Manajemen Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Raudlatul Istiqomah Suko Maron
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6370Abstract
Abstrak
Pendidikan karakter di sekolah dasar merupakan aspek penting dalam membentuk kepribadian dan moralitas siswa. SD Islam Raudhatul Istiqomah menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sumber data menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif meliputi kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, dependebilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen inovasi pembelajaran terdiri dari tiga yaitu perencanaaan: mengacu terhadap musyawaroh atau sesuai kesepakan semua para pendidik di lembaga, pelaksanaan: pelaksanakan solat dluha, Pembacaan asmaul husna dan juz 30 sebelum masuk kelas, Setiap 3 bulan sekali mengadakan penyuluhan terkait materi akhlaq atau karakter yang baik, Rutinitas literasi qurani Evaluasi: tes kepribadian, tes tulis dari hasil literasi al-quran, dan tes praktek ibadah.
Kunci: Manajemen, Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Karakter
Abstract
Character education in elementary school is an important aspect in shaping the personality and morality of students. SD Islam Raudhatul Istiqomah faces challenges in integrating character values into the learning curriculum. This study aims to explore and analyze the management of learning innovations applied in the school to strengthen student character education. A qualitative approach was used in this study, involving in-depth interviews with teaching staff, classroom observation, and document analysis. . The results of the study show that the management of learning innovation consists of three, namely planning: referring to deliberation or according to the agreement of all educators in the institution, implementation: implementing the dluha prayer, reciting asmaul husna and juz 30 before entering class, once every 3 months holding counseling related to moral material or good character, Quran literacy routine Evaluation: personality test, written test of results Qur'an literacy, and worship practice test.
Keyword: Management, Learning Innovation, Character Education
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdillah Dalimunthe, R. A. (2016). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 102–111. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616
Ansulat Esmael, N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Disekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16–34.
Arisanti, K., & Lahut, M. B. (2019). Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari; Refleksi Kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim. MOZAIC Islam Nusantara, 7(1), 19–46. Retrieved from http://journal.unusia.ac.id/index.php/mozaic/
Farida, N. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305.
Feraliyana. (2016). Peningkatan Kinerja guru Melalui Program Musyawaroh Guru Mata Pelajaran(MGMP) di MTs. iftahul Qulub Desa POlagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Institud Agama Islam Negri Madura, 1–23.
Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter di SMA (Studi pada SMAN dan MAN di Jakarta). TARBAWI : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(2), 191–212.
Hidayat, N., Tanod, M. J., & Prayogi, F. (2022). Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4910–4918. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2688
Izza, I. (2019). Media Sosial, Antara Peluang dan Ancaman dalam Pembentukan Karakter Anak Didik di Tinjau dari Sudut Pandang Pendidikan Islam. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 17–37. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.63
Izzah, I. (2020). Manajemen Religious Culture Satlogi Santri Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6(1), 45–63. Retrieved from https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/336
Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 1–26.
Khotimah, K., Mulawarman, U., Order, H., Skill, T., & Dasar, S. (2019). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill di Sekolah Dasar.
Lian, B. (2021). Manajemen Pembelajaran Inovatif Di Era Disruptif, 1–6.
Mansur. (2005). Konsep Literasi dalam Al-Quran : Telaah atas Penafsiran M . Quraish Shihab dan Hamka Terhadap Surat Al-’Alaq: 1-5, 1–5.
Mohamad Ahyar Ma’arif. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kesiswaan Di Mts Misbahul Hasan Andungsari Tiris Probolinggo. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(1), 13–32. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v1i1.463
Pelzer, K., Stebbins, J. F., Prinz, F. B., Borisov, A. S., Hazendonk, P., Hayes, P. G., … Society, C. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Solid State Ionics, 2(1), 1–10. Retrieved from http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0167273817305726%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-017-01772-1%0Ahttp://www.ing.unitn.it/~luttero/laboratoriomateriali/RietveldRefinements.pdf%0Ahttp://www.intechopen.com/books/spectroscopic-analyses-developme
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27
Si, H. M., Medica, P., Husada, F., Ustiawaty, J., Medica, P., Husada, F., … Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.
Siti Nor Hayati. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Spiritualita, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.30762/spr.v1i1.640
Sofanudin, A. (2016). Manajemen Inovasi Pendidikan Berorientasi Mutu Pada MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 301. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.820
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. (S. Y. Suryandari, Ed.) (Edisi keti). Bandung: ALFABETA.
Syaddad, A. (2022). Manajemen Inovasi Pembelajaran. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(2), 165–176.
Syukri, M. (2021). Inovasi Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Bagi Siswa Di Man Batubara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 443. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1367
Waroh, M., Arisanti, K., & Herwati, H. (2023). Penguatan Nilai – Nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Hadrah. Journal TA’LIMUNA, 12(1), 70–77. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i1.1433
Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293
Zein, A. (2017). Ayat-Ayat Al-quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. (A. Zein, Ed.) (Cetakan Pe). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ainur Rohmah, Endah Tri Wisudaningsih, Arifia Retna Yunita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.