Pengaruh Media Snakes and Leadders dalam Pembelajaran PPkn untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v8i2.6952Abstract
Riset ini tujuannya untuk mengetahui pengaruh media ular dan kijang terhadap minat belajar anak dalam mempelajari mata pelajaran PKn. Riset ini dilakukan di SMPN 1 Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat 41361, beralamat di Jl. Sukadana I. Pinayungan, Telukjambe Timur. Riset ini memakai teknik kuantitatif. Untuk melaksanakan penelitian, khususnya memakai desain quasi eksperimen. Populasi riset ini yaitu 460 siswa. Dalam riset ini, empat puluh siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol, sedangkan empat puluh satu siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen. Untuk memperbandingkan tingkat minat belajar kedua kelas penelitian, data riset ini dikumpulkan dengan memakai angket posttest. Berdasarkan hasil penelitian, 59,7 persen pengaruh media ular dan kijang terhadap motivasi belajar siswa berasal dari media ular dan kijang, sedangkan 40,3 persen berasal dari sumber lain. Jadi, jika mencari pendekatan baru untuk menarik perhatian siswa dan menumbuhkan pemahaman mereka dalam pelajaran kewarganegaraan, cobalah memakai Ular Tangga.
Kata Kunci: Media Snakes and Leadders, Pembelajaran PPKn, Minat Belajar
References
Adyatama, E. (2019). LPA: Minat Sekolah Anak Indonesia Turun. Tempo. https://nasional.tempo.co/read/1226797/lpa-minat-sekolah-anak-indonesia-turun
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77.
Anna Rufaidah. (2015). Pengaruh Intelegensi Dan Minat Siswa Terhadap Putusan Pemilihan Jurusan. In Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan: Vol. II (Issue 2).
Asmani, & Jamal, M. (2009). Jurus-jurus Belajar Efektif Untuk SMP dan SMA. Yogyakarta: DIVA Press.
Aulia, N. A. , Amaliyah, N. F. , Faizah, N. , Susanti, O. I. , & Rondli, W. S. (2023). ANALISIS MINAT BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus, 286–294.
Gie. (2004). Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Gajah Mada Pers.
Marti’in, Wicaksono, L., & Purwanti. (2019). Analisis Tentang Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 5 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(7), 425-436.
Marisyah, Firman, & Rusdinal. (2019). Pemikiran Ki Hajar Dewantara Tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1514–1519.
Nurcahyani, F., Basori, M., & Sahari, S. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran PPKn Materi Pancasila Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. N Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 1429–1435.
Nurfaizah, N., Maksum, A., & Wardhani, P. A. (2021). Pengembangan Board Game untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 122–132.
Qomariah, S. S., & Sudiarditha, I. K. R. (2016). KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN, MINAT BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR SISWA: STUDI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 12 JAKARTA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 2302–2663. https://doi.org/10.21009/JPEB
Rohani, M., & Zulfah, Z. (2021). Persepsi siswa terhadap pembelajaran e-learning melalui media google classroom untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Kuok. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44–55.
Saylendra, N. P., Rahmatiani, L., & Tampubolon, A. (2021). Hasil belajar dengan pembelajaran berbasis board game dalam mata pelajaran PPKn untuk mengembangkan skill berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 6(1), 172–175.
Syahfitri, R., Nasution, S., & Rambe, R. N. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata PelajaranPKnKelas 4 SDMuhammadiyah 08 Medan. Jurnal Inspirasi Pendidikan , 1(4), 138–153.
Sembiring, T., Prasiska, G., Ramadhani, K. N., Ningsih, P. W., Siahaan, R. Y., Andini, S., Siagian, L., & Rachman, F. (2023). Tantangan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran PPKN Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU), 3(3), 01–06.
Siyoto, & Ali. (2015). Dasar Metodolodi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syifa, H. F., & Rizal, B. T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga terhadapMinat Belajar PJOK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1644–1652.
Ulfah, A. , R. , Prasetyo, D. , & Marzuki. (2018). Pengaruh model PBM dalam pembelajaran PPKn terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap demokratis. 6(2), 126–139.
Usman, & Moh. Uzer. (2001). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Roesda Karya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Supriatna, Nadya Putri Saylendra, Aris Riswandi Sanusi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.