Pelanggaran HAM Dalam Konflik Israel dan Palestina Berdampak Terhadap Hilangnya Hak Asasi Manusia Khususnya Hak Anak di Palestina

Authors

  • Jagad Aditya Dewantara Universitas Tanjungpura
  • Sulistyarini Universitas Tanjungpura
  • Afandi Universitas Tanjungpura
  • Warneri Universitas Tanjungpura
  • Efiani Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4580

Abstract

Abstrak

Hak asasi manusia adalah kebebasan untuk memiliki kehidupan yang layak , dari segi ekonomi, pendidikan, social, agama, dan kesehatan. Kemampuan suatu bangsa untuk terlibat dalam kebebasan dasar menunjukkan adanya toleransi terhadap penurunan goyangan mereka di bidang ini. Terkait konflik anatara zionis Israel dan palestina yang telah mencuri perhatian dunia dimana menjadikan Israel untuk merebut wilayah palestina yang di percayai oleh zionis bahwa tanah itu adalah tanah terjanji oleh allah dan bagi aga islam tanah palestina adalah kiblat pertama bagi islam, yang diatas tanah itu berdiri sebuah masjid al Aqso, akibat perebutan wilayah ini lah menyebabkan zionis memerangi rakyat palestina, mulai dari meluncurkan rudal, bom dan tembakan, hal ini membuat kehancuran pada perbatasan jalur gaza dan memakan korban warga sipil sampai anak anak. Akibat peperangan ini anak anak menjadi korban dan hak asasinya dirampas seperti tidak mendapatkan pendidikan, social, kesehatan dan dirampas hak kebebasannya oleh zionis Israel.

Keyword: HAM, Konflik, Hak Anak

References

DAFTAR PUSTAKA

Bell, D. A., & Mo, Y. (2014). Harmony in the World 2013: The Ideal and the Reality. Social Indicators Research, 118(2), 797–818. https://doi.org/10.1007/s11205-013-0439-z

Hasani, I., Halili, H., & Balakrishnan, V. (2022). Undelivered constitutional justice? Study on how the decisions of the Constitutional Court of the Republic of Indonesia are executed. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(1), 45–52. https://doi.org/10.21831/jc.v19i1.48378

Hidayat, O. T., Muhibbin, A., Prasetiyo, W. H., Setyadi, Y. B., & Dewantara, J. A. (2020). Global Citizen Preparation : Enhancing Early Childhood Education through Indonesian Local Wisdom. 8(10), 4545–4554. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081023

Jailani, M., Dewantara, J. A., & Rahmani, E. (2021). The Awareness of Mutual Respect Post-Conflicts: Ethnic Chinese Strategy through Social Interaction and Engagement in West Kalimantan. Journal of Human Behavior in the Social Environment. https://doi.org/10.1080/10911359.2021.1990170

Japar, M. (2018). The Improvement of Indonesia Students “Engagement in Civic Education through Case-Based Learning.” Journal of Social Studies Education Research.

Kiesling, S. F., & Paulston, C. B. (2004). Intercultural Discourse and Communication: The Essential Readings. In Intercultural Discourse and Communication: The Essential Readings. Wiley-Blackwell. https://doi.org/10.1002/9780470758434

Martono, Dewantara, J. A., Efriani, & Prasetiyo, W. H. (2021). The national identity on the border: Indonesian language awareness and attitudes through multi-ethnic community involvement. Journal of Community Psychology, 50(January 2022), 1–15. https://doi.org/10.1002/jcop.22505

Sulistyarini, S., Dewantara, J. A., Purnama, S., & Mirzachaerulsyah, E. (2021). Transnationalism Threat To the Indonesian Society in the Border Area of Indonesia-Malaysia (Study on Camar Bulan Society). Jurnal Pertahanan: Media Informasi Tentang Kajian Dan Strategi Pertahanan Yang Mengedepankan Identity, Nasionalism Dan Integrity, 7(3), 484–500. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33172/jp.v7i3 .1346

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles