Kecerdasan Interpersonal Dalam Membentuk Civic Engagement Warga Negara Muda

Authors

  • Ana Mentari Universitas Lampung
  • Dika Yumanda Universitas Lampung
  • Devi Sutrisno Putri Universitas Lampung
  • Rohman Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6269

Abstract

Abstract

The development of civic engagement among young citizens is crucial as it directly impacts the quality of human resources and plays a key role in guiding the nation's progress towards the fulfillment of societal, national, and state ideals. Civic engagement is intricately linked to public life and requires strong interpersonal intelligence in young individuals who represent the future generation of the nation. This study employs a qualitative approach using a literature review to descriptively outline the role of interpersonal intelligence in shaping civic engagement among young citizens. The findings emphasize the vital role of interpersonal intelligence in fostering civic engagement among young citizens, enabling them to actively participate and be visible members of society.

Keywords: Interpersonal Intelligence, Civic Engagement, Young Citizen

 

Abstrak

Pembentukan civic engagement bagi warga negara muda sangat diperlukan karena aspek yang terkandung di dalamnya dapat menentukan kualitas sumber daya manusia warga negara muda serta memiliki tujuan dalam menentukan arah kemajuan bangsa, yang bermuara pada tercapainya cita-cita masyarakat, bangsa, dan negara. Civic engagement sangat berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat publik. Maka dari pada itu, dibutuhkanlah kecerdasan interpersonal yang mumpuni dalam diri individu warga negara muda sebagai wajah kualitas generasi muda bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, yang akan menjabarkan secara deskriptif mengenai kecerdasan interpersonal dalam membentuk civic engagement warga negara muda. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal sangat diperlukan dalam pembentukan civic engagement warga negara muda, dikarenakan dengan kecerdasan interpersonal maka pemuda sebagai warga negara muda mampu tampil, berpartisipasi dan aktif untuk terlihat langsung di dalam masyarakat.

Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Civic Engagement, Warga Negara Muda

References

DAFTAR PUSTAKA

Adler, R. (2005). What Do We Mean By “Civic Engagement”. Journal of Transformative Education, 3(3).

Afriani, F., & Azmi, A. (2020). Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial: Analisis Pada Grup WhatsApps Mahasiswa PPKn Tahun Masuk 2016 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. 3(3), 331–338.

Agustina, A., Adha, M. M., & Mentari, A. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik. Mindset: Jurnal Pemikiran pendidikan dan pembelajaran, 3(2), 52-64. https://doi.org/10.56393/mindset.v3i2.1696

Anderson, E. (1999). Code of the Street: Decency, Violence, and the Moral Life of the Inner City. W.W. Norton & Company, New York.

Bintari, P. N., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1).

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12.

Campbell, D. (2006) What Is Education’s Impact on Civic and Social Engagement? In: Measuring the Effects of Education on Health and Civic Engagement: Proceedings of the Copenhagen Symposium, OECD, Paris, 25-126.

Fatimah, H., & Bramastia. (2021). Literatur Review Pengembangan Media Pembelajaran Sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10 (2), 124-130.

Felice, Celine Del and Andria Wisler. (2007). “The Unexplored Power and Potential of Youth as Peace-Builders.” Journal of Peace Conflict & Development (1):1-29.

Felice, Celine Del and Lilian Solheim. (2011). “Youth Organisations as Learning Organisations: Exploring Special Contributions and Challenges.” Development in Practice 21(8): 1094-1108.

Gardner, H. (1999). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. New York: Basic Books.

Keeter, S., Zukin, C., Andolina, M., & Jenkins, K. (2002). The Civic and Political Health of a Nation: A Generational Portrait. CIRCLE (Center for Information & Research on Civic Learning and Engagement).

Karliani, E. (2014). Membangun Civic Engagement Melalui Model Service Learning Untuk Memperkuat Karakter Warga Negara. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 27(2).

Lagibu, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intraperonal, dan Kecerdasan Sosial Terhadap Kreativitas Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(1).

Laitinen, Hanna. (2018). “Empowering New Agents of Civil Society or Fostering Good Citizens? Framing Youth Participation in Finnish Youth Organizations.” Journal of Civil Society 14 (1): 1-18.

Laitinen, E. K. (2018). Implied Expense Theory in Financial Reporting: A Steady-State Approach. Journal of Financial Reporting and Accounting, 16, 49-83. https://doi.org/10.1108/JFRA-05-2016-0032

Nasiri, A. (2018). Penguatan Civic Engagement di Lembaga Pelayanan Sosial. Journal of Civic Education, 1(4).

Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Jurnal Tadrib, 3(1).

Saputra, I. (2020). Social Engagement as an Initial Capital for the Development of Civic Engagement Students in Boarding Schools. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education Journal, 3(2).

Saputra, R., Adha, M. M., Mentari, A., & Rohman, R. (2023). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Civic Disposition Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(5), 145–153. https://doi.org/10.56393/decive.v3i5.1693

Sihombing, S.R., dkk. (2023). Memperkuat Civic Engagement Pada Generasi Muda. Pancasila and Civic Education Journal, 2(2).

Wahab, A. A. dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Williams, E. (2005). Mengajar Dengan Empati (Terjemahan Fuad Ferdinan). Nuansa: Bandung.

Whitmore, A., Agarwal, A. and Xu, L.D. (2015) The Internet of Things—A Survey of Topics and Trends. Information Systems Frontiers, 17, 261-274. https://doi.org/10.1007/s10796-014-9489-2

Yanzi, H., Hidayat, O. T., Mentari, A., & Budimansyah, D. (2019). Global Citizens Awareness through Digital Literacy in the Fourth Industrial Revolution: A Review of the Literature. Series: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 317(13), 65-69

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles