Implementasi Manajemen Program Unggulan Prodistik Dalam Meningkatkan Skill Peserta Didik Berbasis IT di Ma Zainul Hasan 1 Genggong

Authors

  • Irna Tanti Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Nanang Qosim Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Nur Hayati Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6028

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan agar peserta didik dapat memperoleh skill IT untuk lulusan MA Zainul Hasan 1 Genggong dengan menerapkan program unggulan prodistik. MA Zainul Hasan 1 Genggong berkolaborasi dengan Universitas Negeri Malang Fakultas Pendidikan dan Prodi Teknologi Pendidikan. Kerjasama ini mengingatkankan bahwasannya teknologi informasi sangat penting pada perkembangan zaman ini. Perencanaan program prodistik merupakan perancangan kegiatan pembelajaran, suatu rangkaian yang mana pendidik medampingi, dan membimbing siswa agar memperoleh pengetahuan dan untuk mencapai pembelajaran yang telah diterapkan melalui proses menyiapkan bahan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran, penggunaan teknik pengajaran dan penetapan evaluasi, yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Dalam metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dari program prodistik ini memperlihatkan bahwasannya program dirancang menggunakan data dan fakta yang benar. Program ini mempunyai tujuan yang jelas yaitu mencetak siswa MA Zainul Hasan 1 Genggong memiliki ilmu pengetahuan di bidang IT yang amat di butuhkan di zaman sekarang.

Kata Kunci: Implementasi Manajemen Prodistik, Peserta Didik, Skill IT

 

Abstract

This research aims to ensure that students can obtain IT skill for MA Zainul Hasan 1 Genggong graduates by implementing superior prodistics programs. MA Zainul Hasan 1 Genggong collaborates with the state University of Malang, Faculty of Education and Educational Technology Studi Program. This collaboratioan reminds us that information technology is very important in today’s developments. Prodstic program planning is the design of learning activities, a series in which educators accompany and guide students to gain knowledge and to actieve the learning that has been implementasi through the process of preparing learning materials using learning methods and approaches, using teaching techniques and determining evaluations, which will be carried out in certain period of time, in this research method, qualitative methods used, this productivist program shows that the program was designed using correct data and facts. This program has a clear goal, namely to produce MA Zainul Hasan 1 Genggong students whith knowledge in the IT field which is really needed nowadays.

Keyword: Implementasi of Product Management, Students, IT Skills

References

DAFTAR PUSTAKA

Arba’atun, Arba’atun, and Nurul Saniah. “Hubungan Antar Manusia Dalam Administrasi Dan Bentuk-Bentuk Kemitraan Strategis Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Education Achievement: Journal of Science and Research 1, no. 1 (2020): 1–12. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.49.

Arifudin, Moh., Fathma Zahara Sholeha, and Lilis Fikriya Umami. “Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 02 (2021): 146–60. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.3720.

Genggong, MA Zaha 1. “Laporan Pendidikan Wisuda 10 Program Unggulan Madrasah 2024,” n.d.

———. “Media Instragram MA Zainul Hasan 1 Genggong,” 2023.

Genggong, MA Zaha1. Struktur kurikulum keterampilan dan prodistik MA Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo. Indonesia, issued 2024.

Genggong, MA Zainul Hasan. “Jadwal Prodistik MA Zainul Hasan 1 Genggong,” 2024.

Indriani, Riza. “Implementasi Program Terapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Prodistik) Dalam Mengembangkan Kompetensi Tik Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.” Skripsi : Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember, 2022, 1–99.

Kusuma, Anita. “‘Pengembangan Kemampuan Teknologi Dengan Prodistik Melalui Manajemen Madrasah.’” EDUCARE : Jurnal Ilmu Pendidikan 01, no. 02 (2022): 116–27.

Nurhayati, Nurhayati, and Kemas Imron Rosadi. “Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2022): 451–64. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1047.

Nurjanah, Siti. “Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo 2019,” no. Kelas X (2020): 103.

Nursyam, Aisyah. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 18, no. 1 (2019): 811–19. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371.

Rahmat Kaunang et.al. “Implementasi Manajemen Dalam Meningkatkan Efektifitas Kerja Pegawai Di Dinas Perpustakaan Kabupaten Bolaang Mongondow ….” Acta Diurna …, no. 5 (2021). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/33461.

Ridhwanah, Azka Maziyyah, and Wilis Werdiningsih. “Manajemen Program Double Track Dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Di SMA Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo.” Edumanagerial 1, no. 1 (2022): 35–46.

Shella Armavia Andaresta. “Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Esktrakurikuler Program Pendidikan Setara D1 Teknologi Informasi Dan Informasi (Prodistik” 10 (2020). https://doi.org/0.15642/jkpi.2020.10.1.66-82.

Syamsuar, Syamsuar, and Reflianto Reflianto. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6, no. 2 (2019). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343.

Yarso, Rusti. “Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan.” Jurnal Pembelajaran 2, no. 10 Januari 2013 (2013): 4–16.

Yoon, Carol. “Manajemen Prodistik.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2014.

Downloads

Published

2024-03-17

Issue

Section

Articles