MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN DENGAN MODEL SQ3R
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v4i1.879Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Proses pembelajaran PPKn kelas VII E MTs N 7 Sleman dengan menggunakan model SQ3R. 2) Upaya meningkatkan prestasi belajar PPKn dengan model SQ3R siswa kelas VII E MTs N 7 Sleman tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan di MTs N 7 Sleman pada tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian siswa kelas VII E MTs N 7 Sleman yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan Siklus Model spiral Kemmis dan Taggart yaitu rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripsi Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Proses pembelajaran PPKn kelas VII E MTs N 7 Sleman dengan menggunakan model SQ3R (Survey, Question, Read, Ricite, Review) terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn di kelas VII E MTs N 7 Sleman. 2) Prestasi pembelajaran ditingkatkan melalui penerapan model SQ3R (Survey, Question, Read, Ricite, Review) di kelas VII E MTs N 7 Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata prestasi belajar PPKn siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 63,09 setelah siklus I prestasi belajar PPKn siswa menjadi 73,09 dan setelah siklus II prestasi belajar PPKn siswa meningkat menjadi 81,09.
Kata kunci: Meningkatkan, Prestasi Belajar, PPKn, SQ3R.
Â
Abstract
This study aims to find out, 1) the learning process of PPKn class VII E MTs N 7 Sleman using the SQ3R model. 2) Efforts to improve PPKn learning achievement with the SQ3R model VII grade E MTs N 7 Sleman 2018/2019 academic year. The study was conducted at MTs N 7 Sleman in the 2018/2019 school year with research subjects of class VII E MTs N 7 Sleman totaling 32 students. This research is classroom action research using the Kemmis and Taggart spiral model cycle, namely plan, action, observation and reflection. The method of data collection uses the techniques of observation, tests, interviews and documentation. Data analysis uses Qualitative and Quantitative descriptions. The results of the study concluded that: 1) The learning process of PPKn class VII E MTs N 7 Sleman by using the SQ3R model (Survey, Question, Read, Ricite, Review) was proven to improve PPKn learning achievement in class VII E MTs N 7 Sleman. 2) Learning achievement is enhanced through the application of the SQ3R model (Survey, Question, Read, Ricite, Review) in class VII E MTs N 7 Sleman. This is indicated by an increase in the average PPKn student achievement before the action is 63.09 after the first cycle of student PPKn learning achievement becomes 73.09 and after the second cycle student PPKn learning achievement increases to 81.09.
Keywords: Improve, Learning Achievement, PPKn, SQ3R.
References
DAFTAR PUSTAKA
Didik Komaidi dan Wahyu Wijayati. 2011 Panduan Lengkap PTK Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Sabda Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakrta: Rineka Cipta.
Ervina Maharani. 2014. Paduan Sukses Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Parasmu
Fitria. 2011. Kelebihan dan kekurangan Metode, (Online), (http://fitria507.blongspot.com/2011/12/kelebihan-dan-kekuranagan- metode.html, diunduh 19 Juni 2019.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mimi Umayah. 2015 Penerapan Metode Pembelajaran (Survey, Question, Rewad, Ricite, Review) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Skripsi UIN Syarif Hidayatullah.
Mintowati. 2003. Penerapan Model Pembelajaran. Ombak. Yogyakarta
Noor Ms Barkry 2010 Pendidikan Kewarganegaraan .Yogyakarta: Pustaka Belajar
Nur Rohman Salis 2014. Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Rewad, Ricite, Review) Untuk meningkatkan ketrampilan membaca pada pembelajaran bahasa arab siswa Kelas VIII A MTsN Karangmojo Gunungkidul Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kali Jaga.
Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.
Nurgiansah, T. H., & Al Muchtar, S. (2018). Development of Student Awareness through Student Learning Model Jurisprudential in Citizenship Education. ATLANTIS PRESS, 251(Acec), 670–674. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.150
Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. 2010 Strategi Belajar Mengajar, Badung: PT Refika Aditama.
Raja Usman. 2015 Penggunaan Metode SQ3R Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahamaman Siswa Kelas XI Sma Negeri 12 Pekanbaru. Pekan Baru: Dosen FKIP Universitas Terbuka pada UPBJJ
S. Sumarsono. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Saifudin Azwar. 2006. Tes pretasi belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slameto. 2010. Belajar& factor-faktor yang mempengaruhnya. Jakarta: Rineka Cipta.
Smaldino, Sharon E.L., Deborah L. Lowther, James D. Ruseel. 2008. Instructional Tecnology & Media For Learning ( Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar). Alih Bahasa oleh : Arif Rahman. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sri Anitah, 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetisi Guru. Surabaya: Usaha Nasioal
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003.(2003). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara (Online),(http/perpustakaan.kemendaq.go.id/gli s/?collection.view.4668) di unduh pada tanggal 25 Desember 2018.
Y.Yunie. 2015. Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Psikoanalisis melalui Metode Aversion Therapy & Home Work. Bandung: Alfabeta.
Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.