Tinjauan Peran Pendidikan Politik Dalam Kehidupan Demokrasi Generasi Z

Authors

  • Siti Kholiza Aulia Universitas Labuan Batu
  • Siti Zahara Saragih Universitas Labuan Batu
  • Panggih Nur Adi Universitas Labuan Batu
  • Zindan Baynal Hubi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i2.7146

Abstract

Gen-Z merupakan agent of change atau garda perubahan politik bangsa Indonesia agar menuju kehidupan demokrasi yang relevan. Pendidikan politik merupakan langkah fundamental untuk mengubah cara pandang Gen-Z agar tidak terkontaminasi sifat apatis dan berpikir kritis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka atau literature review dengan mengumpulkan berbagai literatur yang relevan dengan topik. Tahapan penelitian meliputi kegiatan membaca, menganalisis, mengevaluasi, dan mensintesis berbagai literatur relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas Gen-Z menganggap bahwa politik merupakan sesuatu yang bersifat kotor, kejam, dan koruptor, Sensivitas Gen-Z terkait politik muncul karena hegemoni eksternal diri yaitu media sosial. Pendidikan politik dikalangan Generasi Z menjadi suatu kewajiban agar mereka yang merupakan lumbung bonus demografi Indonesia tahun 2024 menjadi partisipasi politik yang cerdas, aktif, dan mampu berpikir secara kritis, bukan hanya bersifat apatis atau kapitalistik. Langkah pendidikan politik bagi generasi Z salah satunya ialah tauladan yang positif dari pejabat politik yang memegang kebijakan. Hal itu untuk menunjukan budaya kehidupan yang baik sebagai suri tauladan atau contoh baik kepada masyarakat. Langkah selanjutnya ialah pelaksanaan sosialisasi pendidikan politik bagi generasi Z yang dilaksanakan oleh Bawaslu, KPU, maupun instansi lainya. Selain itu, pendidikan politik yang bernuansa menghibur dan menghindari isu agama, SARA digelorakan melalui media sosial.

Kata Kunci: Gen-Z, Demokrasi, Pendidikan Politik

References

Abdi Muhammad, H., Nopyandri, N., & Babas, U. (2020). Sosialisasi Pendidikan Politik Untuk Siswa Sekolah Pinggiran Kota Jambi Dalam Menghadapi Pilkada Serentak Provinsi Jambi Tahun 2020. Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 19–24. https://doi.org/10.51179/pkm.v3i3.77

Akhmad, Z., Thamrin, U., & Santosa, R. (2023). Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Di Smk Negeri 5 Kabupaten Bulukumba. Ejoin : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 202–216. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i4.712

Baynal, Z., Heny, H., Sapriya, M., Abdul, A., & Heru, K. T. (2023). Analisis Peran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Mata Kuliah Pengembang Kepribadian dan Karakter di Perguruan Tinggi. 7(2), 2332–2341. https://doi.org/https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/5705

Culiah, L., & Dermawan, A. A. (2022). Praktik Politik Uang Di Kota Serang Provinsi Banten. Jurnal Res Justitia: Jurnal Ilmu Hukum, 2(2), 343–358. https://doi.org/10.46306/rj.v2i2.46

Dewi, L. Y., Sinaga, H. L. N., Pratiwi, N. A., & Widiyasono, N. (2022). Analisis Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Partisipasi Politik Masyarakat di Pilkada serta Meminimalisir Golput. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 8(1). https://doi.org/10.37058/jipp.v8i1.4082

Fales, S. (2018). Fungsi Partai Politik Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Ditinjau Dari Hukum Positif. Al Imarah : Jurnal Pemerintahan Dan Politik Islam, 3(2), 199. https://doi.org/10.29300/imr.v3i2.2152

Faqih, M. I., Abdurrahma, A., & Zairudin, A. (2022). URGENSI PENDIDIKAN POLITIK DAN PEMILU TERHADAP PEMILIH PEMULA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1809–1815. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8222

Fatma Sjoraida, D., & Ruchiat Nugraha, A. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Politik Melalui Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Generasi Z. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi Ipteks, 1(2), 104–111. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i2.20

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Frans Nadeak. (2024). Analysis Of The Prabowo-Gibran C Analysis Of The Prabowo-Gibran Campaign Model In The 2024 Presidential And Vice Presidential Elections.

Hajad, V., & Ikhsan, I. (2019). Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula di SMAN 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 1(1), 19. https://doi.org/10.35308/baktiku.v1i1.1237

Hardian, V., & Eric Hermawan. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF UNTUK GEN Z. KENDALI: Economics and Social Humanities, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.58738/kendali.v1i1.15

Hubi, Z. B., & Halimi, M. (2018). Tipe dan pola pembentukan sikap wathaniyah (kebangsaan) yang dilakukan di lingkungan pesantren al- hikamussalafiyah cipulus purwakarta 1. J I P I S, 2(1), 38–47.

Hubi, Z. B., Fahmi, R., Adhari, N. R., & Nadya, A. (2021). Peran Pesantren sebagai Implementasi Community Civics di Pesantren Nahdlatul Ulama. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 56–67. https://doi.org/10.24036/8851412512021525

Hubi, Z. B., Pangestu, I. A., Adhari, N. R., & Supriyadi, E. (2022). The Role of the Regional General Election Commission in Improving Political Participation of Bandung Society. Soshum: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 12(1), 24–33. https://doi.org/10.31940/soshum.v12i1.24-33

Hubi, Z. B., Suryadi, K., & Luthfiani, R. S. (2024). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui program bandung masagi di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.21831/jpka.v1i1.69535

Iswardhana, M. R., Arisanto, P. T., Chusnul Chotimah, H., Wibawa, A., Risky, L., & Setyo Pratiwi, T. (2023). Sosialisasi Pendidikan Politik Menyongsong Pemilu 2024 Terhadap Generasi Z Di Sman 4 Yogyakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.56127/jammu.v2i1.574

Juanda, O., & Juanda, J. (2023). Peran dan Fungsi Partai Politik Dalam Mewujudkan Pemilu Yang Berkualitas dan Bermartabat Tahun 2024. Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(2), 140–147. https://doi.org/10.38035/jim.v2i2.249

Majid, A., & Sugitanata, A. (2021). Sistem Pemilu Sebagai Wujud Demokrasi Di Indonesia: Antara Orde Lama, Orde Baru Dan Reformasi. Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.24239/qaumiyyah.v2i1.18

Malik, I., Khaerah, N., Prianto, A. L., & Hamrun, H. (2020). Edukasi politik virtual era demokrasi digital pada sekolah menengah kejuruan. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 39–47. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.14

Maydani, R., Husna, M. F., Winarti, S. L., Harahap, N., & Ardiansyah, A. (2024). Politik Dinasti di Negara Demokrasi. Jurnal Syntax Admiration, 5(3), 950–955. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i3.1075

Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113

Nofianto, E., Fitriyah, F., & Supratiwi, S. (2023). Media Sosial sebagai Sarana Pendidikan Politik oleh Pejabat Publik (Studi pada Akun Media Sosial Nur Hidayat Sardini). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 855. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3060

Pasaribu, P. (2017). Peranan Partai Politik dalam Melaksanakan Pendidikan Politik. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 5(1), 51. https://doi.org/10.31289/jppuma.v5i1.1125

Pratama, I. N., Hadi, A., & Umami, R. (2024). Penguatan Partisipasi Politik Inklusif Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Keterlibatan Generasi Z Pada Pemilu 2024 Di Desa Bagik Polak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2986–2993. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.627

Putra, T. R., Wahyuni, R. T., Meilani, N., Anjani, M., & Sari, D. K. (2024). Paritisipasi Politik Gen Z: Eksplorasi Peran Media Sosial dalam Pembentukan Kesadaran Politik Remaja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.61476/bpkxy103

Putri, S. E. (2022). Pejabat Negara Sebagai Bentuk Kedaulatan Rakyat Dalam Penjelmaan Pancasila. https://doi.org/10.31219/osf.io/yckhw

Putri, S., & Prihardini Wibawa, D. (2023). Peran Media Sosial dalam Keterlibatan Politik Generasi Z. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2014–2027. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.461

Rifki Ichwanusafa, M. P. A. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Generasi Z di UPN Veteran Jakarta. MADANI.

Sa’ban, L. M. A., Nastia, N., & Wijaya, A. A. M. (2022). Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Mengahadapi Pilkada Kota Baubau Tahun 2024. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.51214/japamul.v2i1.207

Setiawan, H. D., & Djafar, TB. M. (2023). Partisipasi Politik Pemilih Muda Dalam Pelaksanaan Demokrasi di Pemilu 2024. Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(2), 201. https://doi.org/10.47313/pjsh.v8i2.2877

Sion Hutajulu. (2024). Digitalisasi Budaya Politik Melalui Peran Generasi Milenial dan Gen Z Di Indonesia. 1(2).

Siregar, A. N. (2023). Pendidikan Politik Sebagai Wujud Peningkatan Partisipasi dan Kesadaran Kaum Milenial dalam Pemilu Serentak 2024. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 103–108. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3180

Sosiawan, E. A., & Wibowo, R. (2020). Kontestasi Berita Hoax Pemilu Presiden Tahun 2019 di Media Daring dan Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 133. https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3695

Timori Kansaki, Ngajudin Nugroho, Fauzi Akbar Maulana Hutabarat, Elserra Siemin Ciamas, & Arwin. (2021). Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Gen-Z (Studi Kasus pada Mahasiswa Politeknik Cendana Medan). ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(2), 46–50. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v2i2.284

Tiyas Nur Haryani. (2024). Penguatan Literasi Politik bagi Generasi Z (Kajian Sebelum Masa Pemilihan Umum 2024). JKSP, 1(1).

Tri Nuryani, F., Nurkesuma Nurkesuma, & Baruna Hadibrata. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.977

Zulkarnaen, F., Adara, A. S., Rahmawati, A., Wartadiayu, L., & Pamungkas, M. D. (2020). Partisipasi Politik Pemilih Milenial pada Pemilu di Indonesia. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(2), 55–63. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i2.4554

Downloads

Published

2024-11-01