Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 4 Botomuzoi Tahun 2022/2023

Authors

  • Balazi Lase Universitas Nias
  • Desman Telaumbanua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6183

Abstract

Abstract

This study aims to: 1) Know the feasibility of CTL (Contextual Teaching and Learning) based Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) 2) Know the practicality of CTL (Contextual Teaching and Learning) based Student Worksheets (LKPD) and 3) Know the effectiveness of the Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) based on CTL (Contextual Teaching and Learning). The type of research used is development research which refersto the ADDIE Model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The instruments used were validation questionnaires, student response questionnaires and learning outcomes tests. Data analysis techniques using quantitative descriptive. The results of the study consisted of: 1) The feasibility of CTL (Contextual Teaching and Learning)-based worksheets for material validators by lecturers was 82% with very appropriate criteria, 85.5% for material validators by teachers with very feasible criteria, the results of language validation were 66% with feasible criteria and design validation by the design validator is 84% very feasible criteria. 2) The practicality of CTL (Contextual Teaching and Learning)-based LKPD through student responses for individual tests 90% with very practical criteria, 85% for small group tests with very practical criteria and 92% for field trials with very practical criteria. 3) The effectiveness of CTL (Contextual Teaching and Learning)-based LKPD is 87% with very effective criteria.

Keyword: -

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk:1) Mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis CTL (Con textual Teaching and Learning) 2) Mengetahui kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) dan 3) Mengetahui efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yag mengacu pada model Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian terdiri dari :1)Kelayakan LKPD berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk validator materi oleh dosen 82% berkriteria sangat layak, validator materi oleh guru sebesar 85,5% berkriteria sangat layak, hasil validasi bahasa adalah 66% berkriteria layak dan validasi desain oleh validator desain adalah 84% kriteria sangat layak. 2) Kepraktisan LKPD berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) melalui respon peserta didik untuk uji perseorangan 90 % berkriteria sangat praktis, uji kelompok kecil 85% kriteria sangat praktis dan uji coba lapangan 92% berkriteria sangat praktis. 3) Efektivitas LKPD berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) sebesar 87% berkriteria sangat efektif.

Kata Kunci: -

References

DAFTAR PUSTAKA

Abin¸ Syamsudin. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja.

Ahmadi¸ Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Arikuntu¸ S.2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Cet II. Yogyakarta : PT Rineka Cipta.

Arsyad¸ Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Cet ke 15. Jakarta: Rajawali Pers.

Azwar¸ S. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto.2013. Menyusun LKPD (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media

Depdinas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Dirjen Dikdasmen Direkotrat pembinaan SMA.

Diknas. 2004. Pedoman umum pemilihan dan pemanfaatan bahan ajar. Dirjen Diknesmenum. Jakarta.

E.Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. 1993. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ibrahim¸dkk.2012. Panik Neurosis dan gangguan Cemas.Edisi pertama. Tangerang: Jelajah Nusa

Ika¸ Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Irsalina. 2018. Pengembangan LKPD Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi. Vol.3¸ No 3¸ Januari¸ 50-58. Jambi: Universitas Jambi

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Jackson¸ Paul. 1993. The Pop-up Book Step by Step Instruction for Creating. Over Original paper Project. London: Annes Publissing.

Jhonson¸ E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Kaifa.

Mardapi. 2008. Teknik Penyusunan Istrumen Penelitian. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset.

Mardapi.2008. Teknik Penyusunan Instrument Tes dan Non Tes.Yogyakarta:Mitra

Muslich, Masnur. 2007. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara: Jakarta.

Nasution¸ S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual (CTL). Dirjen Dikti Depdiknas.Jakarta.

Permendiknas Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Permendiknas Nomor 23. 1997. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta

Permendiknas Nomor 65. 2013. Standar Proses. Jakarta.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Purwanto, ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip dan Tenik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2014. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian . Bandung: Alfabeta.

Rika¸ Aprianti. Dkk. 2015. Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning ( CTL) dilengkapi dengan Media Audio-Visual Untuk meningkatkan Hasil Belajar Fisika peserta didik SMA¸ Vol.3 April¸57-67. Semarapura Tengah:Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Romiszowski¸ A.J. 1996. Designing Instructional System Decision Making in Course Planing and Curriculum design. London: Kogan Page.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Yogyakarta: Alfabeta.

Sukmadinata¸ N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriyadi. 2010. Teknologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: FPMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Abdi Guru. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Triyanto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara

Ummu¸ K. dkk. 2018. Pengembangan LKPD Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Berbasis Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL). Vol. 21¸ No1¸ Juni¸ 97-109. Makassar : Lentera Pendidikan.

Widodo¸ Wahono & dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan¸ Balitbang¸ Kemdikbud.

Yuliana. Dkk. 2017. Pengembangan LKPD Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi. Vol.6¸ No 1¸ Januari¸ 50-58. Jambi: Universitas Jambi.

Downloads

Published

2024-05-10

Issue

Section

Articles