Peran Interaksi Sosial Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK Al Istiqomah

Authors

  • Azivah Zahrianis Universitas Negeri Medan
  • Nabila Riyani Amanda Saragih Universitas Negeri Medan
  • Riska Tri Andini Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6002

Abstract

Abstrak Perkembangan bahasa Indonesia sangat penting karena komunikasi juga penting untuk tahapan perkembangan dari anak-anak tersebut. Dengan berbahasalah mereka berkomunikasi dan interaksi sosialSalah satu stimulasi yang bisa kita gunakan dalam meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini adalah dengan berinteraksi sosial. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran interaksi sosial dalam meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini tersebut. Subjek penelitian melibatkan 10 siswa dari TK Istiqomah di mana 3 diantaranya mengalami pribadi yang improver dan menutup diri dari teman-temannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pengamatan dan wawancara dengan guru serta observasi terhadap siswa selama periode tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran interaksi sosial dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini.

Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Interaksi Sosial, Anak Usia Dini

 

Abstract

The development of the Indonesian language is very important because communication is also important for the development stages of these children. It is through language that they communicate and have social interaction. One of the stimuli that we can use to improve language development in early childhood is social interaction. Therefore, this study aims to investigate the role of social interaction in improving language development in early childhood. The research subjects involved 10 students from Istiqomah Kindergarten, 3 of whom experienced personal improvement and closed themselves off from their friends. The research methods used are observations and interviews with teachers as well as observations of students during a certain period. The research results show that the role of social interaction can improve language skills in early childhood.

Keywords: Language Development, Social Interaction, Early Childhood

References

DAFTAR PUSTAKA

“Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui.” Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Madura. Tersedia di: https://journal.trunojoyo.ac.id

“Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia.” Ejournal Undiksha. Tersedia di: https://ejournal.undiksha.ac.id

“Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini.” Pusat Jurnal UIN Ar-Raniry. Tersedia di: https://jurnal.ar-raniry.ac.id

“Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode.” Rumah Jurnal IAIN Ponorogo. Tersedia di: https://jurnal.iainponorogo.ac.id

“Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari.” Journal UIR. Tersedia di: https://journal.uir.ac.id

Adhitya, P. A., & Riyadi, S. (2019). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-30.

Ananda, S. S., & Putra, A. B. (2020). “Kiat Praktis Mendukung Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini”. Penerbit PT Indeks.

Herawati. “Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Tersedia di: https://obsesi.or.id/article/view

Indrawan, I. G. A. M., & Dewi, N. M. A. A. S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 5(2), 100-110.

Journal Uhamka judul: “Pengaruh Interaksi Sosial di Lingkungan Rumah Terhadap…”

Kartika, R. A., & Widiastuti, D. (2022). “Peran Lingkungan Sekolah dalam Pengembangan Bahasa Anak”. Penerbit Erlangga.

Lembaga Naskah Aceh Judul: “Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini | TIFLUN”

UIN Raden Mas Said Surakarta judul: “Stimulasi Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita”

Universitas Negeri Yogyakarta judul: “Draft Buku Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini”

Downloads

Published

2024-03-09

Issue

Section

Articles