Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum Untuk Menjamin Keadilan dan Kedamaian Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tapa
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4800Abstract
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tapa. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan pre-test yang diukur melalui pengamatan serta interpretasi data melalui analisis siklus 1 dan siklus 2 guna mengukur tingkat keberhasilan metode pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu terlihat pada Siklus I dimana, pembelajaran menunjukkan bahwa dari enam aspek kegiatan guru yang diamati, dua aspek (33,3%) dinilai sangat baik, sedangkan empat aspek lainnya (66,7%) dinilai baik. kemudian Pada siklus kedua, 85,7% siswa memperoleh nilai 7,7 ke atas. Oleh karena itu dapat disimpulkan, Secara keseluruhan, model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dalam Masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing, Siswa Kelas XII IPS, SMAN 1 TAPA
References
DAFTAR PUSTAKA
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan (Hal. 18-25). Palembang: Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Hidayah, N., & Okatini, M. (2014). Peranan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Nail Art. Jurnal Tata Rias, 3(1), 15-20.
Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pembelajaran kooperatif.
Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Urnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.
Maulana, R. W., Kurniasih, K., & Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Finansial Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 14-20.
Manoppo, R., Pomalato, S. W. D., Zakiyah, S., & Puloo, M. M. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segiempat. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 93-99.
Nasrun, A. R., & Nasrun, A. R. (2015). Psikologi Belajar. None, 6, 56878.
Raharjo, S. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532.
Rosidah, A. (2017). Penerapan model pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).
Putri, D. P. (2017). Pengaruh pembelajaran kooperatif think talk write terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 75-100.
Yatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Srijanti Y. Mooduto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.