Peranan Himpunan Mahasiswa (Hima) Terhadap Pengembangan Public Speaking pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UNTAN
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4608Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui 1) Peran organisasi HMPPKn FKIP UNTAN, 2) Peningkatan Public Speaking mahasiswa program studi PPKn FKIP UNTAN, 3) Peran organisasi HMPPKn FKIP UNTAN dalam meningkatkan Public Speaking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis survei. Subjek dalam penelitian ini adalah beberapa anggota HMPKn FKIP UNTAN 2021. Informan penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu dengan menggunakan pertimbangan tertentu sehingga data dari informan tidak sembarangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa (1) Organisasi HMPPKn FKIP UNTAN mempunyai peran penting kepada mahasiswa program studi PPKn FKIP UNTAN dilihat dari program kerja pengembangan potensi yang dilaksanakan setiap saat sesuai dengan divisi, (2) Peningkatan Public Speaking di organisasi HMPPKn FKIP Untan, (3) Organisasi HMPPKn FKIP UNTAN memiliki peran penting kepada mahaiswa dalam peningkatan soft skill di program studi PPKn, dapat dilihat dari proses pembiasaan yang dilakukan kegiatan-kegiatan program kerja secara terus menerus dan berulang-ulang.
Kata Kunci: Organisasi HMPPKn FKIP UNTAN, Mahasiswa, Public Speaking Mahasiswa
References
DAFTAR PUSTAKA
Adha, Kholifatul. 2014. Panduan Mudah Public Speaking. Jakarta: Notebook.
Balqis Khayyirah. 2013. Cara Pintar Berbicara Cerdas di Depan Publik. Jogjakarta: DIVA Press
Fukuyama, F. 1996. Trust The Social Virtues and the Creation of Prosperity. London: Penguin Books
Hamilton, C. (2003). Essentials of Public Speaking, 2nd ed. CA: Wadsworth/Thomson Learning
Hasibuan, Malayu, S.P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarat: Bumi Aksara
Hendriyani dan Yohanna Purnama Dharmawan. (2011). Pengantar Public Speaking. 1– 151 Management. New York: A. Wiley Trans Ed. By John Wiley & Sons Inc
Idauli, A. R., Fitri, E., & Supriyono, S. (2021). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Perkembangan Keterampilan Non Teknis Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Academy of Education Journal, 12(2), 311–321.
Kurnia, H. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. Academy of Education Journal, 5(2), 91–103.
Kurniawansyah, E., Fauzan, A., & ... (2021). Pola Pembelajaran pada Anak Autis di SLB Negeri 1 Sumbawa. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 9(1), 11–17.
Mahardin, Ahmad Fauzan, Muliati, & Nurmawadah Rahmah. (2022). Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 107–112.
Mustikawati, R. I., Nugroho, M. A., Setyorini, D., Novi, A., Yushita, A. N., & Timur, R. P. (2016). Analisis Kebutuhan Soft Skill Dalam Mendukung Karir Alumni Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(2), 13–20.
Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).
Purwanto, A. B. (2015). Pengembangan Soft Skills Dan Reliability Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah. Buletin Bisnis & Manajemen Reliability, 01(01), 14–30.
Rokhimawan, M. A. (2012). Pengembangan Soft Skill Guru Dalam Pembelajaran Sains Sd/Mi Masa Depan Yang Bervisi Karakter Bangsa. Al-Bidayah, 4(1), 49–61.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pneidikan. Bandung: Alfabeta
Tanjung, F. A., Windarto, A. P., & Fauzan, M. (2021). Penerapan Metode K-Means Pada Pengelompokkan Pengangguran Di Indonesia. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 6(1), 61–74.
Tilaar, H.A.R. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.
Widiyarto, S. (2017). Peranan Soft Skill Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Semantik, 6(2), 31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jagad Aditya Dewantara, Sulistyarini, Maria Ulfa, Warneri, Afandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.