Pengurangan Risiko Bencana: Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4700Abstract
Abstrak
Tujuan berbangsa dan bernegara dinyatakan dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, diantara yang wajib untuk dilindungi ialah semua komponen yang membentuk bangsa mulai dari rakyat, kekayaan alam termasuk melindungi bangsa dan negara dari ancaman bencana. Pemerintah memiliki keterbatasan dalam mitigasi bencana salah satu solusinya ialah memberikan edukasi pada masyarakat luas terutama pada siswa sekolah sebagai tindakan preventif menghadapi bencana. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan pengetahuan siswa/i terhadap kesiapsiagaan bencana melalui sosialisasi pengurangan risiko bencana. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian sosialisasi kebencanaan sebagai upaya pengurangan risiko bencana alam diantaranya: (1) Memperkenalkan alat-alat peringatan dini seperti handi talkie dan pengeras suara, (2) Menyampaian materi tentang kebencanaan, (3) Memberikan pelatihan dan praktik kepada siswa/i tentang cara melakukan evakuasi dan pertolongan pada korban bencana, (4) Memperkenalkan ruang berlindung yang aman seperti lapangan sebagai tempat berkumpul saat terjadi bencana. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kegiatan sosialisasi merupakan salah satu upaya mitigasi non struktural untuk mengurangi risiko bencana sehingga diharapkan siswa/i lebih mempersiapkan diri dengan baik dalam hal mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh bencana.
Kata Kunci: Sosialisasi; Pengurangan Risiko Bencana; Sekolah Bunyan Indonesia
References
DAFTAR PUSTAKA
Afrian, R., & Islami, Z. R. (2018). Kajian Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi Pada Masyarakat Dan Pemerintah Kota Langsa. Jurnal Pendidikan Geosfer, III, 1–7.
Astuti, S. I., & Sudaryono. (2010). Peran Sekolah dalam Pembelajaran Mitigasi Bencana. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 1(1), 30–42.
Bastidas, P., & Petal, M. (2012). Assessing School Safety from Disasters. A Global Baseline Report. International Strategy for Disaster Reduction, January 2014, 103. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2302.0640
BNPB.Infografis Bencana Tahun 2022. Retrieved April 26, 2023, from https://bnpb.go.id/infografis/infografis-bencana-tahun-2022
CRED.(2009).EM-DAT. The International Disaster Database. https://www.emdat.be/index.php
Creswell, & W, J. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing among Five Approaches (Third Edit). SAGE Publications Ltd.
Dien, R.Kumaat, M. (2015). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa Smp Kristen Kakaskasen Kota Tomohon. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), 110175.
J. Twigg, & Lavell. (2006). Disaster Early Warning Systems : People , Politics and Economics. June. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15403.26401
Rahma, A. (2018). Implementasi Program Pengurangan Risiko Bencana(PRB) Melalui Pendidikan Formal. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6537
Setyorini, T. (2021). 4 Gunung di Indonesia yang Erupsinya Sebabkan Bencana Dunia. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/gaya/4-gunung-di-indonesia-yang-erupsinya-sebabkan-bencana-dunia.html
Shaw, R., Takeuchi, Y., & Fernandez, G. (2012). School Recovery Lessons from Asia Church World Service-Asia/Pacific(CWS). 72. http://www.preventionweb.net/files/27356_schoolrecoveryiedmkyotouniversity.pdf
Susanti, B. T., Dewi, Y. T. N., & Sunarimahingsih, Y. T. (2018). Pengembangan Strategi Pengurangan Risiko Bencana Untuk Kawasan Kota Lama Semarang. Semarang: Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang dan UNESCO
Susilawati N. (2021). Memantapkan Pemahaman Pancasila Sebagai Dasar Negara Untuk Mencapai Tujuan Nasional. Jurnal Prajaiswara, 2(1), 48. https://prajaiswara.jambiprov.go.id
Syamsul, M., Rudy, P., A., K. R., & Euis, S. (2012). Kontestasi Pengetahuan dan Pemaknaan Tentang Ancaman Bencana Alam (Studi Kasus Ancaman Bencana Gunung Merapi). Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 3, 1–13.
Yulianto, S., Apriyadi, R. K., Aprilyanto, A., Winugroho, T., Ponangsera, I. S., & Wilopo, W. (2021). Histori Bencana dan Penanggulangannya di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Keamanan Nasional. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 180–187. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.180-187.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ihsan, Fauzi Bahar, Christine S. Marnani, Pujo Widodo, Wilopo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.