Perilaku Pengguna Media Sosial (Generasi Z) pada Mahasiswa Surabaya Terhadap Berita Ringkas Pemilihan Umum 2024 Ditinjau dari Perspektif Teori Atribusi

Authors

  • Amanda Kalista Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Annora Badriya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nabila Zhoulva Salim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i2.6537

Abstract

Generasi Z adalah generasi digital yang lahir bersama dan fasih menggunakan internet. Melalui teknologi yang makin canggih tersebut membuat generasi Z mengakses segala informasi dengan mudah, terutama berita seputar pemilu 2024. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu perilaku atau tindakan apa yang akan dilakukan generasi Z ketika menemukan atau membaca berita ringkas pemilu 2024 di sosial media yang ditinjau dari teori atribusi. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menyebar kuisioner secara daring kepada 25 informan, penelitian ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2024 pukul 19.10 WIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki  perilaku yang berbeda – beda terhadap berita ringkas pemilu 2024. Dalam penelitian yang telah kami lakukan, kami memberikan beberapa opsi (sikap selektif, sikap abai dan perilaku yang tidak bertanggung jawab) ada dua kelompok perilaku yang mendominasi, yakni mahasiswa yang berperilaku positif dan berpikiran kritis sementara beberapa lainnya memiliki perilaku abai karena didasari oleh beberapa faktor, seperti belum adanya kebenaran dari berita tersebut dan kurangnya pengetahuan tentang politik dari beberapa informan. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku mahasiswa terhadap berita ringkas pemilu 2024 tergantung pada faktor – faktor yang berbeda, seperti perilaku individu, perilaku kelompok, dan lingkungan pada media sosial.

Kata kunci: generasi Z, berita ringkas, pemilu, atribusi.

References

Eka Putra, F. (2023). Generasi Z dan Pemilu yang Berkualitas. https://news.detik.com/kolom/d-7085265/generasi-z-dan-pemilu-yang-berkualitas

Evita, N. (2023). Generasi Z Dalam Pemilu: Pola Bermedia Generasi Z Dalam Pencarian Informasi Politik. Tata Kelola Pemilu Indonesia, 5(1), 47–66. www.journal.kpu.go.id

Indrajaya, S. E., & Lukitawati, L. (2019). Tingkat Kepercayaan Generasi Z terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 11(2), 169. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5045

Khalil, R. A., & Santoso, M. B. (2022). Generasi Sandwich: Konflik Peran Dalam Mencapai Keberfungsian Sosial. Share : Social Work Journal, 12(1), 77. https://doi.org/10.24198/share.v12i1.39637

Maudisha. (2022). Generasi Z Cepat Menyerap Keterampilan Digital, Namun Sangat Perlu Didampingi Guna Capai Ranah Budaya Digital. https://www.ui.ac.id/generasi-z-cepat-menyerap-keterampilan-digital-namun-sangat-perlu-didampingi-guna-capai-ranah-budaya-digital/

Muhammad, N. (2024). Media Sosial Jadi Sumber Utama Gen Z dalam Mengakses Berita. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/09/media-sosial-jadi-sumber-utama-gen-z-dalam-mengakses-berita

Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Putri, M. dkk. (2022). URGENSI LITERASI KEUNGAN BAGI GENERASI SANDWICH DI ACEH. At - Tasyri’, 14. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/tasyri.v14i1.854

Samsuar. (2019). ATRIBUSI. Network Media, 2. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/article/view/450

Siregar, M. (2017). Tafsir tematik Tentang Seleksi Informasi. At - Tibyan, 2, 107. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/at-tibyan.v2i1.257

Yuliani, L. dkk. (2024). Dosen UIN Jakarta: Peran Gen Z bagi Pemilu Pemula pada Pemilu 2024. https://uinjkt.ac.id/id/dosen-uin-jakarta-peran-gen-z-sebagai-pemilih-pemula-pada-pemilu-2024

Downloads

Published

2024-08-30