Inovasi Aplikasi MEMPAN (Membumikan Pancasila) Berbasis Website Sebagai Ruang Edukasi dan Aktualisasi Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4939Abstract
Abstrak
Tulisan ini merupakan karya tulis yang dirancang dari suatu gagasan ilmiah tentang inovasi aplikasi MEMPAN (Membumikan Pancasila) berbasis website sebagai ruang edukasi dan aktualisasi Pancasila. Inovasi ini hadir sebagai upaya tim penulis untuk mengatasi berbagai masalah pada kualitas edukasi dan aktualisasi Pancasila yang kurang optimal dilingkungan Universitas Negeri Medan karena masih mengandalkan proses pembelajaran Pancasila berbasis lesson learning saja yaitu pemberian materi dan tugas saja. Hal ini akan berdampak buruk terhadap tingkat kepercayaan generasi muda terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia yang bisa menurun. masalah moral dan etika pada generasi muda juga tidak lepas dari rendahnya kepercayaan dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Selain itu juga menjadi sumber masalah jika kualitas tenaga pendidik masih belum mampu menghadirkan inovasi yang dapat membuat pembelajaran Pancasila lebih menarik dan inovatif. Olehkarenanya, penulis menyimpulkan butuhnya tindakan untuk membumikan Pancasila dikalangan mahasiswa agar mereka tidak kehilangan keyakinan terhadap ideologi Pancasila serta tindakan tersebut harus digagas dalam balutan inovatif yaitu aplikasi website bernama MEMPAN. Membumikan Pancasila melalui inovasi website MEMPAN akan berdampak baik juga terhadap kualitas pendidikan Pancasila yang sinkron dengan upaya pendidikan yang berkelanjutan karena desainnya yang kekinian atau inovatif.
Kata Kunci: Membumikan Pancasila, Inovasi, Website.
References
DAFTAR PUSTAKA
Andi, F., & dkk. (2019). Membumikan Pancasila. Jakarta: Badan Pengkajian MPR RI .
Fitria, M. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pengembangan Model Oidde Berbantuan Studi Kasus Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 180.
Gynther, P., & Ahlquist, E. M. (2022). Education for Sustainability and Global Citizenship for 6-12-year-olds in Montessori Education. SAGE Publications, 16(1-2), 6.
Hariri, C. A., & Yayuk, H. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 3.
Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2021). Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. Jagaddhita, 1(1), 21.
Laraspati, A. (2021, Oktober 25). Survei Ungkap Nilai Pancasila Belum Diterapkan, Bamsoet: Sangat Ironis. Retrieved Juli 20, 2022, from news.detik.com: https://news.detik.com/berita/d-5782185/survei-ungkap-nilai-pancasila-belum-diterapkan-bamsoet-sangat-ironis
Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2019). Desain Pembelajaran Inovatif. Depok: Rajawali Pers.
Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 457.
Robová, J. (2013). The impact of web sites on teaching and learning mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences , 93, 631.
Serdyukov, P. (2017, April 3). Innovation in education: what. Emerald Insight, 5.
UNESCO, D. E. (2021, September 10). UNESCO Strategy on Technological Innovation in Education (2022–2025). Retrieved Juli 20, 2022, from unesdoc.unesco.org: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000378847
Wandi. (2021, Mei 29). Pancasila Pijakan Kuat di Era Globalisasi. Retrieved Juli 20, 2022, from infopublik.id: https://infopublik.id/kategori/nasional-politik-hukum/536650/pancasila-pijakan-kuat-di-era-globalisasi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdinur Batubara, Maryatun Kabatiah, Fazli Rachman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.