Inovasi Aplikasi MEMPAN (Membumikan Pancasila) Berbasis Website Sebagai Ruang Edukasi dan Aktualisasi Pancasila

Authors

  • Abdinur Batubara Universitas Negeri Medan
  • Maryatun Kabatiah Universitas Negeri Medan
  • Fazli Rachman Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4939

Abstract

Abstrak

Tulisan ini merupakan karya tulis yang dirancang dari suatu gagasan ilmiah tentang inovasi aplikasi MEMPAN (Membumikan Pancasila) berbasis website sebagai ruang edukasi dan aktualisasi Pancasila. Inovasi ini hadir sebagai upaya tim penulis untuk mengatasi berbagai masalah pada kualitas edukasi dan aktualisasi Pancasila yang kurang optimal dilingkungan Universitas Negeri Medan karena masih mengandalkan proses pembelajaran Pancasila berbasis lesson learning saja yaitu pemberian materi dan tugas saja. Hal ini akan berdampak buruk terhadap tingkat kepercayaan generasi muda terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia yang bisa menurun. masalah moral dan etika pada generasi muda juga tidak lepas dari rendahnya kepercayaan dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Selain itu juga menjadi sumber masalah jika kualitas tenaga pendidik masih belum mampu menghadirkan inovasi yang dapat membuat pembelajaran Pancasila lebih menarik dan inovatif. Olehkarenanya, penulis menyimpulkan butuhnya tindakan untuk membumikan Pancasila dikalangan mahasiswa agar mereka tidak kehilangan keyakinan terhadap ideologi Pancasila serta tindakan tersebut harus digagas dalam balutan inovatif yaitu aplikasi website bernama MEMPAN. Membumikan Pancasila melalui inovasi website MEMPAN akan berdampak baik juga terhadap kualitas pendidikan Pancasila yang sinkron dengan upaya pendidikan yang berkelanjutan karena desainnya yang kekinian atau inovatif.

Kata Kunci: Membumikan Pancasila, Inovasi, Website.

References

DAFTAR PUSTAKA

Andi, F., & dkk. (2019). Membumikan Pancasila. Jakarta: Badan Pengkajian MPR RI .

Fitria, M. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pengembangan Model Oidde Berbantuan Studi Kasus Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 180.

Gynther, P., & Ahlquist, E. M. (2022). Education for Sustainability and Global Citizenship for 6-12-year-olds in Montessori Education. SAGE Publications, 16(1-2), 6.

Hariri, C. A., & Yayuk, H. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 3.

Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2021). Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. Jagaddhita, 1(1), 21.

Laraspati, A. (2021, Oktober 25). Survei Ungkap Nilai Pancasila Belum Diterapkan, Bamsoet: Sangat Ironis. Retrieved Juli 20, 2022, from news.detik.com: https://news.detik.com/berita/d-5782185/survei-ungkap-nilai-pancasila-belum-diterapkan-bamsoet-sangat-ironis

Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2019). Desain Pembelajaran Inovatif. Depok: Rajawali Pers.

Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 457.

Robová, J. (2013). The impact of web sites on teaching and learning mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences , 93, 631.

Serdyukov, P. (2017, April 3). Innovation in education: what. Emerald Insight, 5.

UNESCO, D. E. (2021, September 10). UNESCO Strategy on Technological Innovation in Education (2022–2025). Retrieved Juli 20, 2022, from unesdoc.unesco.org: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000378847

Wandi. (2021, Mei 29). Pancasila Pijakan Kuat di Era Globalisasi. Retrieved Juli 20, 2022, from infopublik.id: https://infopublik.id/kategori/nasional-politik-hukum/536650/pancasila-pijakan-kuat-di-era-globalisasi

Downloads

Published

2023-06-08

Issue

Section

Articles