanReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amelia, S., Asni, E., & Chairilsyah, D. (2014). Gambaran Ketangguhan Diri (Resiliensi) pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Kedokteran, 1(2), 1–9.
Bukhori, B. (2008). Zikir al-Asma’al-Husna solusi atas problem agresivitas remaja. Rasail Media
Daud, Firdaus. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasill belajar biologis siswa SMA 3 Negeri kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2), 243-254
Empati, J., & Ediati, A. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Wanita Semarang. Empati, 5(3), 537–542.
Fauziya, L.,& Helena, N,.(2017). Hubungan kecerdasan emosional dengan resiliensi penyintas banjir. Jurnal Keperawatan Indonesia.148-157
Gusniwati, Mira. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di kecamatan kebon jeruk. Jurnal Formatif, 5(1), 26-41
Hadianti, S. W., Nurwati, N., & Darwis, R. S. (2017). Resiliensi Remaja Berprestasi Dengan Latar Belakang Orang Tua Bercerai. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 223–229. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14278
Ifdil & Taufik. (2012). Urgensi peningkatan dan pengembangan resiliensi siswa di Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan, XII(2), 115-121
Mufidah, Choril, Alaiya. (2017). Hubungan antara dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa bidikmisi dengan mediasi efikasi diri. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 68-74
Naufaliasari, Alrisa & Andriani, Fitri. (2013). Resiliensi pada wanita dewasa awal pasca kematian pasangan. Jurnal Psikologi, 2(2), 264-269
Naufaliasari, Alrisa & Andriani, Fitri. (2013). Resiliensi pada wanita dewasa awal pasca kematian pasangan. Jurnal Psikologi, 2(2), 264-269
Nay, Oktaviani, Theresia & Diah, Ruparin, Dewanti. (2013). Hubungan kecerdasan spiritual dengan resiliensi pada siswa yang mengikuti program akselerasi. Jurnal Psikologi, 8(2), 708-716
Pujawati, Zulva. (2016). Hubungan kontrol diri dan dukungan orang tua dan perilaku disiplin pada santri di pondok pesantren Darussa’adah Samarinda. Jurnal Psikologi, 4(2), 227-236
Putri, Annisa, Savira. (2020). Pengaruh religiusitas terhadap resiliensi pada santri pondok pesantren. Jurnal psikologi,8(1),69-78.
Septian, Tria & Fitria, Nurindah. (2016). Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa sekolah tinggi kedinasan. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 59-76
Setyowati, A., Dra. Sri Hartati, M., & Sawitri, D. R. (2010). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada siswa penghuni rumah damai Ana Setyowati, Dra. Sri Hartati, MS., Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si. Jurnal Undip, 1–25.
Setyowati, Ana.,dkk.(2010). Hubungan Ecerdasan Emosional Dengan Resiliensi Pada Siswa Penghuni Rumah Damai. Jurnal Psikologi1(7)
Siyoto, S.,& Sodik, Ali.(2015) Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Literasi Media Publishing.https://core.ac.uk
Suadnyana,Nyoman. (2016). Pengaruh kecerdasan intelektual pada pemahaman akuntansi dengan kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual sebagai variabel pemoderasi. Jurnal ilmiah akuntansi, 1(1), 62-76
Sukmaningpraja, A., & Santhoso, F. H. (2018). Peran Regulasi Emosi terhadap Resiliensi pada Siswa Sekolah Berasrama Berbasis Semi Militer. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(3), 184. https://doi.org/10.22146/gamajop.36944
Syafa,Gemelli. (2020). Hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri santri pondok pesantren. Skripsi. Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Thaib, Nauli, Eva. (2013). Hubungan antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional. Jurnal Ilmiah, XIII (2), 384-399
Uyun Zahrotul. (2012). Resiliensi dalam pendidikan karakter. Jurnal Psikologi, 200-208
Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2010 Mukti, Patria & Sujoko. (2016). Efektifitas pemberian motivation training terhadap kesiapan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Psikohumanika, VII(1),1-9
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Everhard Markiano Solissa, Muhammad Mujtaba Mitra Zuana, Nanny Mayasari, Gamar Al Haddar, Marlen Wariunsora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.