Manajemen Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Raudlatul Istiqomah Suko Maron

Authors

  • Ainur Rohmah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Arifia Retna Yunita Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6370

Abstract

Abstrak

Pendidikan karakter di sekolah dasar merupakan aspek penting dalam membentuk kepribadian dan moralitas siswa. SD Islam Raudhatul Istiqomah menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sumber data menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif meliputi kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, dependebilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen inovasi pembelajaran terdiri dari tiga yaitu perencanaaan: mengacu terhadap musyawaroh atau sesuai kesepakan semua para pendidik di lembaga, pelaksanaan: pelaksanakan solat dluha, Pembacaan asmaul husna dan juz 30 sebelum masuk kelas, Setiap 3 bulan sekali mengadakan penyuluhan terkait materi akhlaq atau karakter yang baik, Rutinitas literasi qurani Evaluasi: tes kepribadian, tes tulis dari hasil literasi al-quran, dan tes praktek ibadah.

Kunci: Manajemen, Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Karakter

 

Abstract

Character education in elementary school is an important aspect in shaping the personality and morality of students. SD Islam Raudhatul Istiqomah faces challenges in integrating character values into the learning curriculum. This study aims to explore and analyze the management of learning innovations applied in the school to strengthen student character education. A qualitative approach was used in this study, involving in-depth interviews with teaching staff, classroom observation, and document analysis. . The results of the study show that the management of learning innovation consists of three, namely planning: referring to deliberation or according to the agreement of all educators in the institution, implementation: implementing the dluha prayer, reciting asmaul husna and juz 30 before entering class, once every 3 months holding counseling related to moral material or good character, Quran literacy routine Evaluation: personality test, written test of results Qur'an literacy, and worship practice test.

Keyword: Management, Learning Innovation, Character Education

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdillah Dalimunthe, R. A. (2016). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 102–111. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616

Ansulat Esmael, N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Disekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16–34.

Arisanti, K., & Lahut, M. B. (2019). Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari; Refleksi Kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim. MOZAIC Islam Nusantara, 7(1), 19–46. Retrieved from http://journal.unusia.ac.id/index.php/mozaic/

Farida, N. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305.

Feraliyana. (2016). Peningkatan Kinerja guru Melalui Program Musyawaroh Guru Mata Pelajaran(MGMP) di MTs. iftahul Qulub Desa POlagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Institud Agama Islam Negri Madura, 1–23.

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter di SMA (Studi pada SMAN dan MAN di Jakarta). TARBAWI : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(2), 191–212.

Hidayat, N., Tanod, M. J., & Prayogi, F. (2022). Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4910–4918. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2688

Izza, I. (2019). Media Sosial, Antara Peluang dan Ancaman dalam Pembentukan Karakter Anak Didik di Tinjau dari Sudut Pandang Pendidikan Islam. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 17–37. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.63

Izzah, I. (2020). Manajemen Religious Culture Satlogi Santri Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6(1), 45–63. Retrieved from https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/336

Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 1–26.

Khotimah, K., Mulawarman, U., Order, H., Skill, T., & Dasar, S. (2019). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill di Sekolah Dasar.

Lian, B. (2021). Manajemen Pembelajaran Inovatif Di Era Disruptif, 1–6.

Mansur. (2005). Konsep Literasi dalam Al-Quran : Telaah atas Penafsiran M . Quraish Shihab dan Hamka Terhadap Surat Al-’Alaq: 1-5, 1–5.

Mohamad Ahyar Ma’arif. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kesiswaan Di Mts Misbahul Hasan Andungsari Tiris Probolinggo. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(1), 13–32. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v1i1.463

Pelzer, K., Stebbins, J. F., Prinz, F. B., Borisov, A. S., Hazendonk, P., Hayes, P. G., … Society, C. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Solid State Ionics, 2(1), 1–10. Retrieved from http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0167273817305726%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-017-01772-1%0Ahttp://www.ing.unitn.it/~luttero/laboratoriomateriali/RietveldRefinements.pdf%0Ahttp://www.intechopen.com/books/spectroscopic-analyses-developme

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Si, H. M., Medica, P., Husada, F., Ustiawaty, J., Medica, P., Husada, F., … Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Siti Nor Hayati. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Spiritualita, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.30762/spr.v1i1.640

Sofanudin, A. (2016). Manajemen Inovasi Pendidikan Berorientasi Mutu Pada MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 301. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.820

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. (S. Y. Suryandari, Ed.) (Edisi keti). Bandung: ALFABETA.

Syaddad, A. (2022). Manajemen Inovasi Pembelajaran. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(2), 165–176.

Syukri, M. (2021). Inovasi Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Bagi Siswa Di Man Batubara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 443. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1367

Waroh, M., Arisanti, K., & Herwati, H. (2023). Penguatan Nilai – Nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Hadrah. Journal TA’LIMUNA, 12(1), 70–77. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i1.1433

Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293

Zein, A. (2017). Ayat-Ayat Al-quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. (A. Zein, Ed.) (Cetakan Pe). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles