Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum Untuk Menjamin Keadilan dan Kedamaian Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tapa

Authors

  • Srijanti Y. Mooduto SMA Negeri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4800

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta meningkatkan hasil belajar siswa pada materi  perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tapa. Metode penelitian  yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan pre-test yang diukur melalui pengamatan serta interpretasi data melalui analisis  siklus 1 dan siklus 2 guna mengukur tingkat keberhasilan metode pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu terlihat pada Siklus I dimana, pembelajaran menunjukkan bahwa dari enam aspek kegiatan guru yang diamati, dua aspek (33,3%) dinilai sangat baik, sedangkan empat aspek lainnya (66,7%) dinilai baik. kemudian Pada siklus kedua, 85,7% siswa memperoleh nilai 7,7 ke atas. Oleh karena itu dapat disimpulkan, Secara keseluruhan, model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dalam Masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian. 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing, Siswa Kelas XII IPS, SMAN 1 TAPA

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan (Hal. 18-25). Palembang: Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Hidayah, N., & Okatini, M. (2014). Peranan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Nail Art. Jurnal Tata Rias, 3(1), 15-20.

Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pembelajaran kooperatif.

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Urnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.

Maulana, R. W., Kurniasih, K., & Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Finansial Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 14-20.

Manoppo, R., Pomalato, S. W. D., Zakiyah, S., & Puloo, M. M. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segiempat. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 93-99.

Nasrun, A. R., & Nasrun, A. R. (2015). Psikologi Belajar. None, 6, 56878.

Raharjo, S. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532.

Rosidah, A. (2017). Penerapan model pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).

Putri, D. P. (2017). Pengaruh pembelajaran kooperatif think talk write terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 75-100.

Yatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2).

Downloads

Published

2023-05-08

Issue

Section

Articles