Penggunaan Performance Assessment Sebagai Instrumen Penilaian pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Kelas VIII di MTs-S Thawalib Padang
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v8i2.6538Abstract
Abstrak
Performance assessment atau penilaian kinerja adalah metode evaluasi yang mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam situasi yang nyata atau simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan performance assessment sebagai instrumen penilaian pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas 8 semester satu tema Q.S. Al-Fajr ayat 15-18 di MTs S Thawalib Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis penelitan yaitu field and research, teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui, wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan penggunaan performance assessment sebagai instrumen penilaian pada mata pelajaran Al-Quran Hadist. Adapun hasil dari penelian ini yaitu dengan penggunaan performance assessment atau penilaian kinerja evaluasi yang dilakukan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada mata pelajaran Al-Quran Hadist. tema Q.S. Al-Fajr ayat 15-18 sangat sesuai dengan tuntutan tujuan pembelajarannya. Karena siswa dituntunt untuk hapal dan juga dapat menuliskan ayat yang dihapal, maka performance assessment atau penilaian kinerja dapat menilai hal-hal tersebut dengan baik, dikarenakan memiliki rubrik penilaian atau kriteria penilaian yang digunkan dalam evaluasi pembelajaran tersebut.
Kata Kunci: Performance assessment, instrumen penilaian, Al-Qur’an Hadis
References
Amalia, R. (2023). Authentic Assessment dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1467–1477.
Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 204–216.
Basuki, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Bacaan Shalat Wajib Melalui Teknik Penilaian Unjuk Kerja (Performance) Pada Siswa Kelas VII A di SMPN 1 Grujugan Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).
Boy, L. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Kuantum dan Penilaian Kinerja Berbasis Rubrik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa disoroti, yaitu pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektifitas metode pembelajaran. Kurikulum Pendidikan Haru. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 191–207.
Diartha, I. N., Wildan, W., & Muntari, M. (2016). Penilaian Kinerja (Performance Assessment) Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pijar Mipa, 11(1), 65–69.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Fakhrurrozi, H. (2018). Standar Penilaian Aspek Psikomotorik Pendidikan Agama Islam. Jurnal Paedagogia Vol, 7(1).
Hasan, S. H. (2007). Bahan Ajar Pengembangan Asesmen Kinerja dan Portofolio dalam Pembelajaran Sejarah. Tulisan Untuk Peringatan 70 Tahun Prof. Dr. AsmawiZainul, M. Ed.
Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1), 1–9.
Majid, A. (2020). Penilaian autentik proses dan hasil belajar.
Multin, H. A., Munawar, W., & Noor, R. A. (2018). Penyusunan Dan Analisis Tes Kinerja (Performance Test) Pada Kompetensi Praktik Memasang Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2).
Nugroho, W. A., Yudha, R. P., Sundari, S., & Praja, H. N. (2021). Analisis Instrumen Asesmen Unjuk Kerja pada Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Kota Cirebon. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(2), 126–141.
Putri, N. S. Y., Rosidin, U., & Distrik, I. W. (2020). Pengaruh Penerapan Performance Assessment Dengan Model Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 58–69.
Rahayu, P., & Ubabuddin, U. (2023). PENILAIAN UNJUK KERJA DAN PRAKTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 304–313.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100.
Suwarno, S., & Aeni, C. (2021). Pentingnya rubrik penilaian dalam pengukuran kejujuran peserta didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 161–173.
Teluma, M., & Rivaie, H. W. (2019). Penilaian. Pgri Prov Kalbar dan Yudha English Gallery.
THALAAT, M. (2022). Pengaruh CTL dan asesmen autentik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN gugus selatan kec. Lenek tahun ajaran 2021/2022. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(2), 315–325.
Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juwi Chahnia, Remiswal, Khadijah, Lidia Suzianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.