Dampak Konflik Hamas dan Israil Tahun 2023 Terhadap Persepsi Masyarakat Indonesia (Nasionalisme, Kewarganegaraan dan Hak Asasi Manusia)

Authors

  • Yulia Febi Zita Ronika Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Rudy Sutanto Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Fauzia Gustarina Cempaka Timur Universitas Pertahanan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6047

Abstract

Abstrak

Paper ini mengeksplorasi dampak konflik antara Hamas dan Israel terhadap nasionalisme, kewarganegaraan, dan hak asasi manusia di Indonesia pada tahun 2023. Konflik ini, yang melibatkan krisis di Timur Tengah, memiliki konsekuensi global yang dapat mempengaruhi stabilitas dan dinamika sosial di berbagai negara, termasuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana ketegangan dan peristiwa internasional terkait agama dapat membentuk persepsi dan sikap masyarakat Indonesia terhadap nasionalisme, kewarganegaraan, dan hak asasi manusia. Melalui pendekatan analisis konten terhadap media dan studi literatur, paper ini mencoba mendalam ke dalam respons masyarakat Indonesia terhadap konflik tersebut. Faktor-faktor seperti informasi media, kebijakan pemerintah, dan interaksi sosial menjadi fokus utama dalam memahami perubahan opini dan sikap masyarakat. Implikasi konflik internasional terhadap identitas nasional, konsep kewarganegaraan, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia menjadi sorotan utama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana peristiwa global dapat menciptakan gelombang respons di tingkat nasional. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang kaitan antara konflik internasional, dinamika sosial, dan nilai-nilai masyarakat dalam konteks Indonesia.

Kata Kunci: Nasionalisme, Kewarganegaraan, Hak Asasi Manusia, Konflik

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, T., Widodo, P., & Anwar, S. (N.D.). Potensi Ancaman Asimetris Pada Foreign Fighter Returnees Di Indonesia.

Ardianto, Z.F.A., Dantes, K.F., Ardhya, S.N., & Setianto, M.J. (N.D.) Pandangan Hukum Humaniter Internasional Terhadap Konflik Perseteruan Bersenjata Israel-Palestina.

Ariska, B. D., Sari, C., Dian, B., Candra, A., Program, S., Asimetris, S. P., & Pertahanan, S. (N.D.). Media Literasi Dalam Kontra Propaganda …| Media Literasi Dalam Kontra Propaganda Radikalisme Dan Terorisme Melalui Media Internet Literacy Media In The Counter Of Radicalism Propaganda And Terrorism Through Internet Media. Www.Antaranews.Com,

Basit, A., & Komalasari, K. (N.D.). Dampak Isu-Isu Global Dalam Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia.

Daniealdi, W.T. (N.D.). Kerangka Kerja Penanggulangan Terorisme Di Indonesia Dalam Menghadapi Metamorfosa Ancaman Terorisme.

Dewanta, I.P., Octavian, A., & Widodo, P. (N.D.). Pelibatan Tentara Nasional Indonesia Dalam Pemberantasan Terorisme Dari Perspektif Peperangan Asimetris.

Erviana, V.Y. (N.D.). Penanganan Dekadesi Moral Melalui Penerangan Karakter Cinta Damai Dan Nasionalisme.

Halkis, M. (N.D.). Reposisi Agama, Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Di Era Perang Asimetris.

Hannase, M. (N.D.). Respon Muslim Indonesia Terhadap Gerakan Islamisme Di Timur Tengah: Kasus Hamas Dan Konflik Palestina.

Hendrastomo, G. (N.D.). Nasionalisme Vs Globalisasi ‘Hilangnya’ Semangat Kebangsaan Dalam Peradaban Modern.

Hengky, Ho. (N.D.). Penerapan Hukum Humaniter Internasional Dalam Konflik Bersenjata Antara Palestina Dan Israel.

Hutagalung, D. (N.D.). Hegemoni, Kekuasaan Dan Ideologi.

Irpan, M., Widodo, P., & Muradi. (N.D.). Islamophobia Di Indonesia Dalam Perspektif Peperangan Asimetris.

Jazuli, A., Ediyono, S., Malik, A., Ahmad, A.H., & Muslifah, S. (N.D.). The Hegemony Of Hamas And Its Impact On The Social Behavior Of The Palestina Society.

Mudore, S.B. (N.D.). Peran Diplomasi Indonesia Dalam Konflik Israel-Palestina.

Muhamad, A. V. (N.D.). Konflik Palestina (Hamas-Israel).

Nugraha, D. W. (N.D.). Aksi Boikot Israel Mulai Memukul Ritel Domestik.

Nuryani, M. (N.D.). Proxy War Dan Tantangan Negara Bangsa.

Pratama, R., Timur, F. G. C., & Sutanto, R. (N.D.). Revitalisasi Kewaspadaan Nasional Melalui Sistem Pertahanan Dan Lkeamanan Terhadap Ancaman Perang Asimetris.

Rahmawati, D. (N.D.). Serba Serbi Aksi Damai Bela Palestina Di Monas Jakarta.

Saloom, G. (N.D). Meninggalkan Jalan Teror, Perspektif Teori Identitas Sosial.

Simanjorang, B.M.S., Syahputra, B.A., Husin, M.H., Bangun, I.D., Zawani, N., Siburian, T.D.N., Perangin-Angin, Z.G., & Prayetno. (N.D.). Pengaruh Konflik Palestina Dengan Israel Terhadap Gerakan Perlawanan Hamas Dan Dampaknya Bagi Indonesia.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. (N.D.).

Widodo, S. (N.D.). Implementasi Bela Negara Untuk Mewujudkan Nasionalisme.

Wijaya, M.D.D., Saputri, R.P.M., & Danugroho, A. (N.D.). Analissi Dampak Konflik Disintegrsi Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia.

Wijaya, S.H.B. (N.D.). Media Dan Terorisme.

Downloads

Published

2024-03-20

Issue

Section

Articles