Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Pop Up Book Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa MI Mirqotul Hasaniyah Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6308Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V MI Mirqotul Hasaniyah dalam pengembangan media pembelajaran gambar berseri Pop Up Book. Media Pop Up Book merupakan media yang mengandung unsur 3 dimensi. Dimana ketika halaman dibuka bagian dalamnya dapat menghasilan visualisasi gambar yang menarik, sehingga membantu siswa dalam pemahaman materi. Penelitian ini merupakan penelitian R&D model Bord and Gall. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa yaitu dengan mengembangkan media gambar berseri Pop Up Book. Hal ini dibuktikan dengan rata – rata nilai yang diperoleh dari pretest dengan rata – rata 63,5 pada kategori cukup, dan meningkat pada posttest menjadi 72,6 pada kategori baik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran gambar berseri pop up book sangat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis.
Kata Kunci: Pop Up Book, Media Pembelajaran, Keterampilan Menulis
Abstract
The aim of this research is to improve the writing skills of class V MI Mirqotul Hasaniyah students in developing the Pop Up Book series of picture learning media. Pop Up Book media is media that contains 3-dimensional elements. Where when the page is opened the inside can produce an interesting visualization of the image, thereby helping students understand the material. This research is a Bord and Gall model R&D research. The results of the research showed that there was an increase in students' writing skills, namely by developing the Pop Up Book series of image media. This is proven by the average score obtained from the pretest with an average of 63.5 in the sufficient category, and increasing in the posttest to 72.6 in the good category. Thus, the development of pop up book series of learning media really helps students in improving their writing skills.
Keywords: Pop Up Book, Learning Media, Writing Skills
References
DAFTAR PUSTAKA
A Khamidah, NKT Yulia. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bahasa Melalui Tema Binatang Untuk Anak Usia 4-5 Tahun di RA Bahrul Ulum Sawahan Turen-Malang. Juraliansi : Jurnal Lingkup Anak Usia Dini. 3(1)
Aimatus Sholikhah. 2017. Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V. Jurnal : Simki-Pedagogja 1(8)
Azhar Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Baharudin dan Roplin Zakaria. 2016. Pengaruh Strategi PAIKEM Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan MenulisCerita Siswa Kelas V SDN Perumnas Way Halim Kec. Kedaton Bandar Lampung. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 3 (1): 70
Baharudin. 2016. Pengaruh Strategi PAIKEM Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas V. Jurnal Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 3(1): 68
Burhan Nurgiyantoro. 2016. Penilain Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPTE Yogyakarta
CD Habibi, EW Setyaningtyas. 2021. Pengembangan Media Pop Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendikia:Jurnal Pendidikan Matematika. 05(02)
Dian Islamiyah, Nurrahmah, Muh. Rijalul Akbar, Hairunisa. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa. 12(1)
DW Hikmah, M Ni’mah. 2022. Pengaruh Kreativitas Guru Kelas terhadap Pembelajaran Tematik Berbasis Daring. Journal.stitaf.ac.id, Ibtida’ 3 (01): 18 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=mamluatun+ni%27mah+pengaruh+kreativitas+&btnG=#d=gs_qabs&t=1710541117538&u=%23p%3DZkIJnSAl_VgJ. 21 Februari 2024 (19:34).
Ega rimawati. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta:Kota Pena
Erlin Marlina,, Seni Apriliya, Ghullam Hamdu. 2018. Kemampuan Bercerita Siswa SD Menggunakan Pop-Up. Pedadidaktika : Jurnal Imliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5(1)
Fachrur Rozie. 2018. Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran”Jurnal Ilmiah Universitas Tronojoyo Madura. 5(2): 4
Ghina Fitriadi Putri, Yasbiati, Oyon Haki Pranata. 2018. Pengaruh Media Pop-Up Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hew766an Berdasarkan Jenis Makanannya. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar. 5(1): 176
Hasil obseravsi dikelas V MI Mirqotul Hasaniyah, 2 Januari 2024
Hasil observasi di kelas V MI Mirqotul Hasaniyah, 3 Januari 2024
Hasil wawancara dengan wali kelas V MI Mirqotul Hasaniyah 29, Desember 2023
Hasrul Bakri. 2011. Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2,Jurnal MEDTEK. 3(2): 34
Herlambang Rahmadhani. 2019. Metodelogi Penelitian Pendididkan Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Depublish
http://smpn2lobain.sch.id/read/30/macam-macam-media-pembelajaran
https://eprints.uny.ac.id/9902/3/bab%202%20-%2008108247081.pdf
https://lmsspada.kemdikbud.go.id hakikat, fungsi, manfaat media dan sumber belajar
LRNA Riska, M Ni’mah, Yaqin FA, 2023, “Strategi Reading A Loud Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik di MI Nurul Islam”, BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1).200
Mega Sholihatul Fithri. 2021. Pemanfaatan Lagu Sebagai Media Pemerolehan Bahasa Kedua Siswa Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris Jember. Indonesian Jurnal of Islamic Teaching. 4(2)
MG. Rini Kristiantari. 2016. Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar Menulis Deskripsi Dan Narasi, Yogyakrta : Media Ilmu.
N Septiani, R Afiani. 2020. “Pentingnya Memahami Karakterisitik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2”, As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini”, 2(1) 9
Nunuk Suryani, Achmad Setiawan, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT . Remaja Rosdakarya
Nuraini Kasman. 2022. Problematika Quipper School Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Bandung: Indonesia Emas Group
PI Zulfa, M Ni’mah, NF, Amalia. 2023. Implementasi Media Pembeajaran Berbasis Teknologi IT Dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidik Di Era 5.0 Pada Sekolah Dasar, Journal of Islamic Elementery Education. 5(1) 3
Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
R Zuvira, N Neviyarni, I Irdamurni, “Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5 No. 1, 2021, h. 1847
Rifky Khumairo Ulva, Nurul Hidayah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan. Jurnal Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4 (1). 35
Riske Nuralita Lingga Dewi. 2015. Pengaruh Metode Make A Match Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Seperti Kebhinekaan, Jurnal Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 2(2)
RK Dewi. 2021. “Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran Yang Bermakna”, Education Journal : Journal Education Research and Development,5(2) 256
RN Fadillah, I Lestari, “Buku Pop Up Untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar”, PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, Journal.unj.ac.id, 30(1), 2016, h. 21
Sari, N. A. Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan 3(12): 1572. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796. 2 Januari 2024 (11:10)
Sisi Rahmatilah, Syarip Hidayat, Seni Apriliya. 2017. Media Buku Pop Up Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah. Pedadidakta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1)
Siti Anisatun Nafi’ah . 2018. Model – model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI Yogyakarta : Ar – Ruzz Media
Siti Anisatun Nafi’ah. 2018. Model – Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI Yogyakarta : Ar – Ruzz Media
Siti Samdidar. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Digital. Skripsi. UIN Ar – Raniry. Banda Aceh
Sohibun, Filza Yuliana Ade. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive, Tadris : Jurnal Keguruan dan Ilmi Tarbiyah. 2(2)
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung:Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta
Syibli Maufur, Susi Lisnawati. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Madrasah Ibtidaiyah”,Jurnal Pendidikan Guru MI.4(2)
WA Imami, M Ni’mah, S Islam, 2022, “Revelensi Pengembangan Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0 Studi Kasus MA Sunan Ampel KamalKuning Krejengan Probolinggo”, Jurnal Pendidikan dan Konseling,4(5), 1875
Zainurrahman. 2016. Menulis Dari Teori Hingga Praktek. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayuna Sapitri, Mamluatun Ni’mah, Nur Fitri Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.