Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Essensialisme Dalam Perspektif Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v8i2.7172Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis filsafat pendidikan perenialisme dan filsafat pendidikan essensialisme dalam perspektif Pendidikan Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan literature review yaitu suatu metode dengan mengumpulkan, membaca, dan menganalisis literatur yang relevan. Hail penelitian ini menunjukan bahwa filsafat pendidikan perenialisme merupakan landasan berpikir pendidikan yang berpatronase kapada nilai-nilai budaya masa lampau yang terbukti dapat menumbuhkan karakter baik bagi peserta didik. Filsafat pendidikan essensialisme ialah perpaduan dari ajaran kuno dan pertengahan yang ditambahkan dengan modernitas dan nilai-nilai budaya yang mampu tumbuh dan berkembang ditengah distrupsi zaman. Tujuan pendidikan dalam pandangan filsafat essensialisme ialah mengakomodir potensi peserta didik yang direlevansikan menggunakan budaya dan tersubstansikan dalam nilai-nilai spiritualitas. Komparasi filsafat pendidikan perenialisme dengan Pendidikan Pancasila termaktub dalam kesamaan pendidikan karakter, penanaman budaya, serta kemampuan berpikir rasionalitas, sedangkan komprasi filsafat pendidikan essensialisme dengan Pendidikan Pancasila termaktub dalam kesamaan nilai spiritualitas, kemampuan peserta didik dalam pengetahuan, kreativitas, budaya, dan kepribadian.
Kata Kunci: Filsafat, Perenialisme, Essensialisme, Pendidikan Pancasila
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdiyah, L. (2021). Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Multikultural. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 24–31. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i2.1827
Afrita, F., & Yusri, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.101
Agus Samsulbassar, Andewi Suhartini, & Nurwadjah Ahmad EQ. (2020). Implikasi Konsep Fitrah dalam Islam dan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.229
Almi Novita. (2021). Konsep Pendidikan Esensialisme dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam.
Amin Putri, R. K., & M Yunus Abu Bakar. (2023). Konsep Essensialisme Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 112–124. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.752
Azmi, F., Handoko, H., Ningsih, A. D., Hanum, R., Tarmizi, A., & Hamdan, H. (2023). Manajemen Transdisipliner Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 15 Islam Terpadu Kota Binjai. Journal on Education, 5(3), 8412–8440. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1627
Bowyer, B., & Kahne, J. (2020). The digital dimensions of civic education: Assessing the effects of learning opportunities. Journal of Applied Developmental Psychology, 69, 101162. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101162
Hémar-Nicolas, V., Putri Hapsari, H., Angka, S., & Olsen, A. (2021). How cartoon characters and claims influence children’s attitude towards a snack vegetable – An explorative cross-cultural comparison between Indonesia and Denmark. Food Quality and Preference, 87, 104031. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2020.104031
Hutabarat, D. T. H., Sutta, R. R. A., Wardana, W. H., Fadila, Z. N., Sapahira, P., & Tanjung, R. (2022). Memahami Filsafat Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Ideologi &Amp; Dasar Negara. Journal Of Humanities, Social Sciences And Business (JHSSB), 1(2), 19–26. https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i2.72
Izza Amirul Fadhilah. (2021). Manusia Sebagai Makhluk yang Perlu dan Dapat Dididik. CENDEKIA, 15.
Jenilan, J. (2018). Filsafat Pendidikan. El-Afkar : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(1), 69. https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i1.1588
Kartini, K., Harun, H., & Aderus, A. (2024). Kajian Kritis Tentang Pemikiran Emanasi dan Hubungannya dengan Sains Modern. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4239–4246. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1516
Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970
Khodijah, S., Maragustam, M., Sutrisno, S., & Sukiman, S. (2023). Teori Pendidikan Islam Menurut M. Quraish Shihab dalam Mengatasi Masalah Dekadensi Moral pada Anak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(3), 1593. https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2117
Kusumaningrum, S. D. (2021). Kajian Pustaka Dalam Penentuan Tipe Dan Permasalahan Kulit Wajah. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 1(1). https://doi.org/10.20885/snati.v1i1.3
Leonardo. (2024). Studi Filsafat Pendidikan Perenialisme sebagai Upaya Membentuk Karakter Kristiani. Tumou TouJurnal Ilmiah.
Luthfiyah, L., & Lhobir, A. (2023). Ontologi , Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3249–3254. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150
Maharani, R., & Jauhari, N. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kirab Sesaji di Desa Wonosari Gunung Kawi pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum merdeka. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2972
Mahfud. (2019). Mengenal Filsafat Antara Metode Praktik Dan Pemikiran Socrates, Plato Dan Aristoteles. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 5.
Mansur, R. (2019). Filsafat Mengajari Manusia Berpikir Kritis. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 29. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i2.4970
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Muslim, A. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3359
Muslim. (2021). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visionary (Vis).
Novita Sari, D., & Armanto, D. (2022). Matematika Dalam Filsafat Pendidikan. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302
Nurgiansah, H. (2021). Filsafat Pendidikan. https://doi.org/10.31237/osf.io/x4nbd
Nurrochman, T., & Fauziati, E. (2023). Kajian Filsafat Pendidikan Perenialisme : Studi Pemikiran Robert Maynard Hutchins dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 32(1), 53–62. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3342
Nursalim. (2021). Aliran Perenialisme Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam. Cross-Border.
Putri. (2023). Konsep Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. DIRASAH.
Rahma, N., Amrozi, Y., Diana Fahma Salsabila, N., & Miqdad G, M. H. (2023). Telaah Kajian Pustaka Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Simantec, 11(2), 185–190. https://doi.org/10.21107/simantec.v11i2.9725
Rizal Noventue. (2024). Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP),.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
safitri, R. (2021). Konsep Pancasila sebagai sistem filsafat. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcqfz
Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Revitalizing local wisdom within character education through ethnopedagogy apporach: A case study on a preschool in Yogyakarta. Heliyon, 10(10), e31370. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e31370
Selfia Dwi Putri. (2021). Analisis Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Peranannya dalam Pendidikan Sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah .
Sofhian, S. (2020). Penyebab Dan Pencegahan Korupsi: Kasus Indonesia. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(1), 65–76. https://doi.org/10.38075/tp.v14i1.84
Suroso. (2023). Pemikiran Essensialisme Dalam Filsafat Pendidikan. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu.
Taufik, M. (2020). Filsafat Barat Era Skolastik Telaah Kritis Pemikiran Thomas Aquinas. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 19(2), 81. https://doi.org/10.18592/jiiu.v19i2.4444
Thaib. (2015). Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.
Yasyakur, M., Sirojuddin, K., Wartono, W., & Arijulmanan, A. (2021a). PERENIALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 321. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1221
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anita Rahma Munthe, Siti Zahara Saragih, Panggih Nur Adi, Zindan Baynal Hubi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.