PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI MELALUI TEKNIK TALKING CHIPS
DOI:
https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v1i01.5478Keywords:
teknik talking chips, bimbingan kelompok, kecerdasan emosiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas teknik talking chips melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas XI MIPA di SMA PGRI 1 Pati. Jenis penelitian ini kuantitatif dalam bentuk true experimental design dengan desain pre-test dan post-test control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA di SMA PGRI 1 Pati tahun ajaran 2021/2022. Sample diambil menggunakan simple random sampling yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berupa skala psikologi kecerdasan emosi.Ditunjukkan dengan hasil perhitungan analisis data post-test skor rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari 79,6 menjadi 86 setelah dilaksanakannya treatment. Tingkat kecerdasan emosi siswa yang tidak diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik talking chips hanya terjadi peningkatan yang minim, yaitu dari 8,2 menjadi 82,5. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil t hitung sebesar 7,852832. Pada taraf signifikansi 5% berarti thitung 7,852832 > ttabel 2,101. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “ada efektivitas able talking chips melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas XI MIPA SMA PGRI I Pati tahun ajaran 2021/2022.
Kata kunci: teknik talking chips, bimbingan kelompok, kecerdasan emosi