PERILAKU SISWA DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DIMASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dian Metta Sari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Primaningrum DM Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v1i01.5482

Keywords:

Kejenuhan Belajar, Siswa, Pandemi Covid-19

Abstract

Kebijakan pembelajaran selama pandemic COVID-19 dilakukan dengan metode daring menjadi solusi utama agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala dan kekurangan. Selama adanya pandemic muncul masalah yang hampir dialami oleh setiap siswa yaitu kejenuhan belajar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bentuk perilaku siswa dalam mengatasi kejenuhan belajar dimasa pandemic COVID 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian Fenomenologi. Subyek yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak tiga orang, yang merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Undaan. Subyek yang dipilih berdasarkan kriteria sebagai berikut : siswa tetap semangat mengikuti pembelajaran dimasa pandemic meskipun mengalami kejenuhan belajar, hasil belajar siswa yang tetap stabil. Penggalian data digunakan dengan teknik wawancara semi-terstruktur. Peneliti menemukan bahwa perilaku siswa dalam mengatasi kejenuhan belajar sebagai berikut : (1) Mengikuti les privat, (2) Melakukan aktifitas hiburan, (3) Menciptakan suasana belajar yang nyaman, (4) Memberikan motivasi.

Kata kunci: Kejenuhan Belajar, Siswa, Pandemi Covid-19.

Downloads

Published

2024-03-11

How to Cite

Dian Metta Sari, Siti Fitriana, & Primaningrum DM. (2024). PERILAKU SISWA DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DIMASA PANDEMI COVID-19. Educational of Indonesian Journal , 1(01), 28–34. https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v1i01.5482

Citation Check