PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI MELALUI TEKNIK TALKING CHIPS

Authors

  • Riskha Miftakhul Janah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v1i01.5478

Keywords:

teknik talking chips, bimbingan kelompok, kecerdasan emosi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas teknik talking chips melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas XI MIPA di SMA PGRI 1 Pati. Jenis penelitian ini kuantitatif dalam bentuk true experimental design dengan desain pre-test dan post-test control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA di SMA PGRI 1 Pati tahun ajaran 2021/2022. Sample diambil menggunakan simple random sampling yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berupa skala psikologi kecerdasan emosi.Ditunjukkan dengan hasil perhitungan analisis data post-test skor rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari 79,6 menjadi 86 setelah dilaksanakannya treatment. Tingkat kecerdasan emosi siswa yang tidak diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik talking chips hanya terjadi peningkatan yang minim, yaitu dari 8,2 menjadi 82,5. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil t hitung sebesar 7,852832. Pada taraf signifikansi 5% berarti thitung 7,852832 > ttabel  2,101. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “ada efektivitas able talking chips melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas XI MIPA SMA PGRI I Pati tahun ajaran 2021/2022.

Kata kunci: teknik talking chips, bimbingan kelompok, kecerdasan emosi

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Riskha Miftakhul Janah. (2024). PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI MELALUI TEKNIK TALKING CHIPS. Educational of Indonesian Journal , 1(01), 01–08. https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v1i01.5478

Citation Check