Manajemen Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Patokan Kraksaan

Authors

  • Widi Wijayanto Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abd Aziz Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ghufron Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6062

Abstract

Abstrak

Berdasarkan definisi dasarnya, pesantren adalah tempat belajar siswa. Sebagai lembaga pendidikan Islam, pesantren dikatakan sebagai tempat pembelajaran yang otomatis menjadi pusat kebudayaan Islam yang diterima atau dilembagakan oleh masyarakat. Secara historis, pesantren tidak hanya identik dengan makna Islam, namun juga mengandung makna keaslian Indonesia.(asli). Maka penulis menemukan permasalahan yaitu kualitas santri putra Pensantren Nurul Qur’an yang memadai dan mempunyai keterampilan di bidang kurikulum dan diniyyah serta lembaga penunjang kualitas peserta didik. Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu kualitas santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Patokan Kraksaan. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi mutu kurikulum, keterampilan dan sikap yang membentuk mutu pendidikan peserta didik. pesantren Nurul Qur’an bermutu. Patokan Kraksaan Penelitian Pondok Pesantren Nurul Qur'an didasarkan pada kenyataan bahwa pondok pesantren dan sekolah pendidikan umum dapat mengintegrasikan kurikulum dan pendidikan pondok pesantren melalui program yang ada untuk bersaing di bidang pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Kajian ini memaparkan dan mengkaji secara mendalam permasalahan yang berkaitan dengan manajemen santri.

Kata Kunci: Manajemen Pesantren, Mutu Santri

 

Abstract

Based on its basic definition, Islamic boarding school is a place for students to study. As an Islamic educational institution, Islamic boarding schools are said to be places of learning that automatically become centers of Islamic culture that are accepted or institutionalized by society. Historically, Islamic boarding schools are not only synonymous with the meaning of Islam, but also contain the meaning of Indonesian authenticity. So the author found a problem, namely the quality of male students at the Nurul Qur'an Islamic Boarding School who were adequate and had skills in the fields of curriculum and diniyyah as well as institutions supporting the quality of students. Management of Islamic Boarding Schools in Improving the Quality of Students at the Nurul Qur'an Benchmark Kraksaan Islamic Boarding School. This is very important because it affects the quality of the curriculum, skills and attitudes that shape the quality of students' education. quality Nurul Qur'an Islamic boarding school. The Nurul Qur'an Islamic Boarding School research benchmark is based on the fact that Islamic boarding schools and general education schools can integrate Islamic boarding school curriculum and education through existing programs to compete in the education sector. The method used in this research is qualitative method. This study describes and examines in depth the problems related to student management.

Keywords: Islamic boarding school management, quality of students

References

DAFTAR PUSTAKA

Amirudin. (2019). Model Manajemen Pondok Pesantren dalam Peningkatan Mutu Santri Bertaraf Internasional: Studi pada Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 222–241. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idarohe-ISSN:2580-2453https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5607%0Ahttp://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/5607

Attamimi, A. U., Ni`mah, M., & Rachman, P. (2023). Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Diniyah Mu`allimin Pesantren Zainul Hasanain Genggong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4093–4096.

Aziz, A., & Rachman, P. (2021). Kepemimpinan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Di Pesantren. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 1–15.

Fathurrochman, I. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 85. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216

Hanif, N. F. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda Seberang. Salimiya, Vol. 1(3), Hlm. 2721-7078.

Izza, I. (2019). Media Sosial, Antara Peluang dan Ancaman dalam Pembentukan Karakter Anak Didik di Tinjau dari Sudut Pandang Pendidikan Islam. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 17–37. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.63

Majid, L. A. (2023). Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Di Pondok Pesantren Darus Sa’adah Lampung Tengah. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 44–54. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i1.103

Muli Prima Aldi. (2022). Aktualisasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (Mpmbm). Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 13(2), 178–189. https://doi.org/10.55558/alihda.v13i2.16

Murdiyanto, M., & Choirin, M. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian

Mutu, M., & Islam, P. (2019). Jurnal kependidikan. 7(1), 84–97.

Nanang Qosim. (2020). Aplikatif Manajemen Pendidikan. 81.

Nasution, S. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3820–3828.

Pendidikan, M. M. (2019). No Title.

Qori, I. (2019). Analisis implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. Management and Business Review, 3(2), 83–94. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4605

Setiawan, M. H., Nimah, M., & ... (2022). Manajemen Pesantren Ar-RofiIyyah Dalam Meningkatkan Mutu SDM Santri. Jurnal …, 4(4), 3763–3767. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6056

Tarmizi, T., & Mitrohardjono, M. (2020). Implementasi Manajemen Mutu di Pesantren Tahfizh Daarul Quran. Tahdzibi, 5(2), 81–104. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.81-104

Yatimah, D. (2017). Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Upaya Peningkatan Mutu Santri. Jurnal El-Hikmah, IX(1), 59–78.

Zain Sarnoto, A. (2013). Urgensi Peningkatan Mutu Pengelolaan Pesantren Dalam Era Global. Educare, 04(01), 49–60.

Downloads

Published

2024-03-23

Issue

Section

Articles