Perilaku Pengguna Media Sosial (Generasi Z) pada Mahasiswa Surabaya Terhadap Berita Ringkas Pemilihan Umum 2024 Ditinjau dari Perspektif Teori Atribusi
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v8i2.6537Abstract
Generasi Z adalah generasi digital yang lahir bersama dan fasih menggunakan internet. Melalui teknologi yang makin canggih tersebut membuat generasi Z mengakses segala informasi dengan mudah, terutama berita seputar pemilu 2024. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu perilaku atau tindakan apa yang akan dilakukan generasi Z ketika menemukan atau membaca berita ringkas pemilu 2024 di sosial media yang ditinjau dari teori atribusi. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menyebar kuisioner secara daring kepada 25 informan, penelitian ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2024 pukul 19.10 WIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki perilaku yang berbeda – beda terhadap berita ringkas pemilu 2024. Dalam penelitian yang telah kami lakukan, kami memberikan beberapa opsi (sikap selektif, sikap abai dan perilaku yang tidak bertanggung jawab) ada dua kelompok perilaku yang mendominasi, yakni mahasiswa yang berperilaku positif dan berpikiran kritis sementara beberapa lainnya memiliki perilaku abai karena didasari oleh beberapa faktor, seperti belum adanya kebenaran dari berita tersebut dan kurangnya pengetahuan tentang politik dari beberapa informan. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku mahasiswa terhadap berita ringkas pemilu 2024 tergantung pada faktor – faktor yang berbeda, seperti perilaku individu, perilaku kelompok, dan lingkungan pada media sosial.
Kata kunci: generasi Z, berita ringkas, pemilu, atribusi.
References
Eka Putra, F. (2023). Generasi Z dan Pemilu yang Berkualitas. https://news.detik.com/kolom/d-7085265/generasi-z-dan-pemilu-yang-berkualitas
Evita, N. (2023). Generasi Z Dalam Pemilu: Pola Bermedia Generasi Z Dalam Pencarian Informasi Politik. Tata Kelola Pemilu Indonesia, 5(1), 47–66. www.journal.kpu.go.id
Indrajaya, S. E., & Lukitawati, L. (2019). Tingkat Kepercayaan Generasi Z terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 11(2), 169. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5045
Khalil, R. A., & Santoso, M. B. (2022). Generasi Sandwich: Konflik Peran Dalam Mencapai Keberfungsian Sosial. Share : Social Work Journal, 12(1), 77. https://doi.org/10.24198/share.v12i1.39637
Maudisha. (2022). Generasi Z Cepat Menyerap Keterampilan Digital, Namun Sangat Perlu Didampingi Guna Capai Ranah Budaya Digital. https://www.ui.ac.id/generasi-z-cepat-menyerap-keterampilan-digital-namun-sangat-perlu-didampingi-guna-capai-ranah-budaya-digital/
Muhammad, N. (2024). Media Sosial Jadi Sumber Utama Gen Z dalam Mengakses Berita. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/09/media-sosial-jadi-sumber-utama-gen-z-dalam-mengakses-berita
Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Putri, M. dkk. (2022). URGENSI LITERASI KEUNGAN BAGI GENERASI SANDWICH DI ACEH. At - Tasyri’, 14. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/tasyri.v14i1.854
Samsuar. (2019). ATRIBUSI. Network Media, 2. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/article/view/450
Siregar, M. (2017). Tafsir tematik Tentang Seleksi Informasi. At - Tibyan, 2, 107. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/at-tibyan.v2i1.257
Yuliani, L. dkk. (2024). Dosen UIN Jakarta: Peran Gen Z bagi Pemilu Pemula pada Pemilu 2024. https://uinjkt.ac.id/id/dosen-uin-jakarta-peran-gen-z-sebagai-pemilih-pemula-pada-pemilu-2024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amanda Kalista, Annora Badriya, Nabila Zhoulva Salim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.