Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Essensialisme Dalam Perspektif Pendidikan Pancasila

Authors

  • Anita Rahma Munthe Universitas Labuan Batu
  • Siti Zahara Saragih Universitas Labuan Batu
  • Panggih Nur Adi Universitas Labuan Batu
  • Zindan Baynal Hubi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i2.7172

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis filsafat pendidikan perenialisme dan filsafat pendidikan essensialisme dalam perspektif Pendidikan Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan literature review yaitu suatu metode dengan mengumpulkan, membaca, dan menganalisis literatur yang relevan. Hail penelitian ini menunjukan bahwa filsafat pendidikan perenialisme merupakan landasan berpikir pendidikan yang berpatronase kapada nilai-nilai budaya masa lampau yang terbukti dapat menumbuhkan karakter baik bagi peserta didik. Filsafat pendidikan essensialisme ialah perpaduan dari ajaran kuno dan pertengahan yang ditambahkan dengan modernitas dan nilai-nilai budaya yang mampu tumbuh dan berkembang ditengah distrupsi zaman. Tujuan pendidikan dalam pandangan filsafat essensialisme ialah mengakomodir potensi peserta didik yang direlevansikan menggunakan budaya dan tersubstansikan dalam nilai-nilai spiritualitas. Komparasi filsafat pendidikan perenialisme dengan Pendidikan Pancasila termaktub dalam kesamaan pendidikan karakter, penanaman budaya, serta kemampuan berpikir rasionalitas, sedangkan komprasi filsafat pendidikan essensialisme dengan Pendidikan Pancasila termaktub dalam kesamaan nilai spiritualitas, kemampuan peserta didik dalam pengetahuan, kreativitas, budaya, dan kepribadian.

Kata Kunci: Filsafat, Perenialisme, Essensialisme, Pendidikan Pancasila

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdiyah, L. (2021). Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Multikultural. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 24–31. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i2.1827

Afrita, F., & Yusri, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.101

Agus Samsulbassar, Andewi Suhartini, & Nurwadjah Ahmad EQ. (2020). Implikasi Konsep Fitrah dalam Islam dan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.229

Almi Novita. (2021). Konsep Pendidikan Esensialisme dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam.

Amin Putri, R. K., & M Yunus Abu Bakar. (2023). Konsep Essensialisme Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 112–124. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.752

Azmi, F., Handoko, H., Ningsih, A. D., Hanum, R., Tarmizi, A., & Hamdan, H. (2023). Manajemen Transdisipliner Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 15 Islam Terpadu Kota Binjai. Journal on Education, 5(3), 8412–8440. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1627

Bowyer, B., & Kahne, J. (2020). The digital dimensions of civic education: Assessing the effects of learning opportunities. Journal of Applied Developmental Psychology, 69, 101162. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101162

Hémar-Nicolas, V., Putri Hapsari, H., Angka, S., & Olsen, A. (2021). How cartoon characters and claims influence children’s attitude towards a snack vegetable – An explorative cross-cultural comparison between Indonesia and Denmark. Food Quality and Preference, 87, 104031. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2020.104031

Hutabarat, D. T. H., Sutta, R. R. A., Wardana, W. H., Fadila, Z. N., Sapahira, P., & Tanjung, R. (2022). Memahami Filsafat Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Ideologi &Amp; Dasar Negara. Journal Of Humanities, Social Sciences And Business (JHSSB), 1(2), 19–26. https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i2.72

Izza Amirul Fadhilah. (2021). Manusia Sebagai Makhluk yang Perlu dan Dapat Dididik. CENDEKIA, 15.

Jenilan, J. (2018). Filsafat Pendidikan. El-Afkar : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(1), 69. https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i1.1588

Kartini, K., Harun, H., & Aderus, A. (2024). Kajian Kritis Tentang Pemikiran Emanasi dan Hubungannya dengan Sains Modern. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4239–4246. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1516

Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970

Khodijah, S., Maragustam, M., Sutrisno, S., & Sukiman, S. (2023). Teori Pendidikan Islam Menurut M. Quraish Shihab dalam Mengatasi Masalah Dekadensi Moral pada Anak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(3), 1593. https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2117

Kusumaningrum, S. D. (2021). Kajian Pustaka Dalam Penentuan Tipe Dan Permasalahan Kulit Wajah. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 1(1). https://doi.org/10.20885/snati.v1i1.3

Leonardo. (2024). Studi Filsafat Pendidikan Perenialisme sebagai Upaya Membentuk Karakter Kristiani. Tumou TouJurnal Ilmiah.

Luthfiyah, L., & Lhobir, A. (2023). Ontologi , Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3249–3254. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150

Maharani, R., & Jauhari, N. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kirab Sesaji di Desa Wonosari Gunung Kawi pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum merdeka. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2972

Mahfud. (2019). Mengenal Filsafat Antara Metode Praktik Dan Pemikiran Socrates, Plato Dan Aristoteles. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 5.

Mansur, R. (2019). Filsafat Mengajari Manusia Berpikir Kritis. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 29. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i2.4970

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Muslim, A. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3359

Muslim. (2021). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visionary (Vis).

Novita Sari, D., & Armanto, D. (2022). Matematika Dalam Filsafat Pendidikan. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302

Nurgiansah, H. (2021). Filsafat Pendidikan. https://doi.org/10.31237/osf.io/x4nbd

Nurrochman, T., & Fauziati, E. (2023). Kajian Filsafat Pendidikan Perenialisme : Studi Pemikiran Robert Maynard Hutchins dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 32(1), 53–62. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3342

Nursalim. (2021). Aliran Perenialisme Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam. Cross-Border.

Putri. (2023). Konsep Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. DIRASAH.

Rahma, N., Amrozi, Y., Diana Fahma Salsabila, N., & Miqdad G, M. H. (2023). Telaah Kajian Pustaka Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Simantec, 11(2), 185–190. https://doi.org/10.21107/simantec.v11i2.9725

Rizal Noventue. (2024). Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP),.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

safitri, R. (2021). Konsep Pancasila sebagai sistem filsafat. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcqfz

Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Revitalizing local wisdom within character education through ethnopedagogy apporach: A case study on a preschool in Yogyakarta. Heliyon, 10(10), e31370. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e31370

Selfia Dwi Putri. (2021). Analisis Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Peranannya dalam Pendidikan Sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah .

Sofhian, S. (2020). Penyebab Dan Pencegahan Korupsi: Kasus Indonesia. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(1), 65–76. https://doi.org/10.38075/tp.v14i1.84

Suroso. (2023). Pemikiran Essensialisme Dalam Filsafat Pendidikan. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu.

Taufik, M. (2020). Filsafat Barat Era Skolastik Telaah Kritis Pemikiran Thomas Aquinas. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 19(2), 81. https://doi.org/10.18592/jiiu.v19i2.4444

Thaib. (2015). Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.

Yasyakur, M., Sirojuddin, K., Wartono, W., & Arijulmanan, A. (2021a). PERENIALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 321. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1221

Downloads

Published

2024-11-13