Perspektif Pendidikan Dalam Penggiat Seni (Studi Kasus di Desa Bandungrejo, Magelang, Jawa Tengah)

Authors

  • Windi Susetyo Ningrum Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4802

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah salah satu hal yang terpenting di Indonesia karena dapat merubah nasib dan menaikan status seseroang. Namun sayangnya prinsip tersebut tidak dipegang oleh semua orang karena melihat adanya persaingan dalam dunia kerja, setelah menempuh pendidikan yang tinggi. Jumlah lulusan dan lapangan kerja berbanding terbalik, sehingga mengakibatkan banyak pengangguran di Indonesia. Prinsip akan investasi sumber daya manusia dalam ranah pendidikan, kurang dirasakan oleh masyarakat pedesaan. Desa Bandungrejo yang berada di lereng gunung Merbabu, sebagian besar adalah penggiat seni (seni tari). Keeksistensian kelompok seni tersebut sudah merambah ke ranah nasional karena pernah di undang dalam acara tujuh belasan di Istana Merdeka. Meskipun mereka sudah berpetualang ke berbagai tempat, tidak menggugah mereka untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini membahas mengenai perspektif masyarakat Bandungrejo dalam hal pendidikan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

Kata Kunci: Pendidikan, Masyarakat Desa, Antropologi, Petani, Penggiat Seni.

References

DAFTAR PUSTAKA

Gusli Tan, dkk. (2021). Kebijakan Sistem Pendidikan Indonesia: Keterkaitan Dunia Sekolah dengan Dunia Kerja Sebuah Alternatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3 No 5 Tahun 2021 Hlm.2551-2562.

Hasbullah. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Ihromi, T.O. (2006). Pokok-Pokok Antropologi Budaya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Irwan. (2017). Persepsi Keluarga Petani Terhadap Pendidikan Formal Anak Di Desa Sungai Toman Kecamatan Salatiga Kabupaten Sambas. Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura.

Lexi. J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Salma, Nurul. (2016). Makna Pendidikan Anak Bagi Masyarakat Petani Di Desa Munggu Kecamatan Pertanahan Kabupaten Kebumen. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 5 Vol. V Tahun 2016. Hlm. 502-513.

Septiarti, S.W., dkk. (2017). Sosiologi dan Antropologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Soekarwati. (1987). Prinsip-Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Ed Revisi. Bandung: Alfabeta.

Suparto. (1987). Sosiologi dan Antropologi. Bandung: Aramico.

Tilaar, H.A.R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1945 tentang Hak dan Kewajiban dalam Pendidikan dan kebudayaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional.

Undang-Undang Sisdiknas Tahun 2003 Tentang penertian dan Tujuan Pendidikan Nasional.

Warsani, Henki. (2013). Kajian Pemanfaatan Lahan di Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-01