Faktor Kesulitan Dalam Melaksanakan Ketrampilan Menjelaskan Pembelajaran Ekonomi Pada PPL Mahasiswa FKIP UNTAN
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4866Abstract
Abstrak
Focus penelitian Ini adalah Faktor Kesulitan Dalam Melaksanakan Keterampilan Menjelaskan Pembelajaran Ekonomi Pada saat melaksanakan PPL Mahasiswa FKIP Untan. Alasan pemilihan focus penelitian dilatarbelangkangi dengan fenomena yang terjadi dikalangan para mahasiswa ketika melaksanakan micro teaching (PPL1) di FKIP sering mengalami kesulitan dalam melasanakan praktek mengajar pada mata kuliah PPL, pada umumnya sehingga kurang mempeoleh nilai maksimal pada setiap aspek yang dinilai. Berdasarkan hasil pengamatan pada sejumlah mahasiswa pada umumnya ketika melaksanakan PPL ternyata mereka memiliki kelemahan dan sangat kurang dalam teknik menyampaikan informasi pelajaran terutama tentang kemampuan keterampilan menjelaskan. Oleh karena sangat perlu mereka diberikan motivasi oleh para pembimbing dalam upaya meningkatkan kemampuannya, khusus pada keterampilan menjelaskan. Kemampuan menjelaskan memiliki korelasi dengan keterampilan lainnya seperti keterampilan bebahasa, keterampilan bervariasi penguasaan materi,keterampilan memilih media pembelajaran, bahasa tubuh dan seni mengajar dan lainnya, sehingga ketrampilan menjelaskan pembelajaran merupakan keterpaduan dan sincronisasi Dari berbagai keterampilan dan seni mengajar, untuk menyapaikan informasi, agar materi yang disampaikan mudah dicerna atau dipahami dan diterima oleh peserta didik, Faktor inilah yang menjadi focus penelitian yang akan diidentifkiasi Dari bobot kesulitannya selanjutnya dijadikan dasar oleh peneliti sebagai acuan dalam pelaksanaan mikro teaching untuk memerbaiki kualitas pembelajaran dalam simulasi atau praktek pelaksanaan PPL 1, namun dalam upaya meningkatkan kualitas mendidik dan melatih calon guru maka bagi para pembimbing telebih dahulu harus mengetahui faktor-faktor kesulitan yang menjadi problem para mahasiswa calon guru khusus dalam keterampillan menjelaskan melalui penelitian terlebih dahulu dengan judul tersebut diatas dan diharpkapkan peberian treatmen yang dilakukan 0leh pembimbing kepada mahasiswa relevan dengan permasalahannya.
Kata Kunci: Kesulitan Melaksanakan Keterampilan Menjelasan dan Pembelajaran Ekonomi
References
Arends, L. Richard. (2007). Learning To Teach, Belajar Untuk Mengajar, Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bruce, Joice dan Weil Marsha. (2011). Model Of Teaching 8th (ed.). New Jersey: Prentice -Hall, Englwood Cliffts.
Uno, Hamzah. (2011). Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Buchari Alma. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar, Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru, Bandung : Yrama Widya.
Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengaja, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ely, P. Donald. (2002). Trends in Educational Technology. Fifth Edition. New York: Eric Clearing House On Information & Technology Syracuse University.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Gregory H. Gayle and Carolyn. Chapman. (2007) : Differentiated Instructional, Strategies., One Size Does’t Fit All., Second Edition. California.
Isjoni. (2012). Pembelajaran Kooperatif, Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lubis, Grafura dan Ari, Wjayanti. (2012). Metode dan Strategi Pembelajaran Yang Unik. Jakarta: Bumi Aksara.
Miarso, Yusufhadi. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Moore, D. Kennetf. (2005). Effective Instructional Strategies, From Theory To Practice. New Delhi: Sage Publications.
Mudjiono dan Dimyati. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Mulyasa. (2014). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyadi Sri Kamulyan. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Diktat Kuliah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Udin Syaefudin Saud. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Marno & M. Idris. (2008). Strategi & Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar-RuzzMedia
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Warneri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.