Pemahaman dan Penerapan Nilai-Nilai Pancasila oleh Siswa SMA dalam Kehidupan Sehari-hari
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v9i1.7729Abstract
Pancasila sebagai dasar negara memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila oleh siswa SMA dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang dibagikan kepada siswa di beberapa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang baik terhadap nilai-nilai Pancasila, terutama dalam aspek menghormati dan toleransi. Namun, terdapat kesenjangan antara pemahaman dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal kedisiplinan dan tanggung jawab sosial. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut dari pihak sekolah dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila secara lebih aplikatif melalui pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.
Kata Kunci: Pancasila, Pemahaman, Penerapan, Siswa SMA
References
Akhyar, Syahid Musthofa; Dewi, Dinie Anggraenie. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 6 No 1, 1541-1546 https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772/pdf
Arifin, M. (2022). Analisis Pemahaman Siswa terhadap Nilai-Nilai Pancasila pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Ketungau Tengah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 45-57. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/download/707/599
Faradila, Ayu Hanita; Holilulloh, Holilulloh; Adh, M. Mona. (2014). Pengaruh Pemahaman Ideologi Pancasila terhadap Sikap Moral dalam Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila, Jurnal Kultur Demokrasi, https://www.neliti.com/publications/247969/pengaruh-pemahaman-ideologi-pancasila-terhadap-sikap-moral-dalam-mengamalkan-nil
Handayani, R. (2021). Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Siswa SMA Taman Madya Jetis Yogyakarta melalui Sosialisasi dan Diskusi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 5(1), 88-99. https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/article/view/1572
Jamaludin; Wahyudi, Arief; Lumban Batu Batu, Dewi Pika; Sihaloho, Oksari A. (2023). Praktik Baik Demokrasi Berkarakter Melalui Projek Profil Pelajar Pancasila Di Sma Gadjah Mada Kota Medan, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 7 No. 2, 166-177 https://journal.upgripnk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/7639/2863
Wahyudi, S. (2020). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dengan Karakter Disiplin Siswa di MAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(3), 112-124. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/11152
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nancy Manuela, Jenda Rizkinta Tarigan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.