ANALISIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN PEDOFILIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v3i1.516Abstract
AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji bentuk perlindungan hukum terhadap anak sebagai pedofilia berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan mengetahui upaya pemerintah dalam melindungi korban pedofilia. Metode dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian hukum normatif. Penelitian dilakukan dengan melakukan pendekatan perundang-undangan dan perbandingan. Data yang digunakan merupakan data sekunder, yaitu data yang bersumber dari bahan pustaka. Pemaparan data dilakukan dengan mendiskripsikan literatur yang diperoleh dan dianalisis sesuai dengan kajian yang menjadi fokus pembahasan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat deduktif dan induktif. Simpulan dari penulisan skripsi ini antara lain: (1) Bentuk perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban pedofilia yaitu: Berdasarkan undang-undang no 11 tahun 2012 antara lain: a). Jaminan keselamatan, baik fisik, mental maupun sosial pada pasal 58 b) Pada saat memeriksa Anak Korban/atau saksi, hakim dapat memerintahkan agar anak dibawa keluar ruang sidang, (2) pada saat pemeriksaan a) Hak mendapatkan pendampingan, dan b) Hak menjalani peradilan dalam situasi khusus untuk anak perkara. Upaya pemerintah sebagai upaya penanggulangan tindak pidana pedofilia yaitu: a) penyuluhan hukum intansi penegak hukum, b) penyuluhan rohani/ agama, c) Melalui upaya preventif, dan d) Melalui upaya represif.
Kata kunci : Anak Korban, Anak Saksi, Pedofilia, Perlindungan Hukum.
Â
Abstract
The purpose of thesis research is to know and examine the form of legal protection of children as victims of pedophilia based on the law number 11 of 2012 on the Criminal Justice System of Children and know the government's efforts to protect victims of pedophilia. Method in writing this thesis is normative law research. Research is done by approaching legislation and comparison. The data used is secondary data, ie data that comes from library materials. Data exposure is done by describing the literature obtained and analyzed in accordance with the study that became the focus of discussion. Data analysis used in this research is descriptive which is deductive and inductive. The conclusions of this thesis writing are: (1) The form of legal protection for children as victims of pedophilia, namely: Based on the law no 11 of 2012, among others: a). Security guarantee, physical, mental and social in Article 58. (b) when examining the Victim's Child / or witness, the judge may order the child to be taken out of the courtroom, (2) at the time of the examination a) The right to receive counseling, and b) The right to conduct the trial in a special situation for the child. Government efforts as an effort to overcome pedophile crime are: a) law enforcement law enforcement agencies, b) spiritual / religious counseling, c) through preventive efforts, and d) Through repressive efforts.
Keywords: Children Who Were Victims or Witnesses, Phedophile, Legal Protectio
References
DAFTAR PUSTAKA
Agus Wibowo, 2014. Pendidikan Karakter Perguruan Tinggi. Yogykarta: Pustaka Pelajar
Bertens, K. 2011. Etika. Yogyakarta: Kanisius
Djam’an, S dan Aan, K. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Fahim Tharaba, 2016. Sosiologi Agama.Malang: Madani
Imam Subakhan, 2011. Hiruk Pikuk Wacana Pluralisme Di Yogyakarta. Yogyakarta: Kanisius
Kaelan, 2010. Pendidikan Pancasila Yogyakarta: Paradigma
Karsadi, 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
M. Djamal, 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
M. Hasbullah, 2015. Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Otto Gusti Madung, 2017. Post- Sekularisme, Toleransi dan Demokrasi. Nusa Tenggara Timur: Ledalero.
Purwadarminta, 2012. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Puslitbang Kehidupan Keagamaan. 2010. Toleransi Beragama Mahasiswa (Studi Tentang Pengaruh Kepribadian, Keterlibatan Organisasi, Hasil Belajar Pendidikan Agama Dan Lingkungan Pendidikan Terhadap Toleransi Mahasiswa Berbeda Agama Pada 7 Perguruan Tinggi Umum Negeri). Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.